Jelajah Merapi Sisa Erupsi

Warna hijau dikejauhan berubah abu-abu. Tanaman dan perkebunan yang tadinya mendominasi lereng gunung berubah menjadi pasir, batu dan debu. Tanah subur berubah tandus. Desa yang teduh kini tak ada lagi. Yang ada hanya tanah lapang yang luas, gersang  terjerang sinar matahari. Bahkan Jurang-jurang perkasa yang dalam seperti liukan tubuh ular bila dilihat dari kejauhan turut hilang terisi material vulkanik sisa letusan gunung Merapi.

—————————————–

Setelah merapi meletus movember 2010 lalu. Desa-desa di lereng merapi seperti di kecamatan Cangkringan Yogyakarta tak lagi sama. Tanah pertanian warga yang tadinya subur berubah menjadi gersang. Rumah-rumah warga yang sederhana, rata musnah tertutup sisa semburan material vulkanik.

Meski menyengsarakan, bencana yang melanda warga kini berubah menjadi berkah. Warga yang selamat dan tak lagi memiliki lahan bertani dan beternak kini menjadi pedagang dan pemandu wisata.

Sejak beberapa tahun terakhir desa kinahejo, Cangrkringan Sleman, Yogyakarta memang menjadi saalah satu destinasi wisata yang banyak digemari.

Paket wisata dibagi menjadi 2 rute. Yakni, rute panjang dan rute pendek. Kendaraannya pun dibagi 2, yakni motor trail atau ATV. jenis kendaraan ini disewakan warga sekitar bagi para wisatawan agar bisa menjelajahi lokasi-lokasi yang tersulit dijangkau sekaligus.

Sewa kendaraan wisata merapi ini cukup murah. Untuk rute pendek estimasi waktu 15 menit biayanya sewa motor trail sekitar Rp 25.000 sedangkan atv kecil Rp 35.000. untuk rute panjang sewa motor Rp 35.000 untuk ATV-nya Rp. 50.000

Artikel ini juga tayang di ‘Pelesir’ MNCTV 12 Februari 2012 pukul 11:00 wib.

Laporan          : Annisa Indrayanti

Foto                : Hani-Hadi-Jajang

Penulis           : Jajang Dirajanagara

 

Merapi Volcano Tour

Desa Kinahrejo, Cangkringan

Sleman Yogyakarta

Cp Eko: 0852 27366 130

Penulis: Jajang Dirajanagara (Produser News MNC TV) – untuk lebih bertanya lebih lanjut tentang artikel ini kepada Mas Jajang, silahkan drop comment dibawah ini, nanti akan disambungkan ke Mas Jajang pesannya.

Makasih ya Mas Jajang … blog mas jajang : http://rocknrapids.multiply.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: