Glorious – Bika Ambon Oriental dari Surabaya

Bika AMbon dengan wadah bernuansa oriental

Namanya Bika ‘Ambon’. Tapi ‘ia’ lebih ngetrend di Medan Sumatra Utara sono. Hmmmm dan saya membelinya di Surabaya. Waduuhhh piye toh iki .. ribet men to yooo 🙂

Yaaaa .. tapi begitulah ceritanya. Bika Ambon memang merupakan salah satu makanan yang menjadi oleh oleh khas jika ada orang bertandang ke Medan. Namun, bagaimana ceritanya sampai kemudian nama ‘Ambon’ melekat pada bika yang kenyal kenyul ini, daku tak mengerti. Bahkan orang Medan sendiri ketika ku tanya, juga kaga tau tuh bagaimana sejarahnya.

Untuk kota Surabaya pada kalimat pembuka artikel ini sendiri, yoiiii …. saya kemarin baru membeli dan menikmati bika buatan Surabaya yang tetep namanya ‘Bika Ambon’. Bagaimana rasanya??? Cekidooot…

Bika AMbonnya Glorious

Di judul, saya kasih tambahan ‘oriental’. Hohohooo abisnya bungkusnya itu loh … oriental banget. Ada tulisan pin yin nya. Terus warnanya juga ngepink kombinasi dengan merah dan emas. wis oriental banget lah. Udah gitu denger denger, kalau Imlekan tiba, nih kue bika bisa nangsang sampai di Hong Kong loh. Lengkap sudahlah penjelasan tentang oriental ini hehehee .. karena penikmatnya sampai ke Negerinya Andy Lau sana.

Setelah membahas soal sejarah bika ambon yang tak terdeteksi olehku, dan membahas persoalan oriental pada judul. Sekarang waktunya membahas soal rasa.

Weewww … bika ambon ini bener bener amboooo. Mertua yang ku bungkusin 1 dus, sampe kurang loh. HOohohooo sampe niat banget, “Ntar minta paketin ya yang rasa jeruk nipis”. Tak hanya mertua, ipar yang kebagian rasa keju juga ngga mau kalah, “Aku juga mau loh di paketin yang keju lagi”.

Bika Ambon yang pabriknya hanyalah sebuah rumah tangga biasa di kawasan Pucang Anom Surabaya ini memang patut dikasi 4 jempol. Rasanya itu pas banget. Ngga kemanisan dan kenyal kenyulnya ngangenin banget. Terus empuknya itu, sampai pada hari ke 4 masih berasa fresh seperti pada hari pertama beli. Pantes kalau sampe dikirim ke Hong Kong, karena bika yang satu ini memang tahan lama.

Oya .. sedikit bocoran :p begitu makan, saya langsung habis 1/2 dus sendiri loh wakkakakkaa … bermula dari lapar, terus la kok enak .. akhirnya ke bablas. Kalau ga inget misua belum nyobain, kayaknya langsung kulahap habis tuh. Bener enak banget sih. Ck ck ck .. Surabaya memang gudang makanan enak yey.

Untuk se dus bika ambon ini harganya 80ribu rupiah. Dan sebaiknya kalau mau beli, pesen dulu. Soalnya saking laris manisnya, nih bika sering dah ludes gitu aja.

Alamat Glorious Bika Ambon : Jl. Pucang Anom Timur III/ 23. Surabaya Jawa Timur. Telp : 031 – 501 6677 – 0812 3128 6677

Daku sedang menikmati bika ambon euy

Penulis : Catur Guna Yuyun ANgk




3 comments

  • wkwkwwk berkat artikelmu, koncoku langsung beli Yun… wenak katane…

    tadi pas googling bika ambon surabaya, yang muncul semuanya bika “T…” dan “B…” yg akeh iklane… Glorius gak onok blass… hahahaha kamu berjasa tenan buat Glorius (ato dia yg hoki ya wkwkwkwk… diam-diam ada yg ngliput…)bikin dia muncul juga di halaman pertama google….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: