Ote Ote Porong – Kelezatannya Mengalahkan Aroma Menyengat Lumpur Lapindo

Kebangetan kalau sampe ngga tau ‘Porong’ … hohohoo soalnya nama daerah ini sering banget disebut di media baik elektronik maupun cetak. Tentang apa coba??? Yup … Lumpur Lapindo Porong Sidoarjo.

ciri khas ote ote porong : tebal dan isinya

————————————-Lapindo vs Ote ote

Tapi kali ini artikel saya ngga ada hubungannya sama lumpur lapindo loh ya heheee… karena kalau lumpur lapindo tuh baunya minta ampun bikin sakit nih kepala … nah yang satu ini, aromanya bikin orang bawaanya lapeeerrr aja … bahkan saking aduhai nih aroma, sampai kalau berada disekitar toko yang satu ini, bau lumpur serasa ga peduli lagi hehehee … ote ote porong namanya.

Kenapa saya sebut soal aroma lapindo??? Emangnya deket??? Waaahhh kalau anda bertanya itu … saya sungguh mengucap syukur karena nih toko selamat dari luberan lumpur tersebut. Toko ote ote ini, persis ada di seberang jalan tanggul lapindo. Jadi kalau tanggul ambrol, yaaaaa toko ini tentu ketar ketir.

———————– Tentang Ote ote

Sedari saya masih lucu lucunya di Tuban masih duduk di bangku sekolah dasar (sekarang anak sudah 3 cuiii) … papa mama tiap ke Sidoarjo, pasti bawa ote ote porong. Yaaa jauh sebelum melubernya lumpur lapindo yang mengenaskan, Sidoarjo sudah terkenal akan makanan Ote Ote nya. “Serasa belum ke Sidoarjo kalau belum beli Ote Ote” begitulah kira kira kata banyak orang.

Bahkan .. tau gak sih??? Papa mama saya ke Sidoarjo itu bukan karena ada urusan di Sidoarjo loh .. melainkan ke Sidoarjo cuma khusus untuk beli Ote Ote doang … hmmm … ya ya ya … Surabaya Sidoarjo memang cuma tetanggaan. Jadi kalau ke Surabaya, papa mama dulu pasti nyempetin ke Sidoarjo untuk beli ote ote ini. Kalau sekarang??? Hehehe ngga usah jauh jauh ke Sidoarjo, karena cabangnya di Surabaya juga ada.

Bentuk kemasan ote ote yang asli

———————– Apa sih ote ote porong itu??

Kalau biasanya kita mendengar kata ote ote, bayangkan kita adalah gorengan yang isinya kol dan wortel. Nah ote ote porong ini beda dan sangat beda. Mulai dari isi sampe bentuk, beda banget sama ote ote kol wortel tersebut.

Ote ote porong ini isinya macem macem .. ada yang untuk vegetarian (isinya tentu cuma sayuran), ada yang ayam / babi cincang yang dikolaborasikan dengan tiram dan rumput laut. Ote ote ini kemudian di cetak lalu di goreng dalam minyak panas. Sehingga ketika matang, bentuknya bundar seperti bulan.

Karena ukurannya besar, biasanya makannya di potong potong terus dikunyah bersama dengan cabe rawit. Kalau anak anak saya, sukanya dimakan pake nasi. Untuk urusan rasa .. wowwwww gurih dan garing (bukan crispy loh) .. gurih disini dalam artinya ngga berminyak. Kalau sudah berminyak, yaaa pasti itu udah dipanasin ulang.

———————– Rasa yang abadi

Heran, meski terkenal dan hmmm cuma sekedar ote ote gitu looohhh .. tapi kok ngga ada yang berhasil menjiplak rasa dari ote ote porong ini ya??? Dari sekian toko yang membuat, yaaaa cuma 1 yang asli yang pertama ini doang yang enak.

Alamat : Jl. Raya Porong No. 120 (depan Pasar) , Sidoarjo – Jatim .. di surabaya ada di Jl. Mayjen Sungkono depan makam pahlawan

Penulis : Martina Lawalata Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: