Tahapan Perkembangan Bayi 0 – 1 Bulan

Baby mau cerita nih soal pengalamannya selama 1 bulan pertama kehidupannya. Semoga cerita baby wisataseru, Zara, berguna buat mommy mommy pembaca wisataseru yah. Ini dia cerita dimulai.

Baby Zara umur 1 hari - ini pertama kalinya mama ketemu baby Zara - amazing rasanya!!!

Pengalaman Melahirkan Caecar

Karena sudah dipacu, babynya ngga bereaksi, jadi papa langsung memutuskan untuk operasi caecar saja. “Daripada nanti sakit 2 kali, mending langsung caecar aja”, yup mama setuju hehehe. Begitu persetujuan dilakukan, mama harus puasa selama 6 jam baru operasi bisa dilangsungkan.

Pertama tentu tegang sekali. Maklum mama belum pernah operasi sebelumnya. Bayangan tentang gunting dan sekumpulan lampu terang pun bergelanyutan. Ooowww tenang sodara sodara, karena ternyata caecar itu ngga seseram itu. Jadi pertama kita akan dibius dan 15 menit kemudian terdengarlah suara “oeeeekkk”.

Begini ceritanya. Begitu tim dokter sudah berkumpul, kita akan dibaringkan di kasur dengan lampu lampu. Jangan tegang, kita akan diukur tensi dan kemudian, cuuuuuussss dibius. Tapi ngga dibius total, cuma dibius bagian dada kebawah. Pastikan bahwa biusan berjalan lancar yah .. kalau dicubit masih kerasa jangan ragu untuk bilang “Masih terasa”. Waahh kalau ngga kan berabe, perut di belah dan kita merasakan … ooowww noooo!!!

Nah .. setelah bius merasuk, suara gunting cetok cetok pun terdengar. Sampai risih ngeri hahahaa, “Dok ada musik ga??? Saya geli denger suara gunting”, begitu kata saya. “Wadoohhh sapa punya HP??? ayo dinyalakan musiknya”, sambut si dokter … daaannn malangnyaa… hari itu ngga ada yang bawa HP ke ruang operasi .. jadinya selama operasi berjalan saya tentunya mendengar suara gunting hahahaa serem amat. Coba buat mommy yang mau caecar, tanya ke dokternya, “Dok boleh bawa MP3 ga?”.

15 menit berlalu, “oeeeekkkkkk” bayi ditunjukkan kesaya dan tak lama kemudian saya tak sadarkan diri. Sadar sadar saya sudah berada di kamar lagi. Di ajak obrol pun masih belum connect hahahaaa …

Bayi diletakkan di kamar terpisah

Seperti bayi lainnya, baby zara diletakkan di kotak kaca terpisah dari kamar mamanya. Segala kerepotan nangis, ganti popok dan mik cucu semua masih diurus oleh suster. Karena mamanya masih tepar akibat operasi caecar. Hari pertama ini, Mama masih berjuang belajar miring. Hohoooo 6 jam pertama belajar miring, 6 jam ke dua belajar duduk dan 6 jam selanjutnya mama akhirnya sudah bisa berdiri meski setengah membungkuk sakit.

Di hari ke 2 Air susu mama masih belum keluar, jadi bayi Zara masih minum susu formula untuk kebutuhan gizinya. Susu formulanya pakai BMT Platinum dari Morinaga, kata pihak rumah sakit itu yang paling bagus sih, manut ajah. Mamaku kuat makan, maka di hari ke 2 ini kondisi mama berangsur cepat pulih. Mama udah bisa jalan ke ruangan bayi. Hoyeeee !!!

Hm .. tapi ada pengalaman nih, buat bayi yang diletakkan terpisah dari kamar ibu, sebaiknya sering sering ngecek jam minumnya bayi secara bener bener. Karena baby Zara yang lahir dalam kondisi sehat banget, di hari ke 3 jadi kuning karena kurang cairan 🙁 mama sih sempet beberapa kali mergokin baby zara terlambat di susui. Maklum saat itu banyak bayi yang lahir, jadi menyusuinya gantian. Jadi jadwal minum jam 2 misalnya, baby zara baru disusui jam 3. Yaaa akhirnya kuning 🙁 Nah solusinya sendiri sih, sebaiknya mom ikut menyusui aja di ruangan menyusui tersebut.

Zara pulang rumah, langsung dijemur matahari pagi setiap hari selama 42 hari sampe kulitnya gosong hehehe

Memutuskan untuk di rawat sendiri di rumah

Hari ke 5 sebetulnya baby zara belum boleh pulang karena dinyatakan masih kuning. Tapi papa ingin baby dirawat sendiri aja di rumah. Setelah mendapat persetujuan dari rumah sakit, akhirnya baby zara pulang dan mulailah petualangan bersama baby dimulai.

Tiap pagi antar jam 8 – 9 pagi, baby zara di jemur. Mama menjemur baby hingga usia 42 hari. Hasilnya??? Sehat dan hitam hahahaaa … yaaa tiap hari dijemur bugil, akhirnya kulit baby jadi legam kayak abis pulang dari Bali hohohooho … seksi deh. Wis gapapa, yang penting sehat kan.

Siapkan banyak popok

Pipis baby ternyata sangat melimpah ruah. Baru di lap pantatnya, bisa bisa udah mancur lagi hahaaa … butuh 4 lusin popok dalam sehari. Apalagi kalau minum full ASI, wooowww lebih hebring lagi kondisinya. Yup sejak ASI lancar dan baby ngga mau formula lagi, pipis dan eek baby lebih heboh.

Kehadiran Pampers pun jadi dirasa sangat membantu. Selain babynya bisa bobo nyenyak karena ngga kebangun dengan basahnya pantat, mama juga ngga sampai kehabisan popok. Tapi karena namanya juga terbuat dari kapas yang ada kandungan kimianya, pleaseeee pampersnya sering sering diganti ya.

Zara usia 18 hari 😀 berkat dijemur tiap hari, akhirnya hitam deuh .. tapi sehat 🙂

Baby Zara sendiri sih, biasanya 3 – 5 jam sekali ganti pampers. Tapi begitu buang air besar, ya langsung ganti saat itu juga. Haiyaahh kan kasian kalau pantatnya benyek ama eek :p meski sudah menemukan kenyamanan dalam balutan pampers, tapi sebaiknya pantat baby ngga di balut seharian yah. Kata orang orang sih, “Kasian, biar pantatnya napas”.

Meski sering diganti, juga sebaiknya ngga seharian full dipakein pampers. Ada kalanya biarkan pantat baby bernafas dengan pakai popok biasa. Biasanya sih siang di popokin dan malam pake pampers.

Umur 8 hari sudah bisa Miring Sendiri

Luar biasa baby zara ini, diusianya yang ke 8 hari, dia udah bisa miring sendiri. Sampe waktu itu pernah, mama meletakkan baby di atas bantal, cuma ditinggal 5 detik ngambil kapas, eeee babynya udah menggelinding di kasur dalam posisi tengkurap dan ketawa ketawa …. hahahaa tapi kocaknya, ketika umur 2 bulan malah dia ga bisa miring sendiri karena keganjel badan yang mulai menggemuk xixiixixiiiii

Usia 8 hari sudah bisa miring sendiri

Akhir nya puput di usia 12 hari

Biasanya puser puput sekitar semingguan. Tapi si baby ternyata ngga puput puput. Baru deh setelah 12 hari, pusernya puput. Hm… ada teman yang menyarankan supaya puser itu dimakan oleh ayahnya, dan nanti kelak kalau anak sakit, papa tinggal menjilat tuh anak dan anak akan sembuh. Aduuhh tapi kayaknya ga tega yah makan puser. Jadinya, hal tersebut ngga dilakukan. Terus juga ada referensi supaya puser tersebut disimpan, nanti kalau suatu saat anak sakit, tinggal direndam air dan dioleskan ke anak. Tapi ini juga ngga dikerjakan mama papa. Puser baby dijadikan 1 dengan ari arinya dan digantung di atap rumah saja.

Kepala Tegak Lurus di usia 3 minggu

Di usia 3 minggu, baby Zara sudah bisa mengangkat kepalanya kalau ditengkurepin 🙂 seneng banget. Perkembangan baby Zara bagus. Ngangkat kepalanya juga ngga sebentar lo, tapi lumayan lama. Dan ketika usia sudah mencapai 40 harian, kepala baby udah kuat tegak lebih dari 5 menit. Jadi menggendong pun sudah enak sekali. Kepalanya sudah kuat.

usia 25 hari, zara sudah kuat tegak lurus kepalanya 🙂 lama loh ... seneng banget

Pasang Weker tiap 2 jam untuk minum susu baby

Karena trauma takut baby kuning, mama sangat ketat dalam hal memberi minum baby. Mama sampai pasang weker tiap 2 jam sekali. Tiap weker bunyi, mama langsung membuat susu (asi belum keluar hiks sedihnya) dan begitulah seterusnya. Mulai dari 50cc tiap 2 jam, meningkat terus sampai akhirnya di akhir bulan menjadi 90cc sekali minum.

Tapi setelah full ASI di akhir bulan, sudah ngga pake weker lagi deh. Asal kelaparan baru disusui. Kenapa? Soalnya baby Zara udah kebanyakan gizi tuh hoohhoo badannya sampe kekar karena ngga pernah telat minum dan tiap minum selalu dipaksa habis sama mama hahahaa … Sampai kata ibu pijetnya baby, “Mbak ini disusui kalau nangis aja. Kalau ngga nangis ngga usah disusui, udah gemuk banget ini” :p

Hehehee… lahir dengan berat 3,68 kg, di akhir bulan berat baby sudah 5,5 kg … oh nooo … naiknya banyak sekaleeeee … memasuki bulan ke 2 pun, baby mulai diet :p

Kapan ASI keluar?

Pertanyaan yang waktu tu bikin sedih. Karena sampai seminggu ASI keluar cuma menetes. Padahal mama sudah rajin minum susu dan makan sayur. Tapi syukurlah berkat jamu bersalin pusoko sejati, pil daun katuk dan madu juga nyemil kacang, akhirnya susu menjadi lancar di minggu ke 3 kelahiran baby. Meski belum terlalu banyak dan harus sambung, tapi lumayan baby akhirnya dapat minuman tersehat di dunia, ASI. Baru akhirnya setelah 1 bulan, susu keluar deras dan baby malah uda ngga mau formula lagi.

Untuk lebih jelas tentang jamu bersalin pusoko sejati, klik disini.

Karena ASI belum keluar lancar, papa juga berpartisipasi susui baby pake formula 🙂

Minum Obat Cina usai Melahirkan

Dokter sih bilang ngga boleh minum obat cina. Karena bisa berakibat fatal. Tapi karena tradisi dari turun temurun, tiap abis melahirkan keluarga mama selalu minum jamu dan obat cina, maka aku pun ngga ragu untuk meminumnya. Asal cara minumnya benar, ngga akan ada efek samping yang berbahaya. Yaitu, jangan minum obat cina ketika masih di infus!!! Ini sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal. Jadi minumlah ketika infus sudah dilepas. Obat yang mama minum bernama “Be na Hong”, harganya sekitar 450ribu rupiah. Fungsinya sendiri untuk mengeringkan bekas operasi. Hasilnya??? Jahitan memang lebih cepat kering.

Ada yang bilang, kalau obat cina ini juga mengeringkan ASI. Hm … aku sih ngga tau ya … yang jelas memang ASI ku baru keluar di hari ke 5 (menetes) dan baru mulai mengalir sekitar di hari ke 10 dan mulai lancar di minggu ke 3.

baby Zara ngantuk euy

Berat Badan turun 10 kg dalam 3 minggu berkat Jamu Bersalin

Ini juga bisa jadi tips buat para mommy yang ingin cepet kurus langsing usai melahirkan. Do it : Ngga usah punya pembantu, ngga usah pakai baby sitter!!! Hahahaa dijamin kurus karena kecapean. Hm … supaya badan fit ngga sakit, jangan lupa minum jamu bersalin. Mama sih minumnya Jamu Pusoko Sejati produksi keluarga besar mama sendiri. Karena ngga ada bahan kimia dan terbukti puluhan tahun digunakan oleh keluarga secara turun temurun.

Hasilnya??? Bisa dilihat. Meski cape, tapi selama usai melahirkan, mama sama sekali ngga pernah sakit. Nyaris sakit pernah, karena cuaca memang kurang bagus di bulan mei itu Karyawan di toko aja sampai sakit flu bergilir, tapi mama dengan kondisi sehari cuma tidur 2 – 4 jam aja, tetep sehat ngga sampai sakit. Jamu Bersalin Pusoko itu memang diracik supaya Ibu melahirkan memiliki ketahanan fisik yang bagus, sekaligus melancarkan ASI dan merampingkan badan. Yaiii … hasilnya diminggu ke 3, mama sudah bisa pakai celana jeans sebelum hamil dulu, tapi masih agak sesak sih .. baru akhirnya benar benar bisa memakai celana jeans tanpa menahan perut adalah ketika usia baby 2 bulan. (hehehe artikel ini ditulis saat baby berusia 2 bulan 3 minggu).

Zara belum sebulan uda sering keluar rumah :p sampe sering dimarahi emak

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Cilacap

frame edit photo : http://www.photofacefun.com

 

 

 

 

 




4 comments

  • Halo Vina, menurut Dr Heru, temen kami, itu agak kurang normal, coba dirangsang taktil dengan sentil ato ditepok telapak kakinya…
    hope it helps…

  • hay mam .. myBebi br usia 3 minggu . kasus cesar dll smua sama euy .. lahir bobot 4kg panjang 53cm .. hihi super :p

    sempet diare 1 mlm .. turun bb nya jd 3.6kg .. hiks .. cm besok nya kembali Fit krn mnum susu khusus bebi lagi diare ..

    pipis nya Wah Bgt . pgn ke pampers tp bebi ku rada gampang alergi . takut nya kena pampers alergi ..

    dan hari ke 22 ini bebi ku dh tembem .. 🙂

    di hari ke 3 masih Di RS Dia dah lepas bedong n tidur Miring .. sekarang malah dah mulai angkat2 kepala miring2 nyaris tengkurap .. hihihi nyusu nya Formula n asi .. krn dia sll kurang kenyang klo asi aja ..

    hihi .. ga sabar 40hari an mau syukuran n bagi2 Cupcake’s mam .. ^_^

    rambut bebi ku baru lahir langsung jabrik .. tebal bgt :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: