CARA MEMBUAT BAWANG GORENG RENYAH MANIS ALA WISATASERU

Bawang merah goreng merupakan taburan untuk menambahkan citarasa ke beberapa masakan. Namun di keluarga saya, bawang merah goreng ini tak hanya berfungsi sebagai penyedap semata, melainkan juga sebagai camilan dan bahkan untuk lauk ketika sedang malas masak.

Kok bisa??? Bawang goreng jadi camilan??? Apa enak???

Mungkin begitu pikiran anda ya … tapiii percayalah, karena bawang goreng buatan mama saya, luar biasa renyah, manis dan anda bakalan ngga bisa berhenti makan hehehee. Beda jauh sama yang dijual di toko toko yang kalau ngga rasa tepung ya ngga manis atau bahkan ada yang berminyak banget. Ngga percaya??? Hmmm teman teman yang pernah makan bawang goreng buatan mama saya juga pada ketagihan looohhh ..

Kata mereka, “Nyuunnnn … ini mah dimakan pake nasi doang udah enak”, “Waaahhh guriiihhh … digado enak”, “Nyuunn mamamu suruh jualan ajah”, dan komentar komentar lainnya.

Berhubung saya tinggal jauh dari mama, maka seringnya mama kirim bawang goreng ini by paket. Sekali kirim, mama membuat 2 kg bawang merah untuk saya. Biasanya tak sampai sebulan, saya sudah minta ngirimin lagi hiihhiii. Pernah saya coba ingin tahu bawang merah ini tahan berapa lama, jadi saya sisihin sedikit, lalu masukin kulkas dan baru saya makan 2 bulan kemudian, iiihhh ternyata masih enyaaak. Sama seperti ketika baru pertama kali datang, manis dan renyah.

Nah karena lama lama gak tega juga ya minta ngirimin bawang mulu, saya pun minta resepnya ke mama – hiks tapi ternyata beda tangan beda rasa. Bawang gorengku tak pernah seenak buatan mama. Tapi tak apalah, resepnya tetap saya share, siapa tahu tangan anda dan mama saya sama enaknya. Heheheee

RESEP BAWANG GORENG RENYAH DAN MANIS

  • 2 kg bawang merah diiris sama tipis. Kemudian direndam dengan air dan ½ sdm makan garam sebentar lalu buang airnya dan siram dengan air mengucur. Tiriskan. Biarkan sampai agak lembab / tidak basah kuyub lagi. Beri sedikit tepung terigu (1 sdm saja). Ulen dan goreng sedikit sedikit di minyak yang melimpah dan panas, digorengnya sambil diaduk aduk ya.
  • Kemudian ketika sudah terasa matang, tiriskan dan angin anginkan. Ketika sudah tidak panas, masukkan dalam kemasan / toples. Jika anda membuat banyak, masukkan sebagian ke dalam kulkas, maka bawang goreng bisa tahan lama.

Sudah, begitu doang resepnya. Terlihat mudah, tapiiii woooww … suseeehhh booooww… karena disini diperlukan keahlian dalam mengatur perapiannya. Kalau ga ahli yang ada gosong atau belum matang. Nyerah saya … akhirnya mentok mentok minta ngirimin mama lagi wakakkaa…
Resep : Mama Cecilia Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: