Zenkoji Temple – Damainya Mengunjungi Kuil Berusia 1400 tahun di Jepang

zenkoji temple

“The Japanese have long been told to visit the ancient Zenkoji Temple at least once in their lifetime”. Itulah kalimat pembuka buku panduan kota Nagano. Hm … bukan buku sih, lebih tepatnya buletin wisata kota Nagano yang bisa kita ambil gratisan di stasiun Nagano City.

——–

Kalimat pembuka tersebut tentunya mengusik siapa saja untuk datang ke kuil Zengkoji, termasuk saya. Kebetulan tempat saya tinggal tak terlalu jauh dengan Nagano City, tempat dimana kuil Zengkoji ini berada. Yuk mari cap cus … suami pun akhirnya sering mengajak saya kencan disana hahahaa … ga sopan ya, … kuil kok dipake untuk kencan.

di dekat kuil ada toko crepes yang asli wenaaak tenan … sama suami aku dipilihin yang rasa segar segar asyik dah … mantab

Maksudnya, … karena disana uda termasuk dalam kategori tempat wisata, maka banyak makanan, toko toko dan juga tempatnya indah sekali. Jadinya, yaaa meski kami bukan beragama Budha, tapi kami sangat menikmati lokasi tempat peribadatan ini. Ya sekedar duduk duduk dan melihat orang hilir mudik berdoa … sungguh damai rasanya.

Berbeda dengan klenteng yang aroma hio dimana mana … disini, tak ada aroma hio, juga tak ada suara suara orang berdoa atau musik. Benar benar tenang dan bersih juga teduh (seperti sikap orang Jepang yang tenang dan tak banyak bicara).

Tentang Zenkoji Temple

Untuk sejarah Zenkoji, bisa anda baca sendiri nanti jika anda kemari hehehee .. penjelasannya ada yang pake bahasa inggris kok, aman. Saya sendiri, disini cuma ingin cerita tentang pengalaman pribadi, mengapa saya menyukai tempat ini. Oke saya cerita mulai dari lokasi yah.

Zengkoji Temple merupakan kuil yang telah berusia 1400 tahun. Ia terletak tak jauh dari Stasiun Nagano City, berjalan kaki hanya sekitar 40 menit dan naik bus hanya sekitar 5 menit (jika anda naik bus wisata bernama gururin-go yang beroperasi 20 menit sekali, ongkosnya hanya 100 yen atau sekitar Rp. 15.000 rupiah untuk orang dewasa dan 50 yen atau Rp. 7500 untuk anak anak, tergantung kurs yah).

bus berwarna biru itu adalah gururin go … bus wisata keliling nagano city cuma 100 yen

Oya sebelum masuk terlalu jauh, mau nyelimur dulu … jadi gururin-go ini merupakan bus wisata dengan tarif jauh dekat sama. Bus ini mengelilingi kota Nagano (45 menit) dari stasiun Nagano City dan baliknya ke Stasiun Nagano City lagi. Jadi buat anda yang baru pertama kali ke Nagano, jangan lewatkan untuk jalan jalan dengan gururin-go ini … mayan, keliling nagano cuma dengan 100 yen ajah.

Nah balik ke cerita awal … Jika anda memutuskan untuk jalan kaki menuju ke Kuil Zenkoji, itu juga bukan pilihan yang salah. Karena perjalanan menuju ke kuil ini cukup indah dan menyenangkan. Tak cuma ada banyak toko yang bisa anda kunjungi tapi yakinlah, udara dan pemandangan alam Nagano itu sangat indah. Sehingga berjalan selama 40 menit, tak akan terasa melelahkan.

kiri : area depan stasiun nagano city … tengah dan kiri : perjalanan menuju zenkoji

Apalagi jika anda sudah sampai ke daerah Daimon Cho. Disana jalanan sudah mulai berpaving batu kali besar besar dengan toko toko berbangunan tua yang romantis pada era Taisho. Kemudian dari Daimon ini, sampailah anda pada Nakamise-dori street yang lebih eksotik lagi, jalanan ini terbuat dari 7.777 batu paving kuno. Di Nakamise ini dijual aneka makanan tradisional dan woooww sampailah kita pada Zenkoji Temple.

nakamise dori street, banyak terdapat tempat tempat doa di pinggir jalan

Sesampainya di Zenkoji, anda akan langsung disambut dengan gapura besar berisi patung gede banget. Patung itu terbuat dari sebatang kayu tanpa sambungan kayaknya. Saolnya saya intip intip kok kayaknya rapi banget. Selain itu ukirannya asli detailnya bagus banget. Kalau ga salah inget, kata temen waktu itu, patung itu adalah patung dewa guntur atau apa yah hohohooo lupa.

kiri : gapura tersebut berisi patung dewa ukiran dari kayu yang sangat besar dan indah sekali detail pahatannya … kanan : patung patung di bagian luar kuil

Nah setelah melewati gapura, anda akan melihat kuil kuno nan eksotik. Tapi sebaiknya jangan main nyelonong masuk yach … sama seperti masjid, masuk ke kuil ini anda juga perlu wudhu. Ohohoooo,… bahasa Jepangnya apa, daku tak mengerti, yang jelas kita mesti membersihkan diri dulu dengan air yang telah disediakan. Kalau bingung gimana wudhu nya … nunggu aja ada orang melakukan, perhatikan dan lalu praktekkan. Hehehee …

sebelum masuk ke kuil, membersihkan diri dulu

Dibagian dalam kuil, terdapat Obinzuru-sama. Obinzuru-sama adalah patung yang dipercaya sebagai patung salah satu murid Buddha. Keampuhannya adalah, jika anda memiliki sakit, bisa sembuh. Caranya, misal : anda sakit jantung, letakkan tangan anda dibagian jatung patung, lalu tempelkan kembali tangan anda dibagian jantung anda. Tentunya sambil berdoa memohon kesembuhan. (Maaf ngga ada fotonya, soalnya di larang memotret di dalam kuil).

Bersama Mae Chan ke Zenkoji

Oya … selain ke sini bersama suami, saya juga pernah mengajak sahabatku Mae Chan, teman di Indonesia yang sering banget ke Jepang. Dan karena saya waktu itu tinggal di Nagano, maka pada liburannya ke Jepang bulan agustus 2011 kemarin, dia memasukkan Nagano dalam daftar kunjungan. Ahaiiii senang sekali … akhirnya saya bertemu sahabat saya.

bersama mae chan … menikmati sembe … makanan ringan sejenis cracker dengan aneka rasa

Karena suamiku sibuk, jadi jalan jalan kali ini cuma bertiga aja, saya, mae chan dan suaminya. Kami ke sana berjalan kaki dan kemudian makan sembe (sejenis crackers aneka rasa) lalu menuju ke tempat ramalan hehee… jadi kita tinggal memasukkan koin ke dalam vending machine, dan keluarlah ramalan untuk diri kita.

vending machine ramalan

Kemudian kita membersihkan diri dan masuk ke dalam kuil. Waaah syukurlah Mae chan dan suaminya menyukai tempat wisata ini hehee … lalu abis dari sini kita pergi jalan jalan … yuhuiiiiii … Oya di Zenkoji ini sering ada acara acara keagamaan dan festival. Tapi untuk jadwal jadwalnya saya kurang tahu euy … jadi kalau ada pertanyaan dan bisa berbahasa Jepang, silahkan telpun ajah ke Zenkoji Temple Office: 026 234 3591 (ini telpun dari Jepang loh ya .. kalau dari indo berarti pake kode negara, +81).

UNtuk melihat foto foto lebih lengkap tentang Zenkoji, klik di artikel saya lainnya yah, klik disini.

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.




2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: