Segarnya Pisang Ijo di Tengah Guyuran Sinar Panas Surabaya

Segereee pol polan

Bila menuju ke ITS dari arah Galaxy Mall Surabaya, persis di kiri jalan sebelum bunderan, ketemu sebuah warung yang rame bangets, … nah warung itu tak lain tak bukan pasti Warung Es. Jualannya cuma, ES PALU BUTUNG dan ES PISANG IJO, tapiiii penggemarnya bejibun ampe ngantri ngantri.

————— Panas Panas Nge-es duyu donk

Siang hari di Surabaya??? Weleh ga trima panas lagi … campur lengket nih body. Kalau sudah begitu, lidah ini pengennya di guyur yang cegar cegar deh. Alhasil, sering banget kalau siang lagi nganggur, suami langsung ngajakin bersantai di warung ini. Yoiii .. meski kaki lima, bersih loh warungnya. Penjualnya juga bersihan … jadi deh kita pelangga setia di saat kemarau begini.

Palu Butung dan Pisang Ijo ini sendiri aslinya seger segeran khas Makassar. Tapi karena kelezatannya, di Surabaya dan Jakarta sudah bertebaran dimana mana penjualnya. Nah salah satu yang ku suka ya disini.

———— Es apa sih Pallu Butung dan Pisang Ijo itu???

Sebenere sih hampir sama. Bahan utamanya sama sama pisang yang lalu nantinya disiram kuah dan sirop. Tapi perbedaan ada di personel isian yang akhirnya juga sedikit merubah rasa esnya. Kalau pallubutung hanyalah pisang rebus yang dipotong potong kemudian dikasih bubur sumsum dan diberi es juga sirop (khasnya sirop berwarna merah).

Nah kalau Pisang Ijo, dia dibungkus dulu dengan adonan tepung berwarna hijau yang kemudian dikukus. Untuk Penampilan Pisang Ijo sendiri sebetulnya ngga dikasih bubur sumsum / blowok bahasa tubannya xixixiii … tapi diwarung ini Pisang Ijo dikolaborasikan dengan bubur sumsum dan mutiara pink. Lalu diguyur degan sirup kental berwarna merah.. hiks maksudnya santan yang telah direbus bersama dengan tepung sampai agak mengental lalu dikasih sirup.

Mas Nya seneng banget di potret potret xixixiiii

————- Mas nya Narsis bowww … xixixixiiii

Biasa .. kalau makan, kita kan suka foto foto untuk dibagi pengalaman dan infonya kepada pembaca wisataseru. Nah pas lagi jepret jepret, si mas nya cengar cengir dan bilang, “mau di aplod ya mbak?”. (Ngerti aja masnya bahasa upload khekhekhe). “Berarti nanti kalo buka webnya wisata seru ada foto saya ya…” lagi-lagi senyum-senyum, sambil sibuk bikin pesanan es pisang ijo bungkus. Hahhahaa kocak abis …

Anak dan suamiku doyaaaan banget pisang ijo ini

Lokasi persis kalau mau nyaris es ini : Warung Pisang Ijo ini terletak di pinggiran jalan Kertajaya Indah Timur blok P.

Jam Buka : Kalau kesini siang hari sih, bisa dipastikan penuh, pembelinya meluber sampe banyak juga yang makan di mobil hehehee …

Yang Unik dari pisang ijo : Pisangnya dibiarkan geluntungan gitu … jadi kita motong motong sendiri sesuka hati

Gimana??? Tertarik untuk mencoba warung yang uda buka dari tahun 2005 ini??? Yukkk mareeee …. oya massss .. kalau es pisang ijonya ditambah nangka dikit, kayaknya lebih sip deh … lebih cucok gitu dengan lidah Suroboyoan ku :p

rame terus nie warungna

Penulis : Martina Lawalata Ang – Surabaya




1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: