Masak Memasak di Jepang

Seperti mimpi rasanya … Jepang, negeri yang selalu ku idola kan, akhirnya aku ngga cuma mampir, tapi bisa tinggal disana … kusebut seperti mimpi, karena ketika pulang Indonesia, kenangan selama tinggal di Jepang terasa sangat indah dan berharga. Hmmmm banyak sekali sebetulnya yg bisa diceritakan … tapi kucoba bercerita pertopik yah … dan artikel ini akan bercerita tentang hobi baruku, yaitu memasak!!!

Jujur jujuran, saya ngga bisa masak hahahaaaaa … meski beberapa orang mengenal saya karena dunia kuliner, tapi saya sendiri ngga bisa masak. Alhasil begitu sampai negeri nun jauh dari harga murah, mau ga mau demi pengiritan saya mesti masak. Ngga lucu dong kalau tiap hari makan diluar … di Indonesia aja kalau tiap hari makan luar bisa bangkrut, apalagi di Jepang :p

 

Peralatan Masak dan Makan

Peralatan masak dan makan di Jepang tuh, bikin napsu semua hahaha … bikin napsu masak dan bikin napsu makan. Bentuknya bagus bagus. Rasanya pengen beli beli terus … tapi napsu belanja terpaksa di kontrol soalnya kalau pulang kan susah bawa peralatan masak dan makan. Apalagi piring piring keramik kan berat. Makan bagasi banget.

Oya … buat yang mau stay di Jepang. Aku ada tips nih untuk beli perlengkapan makan yang murah dan baguuuss … weewww … pertama disini, kami melakukan salah besar!!! Beli kemahalan. Yup kami beli piring piring dan gelas di toko biasa. Alhasil, kami beli 6 piring, seharga 600ribu rupiah!!! Karena 1 piringnya Rp. 100.000. Terus gelas biasa, 1 bijinya 45ribu rupiah.

Nah solusi murah meriah dan bagus adalah … beli perlengkapan makan di toko 100 yen (daisho, seria dll – toko serba 100yen atau sekitar 12000 rupiah kalau di kurs kan) atau beli di toko second. Wewwww jangan salah soal toko second di Jepang yah .. karena untuk piring piring gitu, kebanyakan masih baruuuu semua. Baru, bagus dan harganya jauuuhhh lebih murah dari harga toko biasa. Yang di toko biasa 100ribu, disana paling cuma 15ribu. Di toko second juga, selain jauh lebih murah, juga biasanya modelnya lebih bagus dan antik daripada di toko biasa.

 

Dapur

Dapur di apartemenku harus selalu bersih!!! hahahaa .. soalnya dapur dan kamar dan ruang tamu, cuma disekat doang pake pintu kayu berlapis kertas sih … kalau kotor kan ngga lucu banget. Nanti banyak lalat terus kamar juga diampiri lalat dong … hiiii amit amit deuh. Terus dapur nih lokasinya ada di depan. Alias begitu orang masuk, langsung disambut oleh dapur. Nah kalau kotor kan malu banget yeu …

Untuk kebersihan ini, saya mesti rajin rajin beresin (milah milah) sampah dan selalu langsung mencuci bekas masak dan makan begitu selesai beraktifitas. Oya, selain itu saya selalu sedia cling wrap dan alumunium foil. Fungsinya??? Jadi sebelum masak, saya kan biasanya nyiapin bahan bahan dulu dan baru dimasak nanti kalau perut misua dan mulai kukuruyuk (maklum misua jam makannya ga jelas dan dia ga suka makanan dingin. Semua harus panas panas baru dimasak). Jadi bahan bahan yang sudah dipotong rapih, aku masukin ke wadah dan ditutup cling wrap. Begitu misua dan mulai lapar, langsung deh cepat!!! Tinggal masak. Jadi selain rapi, ngga bau, juga praktis. So dapur tetap selalu bersih.

 

Isi Kulkas

Berhubung cuma punya kulkas mini, saya belanja tiap hari supaya ngga ada bahan bahan yang numpuk di kulkas. Paling banyak, saya belanja untuk 2 hari. So, kulkas tetap terjaga kebersihannya. Dan ngga ada bahan makanan nyelip dan lantas terbuang. Kulkas sendiri lantas fungsinya adalah untuk menyimpan aneka minuman dan snack juga makanan cepat saji seperti kentang dan jagung manis.

masakanku selama di jepang

 

Naaah … sebagai orang yang ngga bisa masak, tentu ini jadi tantangan tersendiri buat saya. Selama 3 bulan berkutat dengan resep di buku dan internet, saya sempet frustasi dan ga mau masak lagi. Perkaranya, masakanku banyak gagal ketimbang berhasilnya xiixixxixiii… tapi syukurlah saya punya suami yang luar biasa. Masakan gosong ataupun berasa ga karuan, tetep aja sama dia dimakan. “Semangat!!! Besok coba lagi”. Begitulah tiap hari ia bersuara.

Akhirnya pelan tapi pasti, setelah 2 bulan masakan saya mulai ‘ada rasa’. Horeee tepuk tangaaan!!! Ngga cuma masakan tapi saya mulai mencoba membuat snack … dan ahayyyy misua saya suka … ngga cuma masakan tapi juga snack snack yang saya buat 🙂 bangga.com. bahkan saya bisa membuat telur asin hehehee… enak juga loh telur asin mbuat sendiri :p

Disana aku paling suka ngebuat spagheti, steak saus jamur dan aneka hidangan ayam. Mulai dari ayam bakar sampe ayam di sop. Herannya, nyaris semua masakan saya disini, “Enaaak”. Hahahahaaa jauh dari rumah kali ya … jadi masakan rasa Indo dikit aja berasa enaaak banget hahaha … atau karena bahan bahan yang ada di Jepang emang enak dan beda dengan di Indonesia ya???

Hm , … untuk perbedaan bahan baku di Jepang dan di Indonesia .. akan saya bahas di artikel selanjutnya 🙂 tunggu yah ….

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: