Ikan Pesmol di Ikan Bakar Cianjur, Lezatnya Tak Tertandingi

Nila Pesmol yang sangat kucinta ... endaaang rasanya

Mendengar namanya “Pesmol” mungkin banyak yang ngga tau yah,… jenis makanan apa pula ini??? Saya sendiri juga kurang begitu tau soal sejarah pesmol dan ‘opo seh kuwi’ … tapi yang jelas … sekali makan saya langsung jatuh cinta … dan bukan cuma saya, tapi setiap orang yang kuajak untuk makan pesmol di Ikan Bakar Cianjur, pasti semua langsung jatuh cinta. Weewww penasaran kaaan … yuk mari ikuti kisah sang pesmol :p

Pertama ku jatuh cinta pada sang pesmol

Saat itu usiaku baru 11 tahun (halah bahasanya,… emang nulis novel hahahaa) … papa mama mengajakku makan di resto Ikan Bakar Cianjur yang ada dikawasan Manyar Surabaya … menu terpesan adalah Nila Pesmol, Gurame Bakar, Kangkung dan lain sebagainya yang tentu saya sudah lupa (sudah 18 tahun silam booook) …

Kiri : saya dan suami, suami kini juga jadi pelanggan pesmol di IBC. Tengah dan Kanan : Gambar hidangan lain di IBC

Pertama melihat ikan berkuah kuning kuning sedikit merah dan bertomat, saya nyaris ngga mau nyoba. “Apa ituuuuuu” … bukan seleraku banget. Tapi papa mama memaksaku mencoba, katanya enak. Dengan ogah ogahan kucabutlah sedikit daging dari ikan gendut tersebut … masuk mulut dan haiyaaaahhhh!!! Saya ketagihaaaan!!! Amboy rasanyaaa ,.. enak sekali.

Asam bercampur aroma kunyit yang tebal kemudian tersembul asin manis yang pas … aaakkkhhh susah sekali untuk dilupakan dan susah sekali untuk berhenti makan hohhohoohoo … alhasil, “Mbak tambah Nila Pesmolnya 1 lagi yah”, pesan mama pada pelayan. Hari hari berikutnya, tiap ke resto Ikan Bakar Cianjur, Pesmol ini tak pernah lupa dari orderan.

Tiap liburan bersama keluarga di daerah Pasuruan sana, pulangnya kami pasti makan di IBC. IBC disini memiliki taman main untuk anak loh - ponakan ponakanku jadi pada betah

Pesmolnya ini sendiri ada 2 macam, mau pake Nila atau Gurame. Hm . .. saya sih lebih suka yang Nila, karena lebih lembut. Tapi untuk yang model dibakar bakar, keluarga saya lebih sering milih Gurame, karena lebih gurih ahay … Selain mantab di dunia perikanan, disini juga ada aneka makanan lain yang ngga kalah menggugah selera. Seperti sop buntut, rawon, ayam goreng dan bakar yang semuanya enak.Tapi karena tiap kesini tujuannya ya karena pengen makan hasil laut, tentu saja tiap kemari yang kami pesan adalah yang berhubungan dengan laut atau paling jauh ya ayam untuk para ponakan.

Pesanan lain lain seperti sop buntut dan kawanannya baru saya coba ketika saya makan bersama teman teman. Yup … saking jatuh cintanya pada pesmol, tak cuma pacar yang kini jadi suami, yang sering saya ajak makan di Ikan Bakar Cianjur, tapi beberapa teman juga pernah kuperkenalkan dengan hidangan pesmol mustajab ini.

Makan bersama teman teman di IBC Cipete Jakarta

Reaksi mereka??? Ngga suami yang saat itu masih pacar, tapi juga teman teman, semua suka pesmoooolnyaaa… meski pertama mereka pesan macam macam, seperti rawon, sop buntut dan lain lain, pada akhirnya mereka suka pesmolnya hehhee… jadi pesmolnya nambah lagi dan lagi deh hehehe …

Dimana lokasi atau alamat Ikan Bakar Cianjur? Nah kalau ditanya yang ini, mudah sekali. Hohoooo karena cabangnya buanyak sekali di seluruh tanah Jawa ini. Dan hebohnya, dimanapun saya makan, rasanya semua enak, sama dan sama sekali tidak pernah mengecewakan baik dari segi rasa maupun pelayanan.

Di Surabaya saya seringnya makan yang di Manyar dan di mana ya satunya itu lupa … terus sering juga makan yang di Pandaan Pasuruan Jawa Timur. Sedangkan kalau di Jakarta, makannya di daerah Cipete Jakarta Selatan situ.

Alamat Ikan Bakar Cianjur yang sering saya datangi :

Pandaan : Jl. Raya Surabaya – Malang KM 48 (Pandaan), Pasuruan, Jawa Timur. 0343 634 360

Surabaya : Jl. Manyar Kertoartjo V / 44 – 48 Surabaya. 031 5680707

Jakarta : Jl. Cipete Raya no 35 Jakarta Selatan. 021 7697565

 




2 comments

  • mbak salam kenal yahhh,, scara sama2 pecinta pesmol IBC… iyahhhh enaaak bgt emang pesmol IBC,,, kl aku plg suka beli yang di sodiarjo mbak,,,
    makasih infonya ttg yang di jkt,,, sipp secara saya bru hijrah pinggiran jkt,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: