Cara Naik Bus di Jepang (Transportasi di Jepang)

Nah buat anda yang mau liburan ke Jepang tanpa tour alias dewe dewean ajah,… ni ada sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara naik bis di Jepang (Oya karena lidahku udah biasa menyebut bis daripada bus, jadi kedepan aku tulis bus pakai bis yah). Hehehee mumpung inget, jadi langsung di tulis aja deh, daripada antar kelamaan terus aku lupa.

cara naik bis di jepang

Langkah I : Tentu pertama tama anda harus tau jadwal bis. Kenapa? Karena di Jepang jam datang dan keberangkatan bis lumayan tepat waktu. Telat telat paling 10 menitan atau bisa lebih cepat 2 menitan dari jadwal … yang jelas patokan jadwal yang tertulis di tiap halte bis itu, bisa jadi patokan untuk anda menunggu dengan manis dan santai di halte. Contoh jadwal bus bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Tulisan 6,7,8,9 dst dengan angka bold, adalah jam. Sedangkan angka 05,20,35 dst adalah menunjuk pada menit.

Misal 9.05 ya berarti bus akan datang kira kira pukul 09.05. Nah sedangkan huruf kanji diatasnya adalah nama tempat tujuan kita dan nomor bus nya. EHeemmm untuk yang satu ini memang anda harus tau tulisan kanji tempat tujuan anda. Saya biasanya cari dulu di internet heheeee.

jadwal bus dan contoh tiket bus

Langkah II : setelah memastikan jadwal kedatangan bis, tunggu. Begitu bis datang, naik di pintu bagian tengah (bagian depan untuk orang keluar), lalu ambillah tiket .. plis jangan sampe lupa ngga ambil tiket, karena ini syarat anda bisa turun dari bis loh. Ambil tiketnya dimana??? Lihat foto dibawah ini : (begitu masuk kita akan disambut dengan box yang mengeluarkan tiket. Itulah tiket kita).

Untuk tiket, setiap orang wajib mengambil. Misal anda rombongan 10 orang, ya 10 orang berarti mengambil 10 tiket. Ini bukan tiket nomor kursi, melainkan tanda untuk nantinya membayar. So, coba perhatikan, pada gambar saya mendapat tiket no 1. Ini artinya saya naik dari halte pertama (nomor 1).

Nah kemudian di depan bus, diatas supir, ada papan digital dengan kolom bertuliskan 1,2,3,4 dst. Kolom tersebut nantinya akan terisi dengan angka yang berubah ubah. Itulah tarif yang harus kita bayar nantinya. Jika kita mendapat tiket nomor 1, maka ketika turun perhatikan kolom nomor 1, jika tertulis 360, maka saat turun bayarlah dengan 360 yen.

cara naik bis di jepang

cara membayar bis di jepang

Langkah III : Naik bis di Jepang itu tarifnya tidak sama pada tiap tujuan seperti di Indonesia “Jauh dekat sama”. Tapi semakin jauh jarak yang anda tempuh, maka makin mahal pula jumlah yang harus anda bayarkan. Ya metodenya sama seperti taksi, tarif akan terus naik seiiring dengan bertambahnya kilometer. Tapi jangan bingung. Pokoknya patokan anda untuk membayar adalah tiket yang anda pegang.

Di Jepang … anda tidak membayarkan uang pada sopir. Melainkan anda masukkan uang pas ke dalam mesin yang terletak di samping sopir (seperti terlihat pada foto, ada mesin disamping sopir). Masukkan tiket anda bersama dengan uang pas. Yup uang pas. Jangan kurang jangan lebih. Kalau kurang, tentunya anda akan ditegur sopir dan jika lebih yaaa itu salah anda sendiri. Karena anda tak akan mendapat uang kembalian.

Iiihhh curang!!! Tunggu dulu … tak ada yang curang di Jepang sini. Karena lihatlah gambar dibawah ini baik baik : (ini adalah mesin pembayaran sekaligus mesin penukar uang)

tempat membayar dan menukar uang di bis di jepang

Jika anda ngga punya uang receh. Anda bisa menukar uang secara otomatis dimesin pembayaran ini. Nah perhatikan, jika dibagian atas adalah tempat anda memasukkan tiket beserta dengan uang pembayaran. Maka lubang disamping ini adalah tempat untuk menukar uang.

Caranya gampang : tinggal masukkan uang 1000 yen lembaran dan dalam sekejap akan keluar uang receh dibagian bawah mesin. Jika uang receh tersebut masih kurang kecil (100 yen – sedangkan anda juga butuh 50 atau 10 yen) masukkan kembali uang receh 100 yen an tersebut ketempat penukaran koin yang terletak di samping penukaran uang lembar. So … jadi ngga ada alasan untuk anda marah karena ngga ada kembalian kan??? Karena sudah disediakan fasilitas penukaran uang otomatis.

Ya … mentok mentok .. kalau anda bingung .. kasih aja uang lembaran dan tiket anda ke sopir dan pakai bahasa tarzan, “Piye iki pak carane”. Selesai deh heheee … dan anda pun sudah sampai ke tempat tujuan. Gampang kan …

cara naik bis di jepang

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.

 




%d bloggers like this: