First Trip Baby Zara ke Bandung (Persiapan Liburan bersama Bayi)

zara-car-seat

Begitu sampai Bandung, Zara langsung betah benget … ngga rewel, pinter

Waaahhh senang sekali karena perjalanan pertama bayi wisataseru, sukses besar!!! Baby Zara sama sekali ngga rewel dan pinter banget. Malah tambah gemuk hohohohoooo … nah jadi artikel kali ini mau berbagi pengalaman tentang persiapan bayi usia 3 bulan untuk pergi plesiran.

Latar Belakang

Perjalanan baby Zara ke Bandung Jawa Barat ini sebetulnya bermula dari keinginan ketemu teman teman sekaligus pengen nyoba, apakah baby Zara sudah kuat untuk plesiran jauh??? Yup jarak dari Cilacap ke Bandung ini kira kira 250 kilo meteran. Biasanya sih ditempuh dalam tempo 4 – 5 jam .. tapi karena membawa bayi, kecepatan pun dikurangi dan akhirnya baru sampe setelah melalui 7 jam perjalanan.

 

Tujuan utama ke Bandung, pengen temu kangen šŸ˜€

Sebelum pergi ke Bandung, kakek nenek tentu kuatir. Takut Zara yang masih berusia 3 bulan 2 hari, ngga kuat dan menjadi sakit karena perjalanan yang jauh. Untuk itulah, jauh hari sebelum pergi, saya sangat menjaga kondisi Zara. Nah berikut hal hal yang saya lakukan sebelum Zara berangkat ke Bandung :

1. 3 hari sebelum berangkat, susu dan tidur sangat diperhatikan. Sehingga sebelum berangkat kondisi badan baby benar benar dalam kondisi FIT. Nah supaya baby dalam kondisi FIT, maka persoalan pakaian pun sangat saya perhatikan, yaitu menggunakan pakaian yang hangat sehingga bisa dipastikan Zara ngga kena angin yang dapat mengakibatkan panas / perut kembung.

pastikan – sebelum berangkat, baby cukup istirahat

2. Karena Zara minum ASI, maka saya pun cukup memperhatikan apa yang saya makan, sehingga bisa dipastikan ketika akan berangkat, Zara tidak mengalami sakit perut yang dapat membuatnya rewel di perjalanan.

Perjalanan di mulai

Pertama, kami memilih start perjalanan dari rumah pada pukul 3 dini hari. Pertimbangannya adalah : karena pada jam tersebut, Zara sudah tertidur pulas yang kalau dibolak balik juga ngga bakal bangun hehehe paling cuma bergumam aja. Jadi, tips pertama adalah, kenali jam tidur pulas anak anda, disaat pulas itulah waktu yang paling tepat untuk membawanya pergi.

Kedua, meski ada kursi mobil untuk bayi, sebaiknya bayi dipangku saja oleh Ibu. Mengapa??? karena begitu terbangun haus, kita bisa langsung menyusui. Atau jika anda ngga menggunakan ASI, sebaiknya siapkan susu dalam botol yang kapan pun siap diminumkan (jangan lupa masa basi susu botol adalah 2 jam, jadi tiap 2 jam gantilah susu tersebut meski belum diminum).

Ketiga, sebaiknya menggunakan diapers yang nyaman, sehingga baby tidak terbangun ketika pipis /Ā  pup … dan tentunya kita ngga rempong untuk ngganti popok tiap menit. Nah, karena diaper juga mesti diganti, sebaiknya siapkan beberapa diaper beserta perlengkapan mengganti popokĀ dalam satu wadah. Perlengkapan tersebut adalah (diaper, baby cream, minyak telon, ember kecil, handuk kecil, perlak dan alas, kapas, 1 set pakaian dan air panas dan dingin).

Apa yang Penting dibawa???

Kalau perjalanan jauh, mending dipangku Ibu. Menurut saya sih

Kereta dorong juga jangan sampe lupa untuk dibawa … penting banget ini

Foto zara di BaNDung

 

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang – Bandung

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: