Sate Kambing Muda Putra Saudara, Berbumbu Sederhana Berasa Mewah di Lidah

Satenya bersih, tak ada bekas bakar bakaran yang mengganggu

Sate Kambing … Tak bisa dibohongi, sate kambing terenak yang pernah saya makan adalah sate kambing tegal yang menggunakan kambing domba muda sebagai bahan bakunya. Tampilannya bersih putih seperti dibakar tanpa bumbu. Serat seratnya lunak seperti tak berotot dan bumbu cocolannya cukup sederhana, hanya sambal dan kecap manis dengan taburan bawang merah iris + buah tomat segar.

Nah … berhubung saya bukan orang Tegal, yaaaa nyaris sering jadi mimpi aja untuk menelan kelezatan sate tersebut. Namun, beruntungnya, setelah saya pindah ke Cilacap, ternyata di Purwokerto ada depot sate jadul yang menyajikan sajian sate serupa yang dijual di Tegal. Ahayyyy … lemak nian … enak sekali dan saya langsung jatuh cinta pada gigitan pertama.

Nama warung tersebut adalah Sate Kambing Muda “Putra Saudara”. Usut isit, ternyata depot ini sudah buka bertahun tahun dengan kualitas rasa yang tak perlu diragukan lagi. Makanya tak heran kalau warung ini rameeee terus. Yaaa siapa cepat dia dapat gitu kali yah ehehee … Selain satenya, gulenya juga maknyoooss abis … biasanya sih saya pesannya, sate + kuah gule aja hehehee … soalnya emang kuahnya enak nempeleng sih.

depot sate ini selalu rame pelanggan

Nah seperti saya bilang, satenya serupa dengan yang di Tegal. Sate Putra Saudara ini memiliki ciri khas sate yang bersih, alias tampilannya ngga gosong gosong bekas bakaran gitu. Selain bersih, ia juga tampaknya tidak diberi bumbu sebelum dibakar. Soalnya, warna satenya putih bersih. Ajibnya, lemak yang terpapar panas kemudian meleleh melumuri daging disebelah sebelah tusukannya itu, membuat sang daging turut mendapatkan sensasi gurih dan manis dari lemak.

Begitu digigit … empuknya lumer dilidah dah … wenak tenan. Nah sate yang sederhana tak berbumbu ini kemudian di cocol pake bumbu kecap berpotongan bawang merah dan buah tomat segar. Jiaaahhh jadi laper dah … yuk marilah .. kalau ke Purwokerto jangan dilewatin hidangan sate kambing yang satu ini. Dijamin ketagihan dah heheee …

Alamat Sate Putra Saudara : Jl. Gatot Subroto Depan SMAN 2 Purwokerto Jawa Tengah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: