Sensasi Perjuangan demi Seporsi Sate Kambing Bumbu Kacang

Sate Binangun

Waaahhh judulnya agak hiperbola ya terbacanya … tapi kenyataannya sungguh loh. Demi seporsi sate di daerah Banyumas ini, kita mesti sedikit berjuang dalam perjalanan. Hohohoooo tapi maap saya ngga sempet foto foto selama perjalanannya .. ntar yah kalau kesana lagi saya fotoin jalanan untuk menuju ke depot sate tersebut … berliku, menanjak membelah gunung dengan suguhan pemandangan yang sangat indah.

Saya sih baru sekali kesana, tapi udah berkali kali makan satenya … wakakaka ko bisa??? Hehehee soalnya karena perjalanan yang susah, suami seringnya pergi sendiri dan pulang pulang bawa bungkusan sate kambing itu heheee … Tapi karena yang namanya sate dah pasti enak dimakan panas, saya lantas penasaran dong … pengen makan disana juga. Jadi suatu kali saya ikuuuuttt … dan woowww …

tampak samping warung ... pegunungan euy

Dengan berkendara Motor Vario … kami pun membelah gunung di desa Binangun tersebut. Pemandangannya indah sekali, tak hanya menjumpai pepohonan khas pegunungan, tapi di beberapa lekukan jalan terlihatlah kota banyumas keseluruhan. Hingga akhirnya tak terasa 30 menit sudah perjalanan berlalu dan sampailah saya dan suami di warung sate tersebut.

Begitu sampai, si bapak pedagang sedang mengiris daging dari bagian paha kambing muda yang masih segar (bukan dari freezer). Tusuk tusuk dan pesanlah kami yang matang dan setengah matang. Matang untukku dan setengah matang untuk suamiku. Bedanya??? Yang setengah matang tentu lebih empuk … tapi karena saya sedang hamil, jadi kalau makan apa apa mesti makan yang matang …

Apa sih enaknya sate Binangun ini?

Sebetulnya, warung sate ini bisa dibilang masih baru dalam dunia persatean, yaitu baru sekitar 5 tahunan. Tapi, kelezatannya sudah menyihir warga sekitar cilacap dan banyumas. Perkaranya, ya karena dagingnya yang empuk, ngga bau prengus dan yang paling disuka suamiku adalah karena bumbu kacangnya yang aduhai gurih mewangi.

Tapi beda ya dengan sate Tegal .. jika sate tegal itu empuknya sampe guriihhhh abis akibat daging tercemar oleh lemak kambing domba yang aduhai nagih banget… kalau disini lebih empuknya bukan empuk gurih seperti itu … disini kulihat lebih mengandalkan daging itu sendiri, jadi lemaknya nyaris dikit banget …

Nah, .. jadi gimana??? Kalau anda suatu saat ke daerah banyumas, bisa cobain sate ini … yaaaaa sekalian jalan jalan melihat banyumas dari atas .. indah deh.

Tampak Depan warung ... dan si bapak yang tengah kipas kipas sate

Alamat Sate Binangun : Depan Kantor Kepala Desa Binangun. Jl Raya Binangun Banyumas Km 12. Jawa Tengah




2 comments

  • Semoga semakin banyak yang menikmati, apalagi ada tempat wisata baru bernama TAMAN ANGKASA BANYUMAS di Desa Binangun. Setelah melihat Banyumas seperti taman raksasa dari atas gunung Binangun, kita bisa menikmati lezatnya sate kambing segar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: