Ciri Khas Sate Ayam Sokaraja, Pakai Gulai berbumbu Kacang

Pak Slamet sedang membakar sate ayam

Sokaraja … Hm … mungkin banyak yang belum pernah mampir ke kota kecil ini. Namun, pasti banyak dong yang tau tentang ketenaran rasa getuk goreng sokaraja atau soto sokaraja yang berciri khas bumbu kacang??? Weleh weleh kalau belum tau juga … Sokaraja itu adalah sebuah kota kecil di kabupaten Banyumas. Kira kira 3 km dari Kota Purwokerto – Jawa Tengah.

Nah … tak perlu banyak basa basi, karena saya disini ingin membahas sate ayam yang wenak tenan di daerah sokaraja sini. Saking enaknya, suami saya sampe ngga mau makan sate ayam (kalau sedang di daerah banyumas) kalau ngga yang beli di sokaraja sini. Pokoknya kalau mau sate ayam, ya satenya harus sate ayam sokaraja Pak Slamet ini. Hebat yah pesona sate sokaraja pak Slamet ini.

Sate Ayam Sokaraja

Apa sih istimewanya??? Itulah gumam saya sebelum tau sate ini kala itu. Pertama kali kesana, Hm .. tempatnya biasa, cuma warung pinggir jalan yang buka mulai pukul 5 sore dan jam tutupnya tak menentu tergantung ramai sepinya pelanggan. Lalu, dari segi aroma, yaaa aroma sate sate ayam pada umumnya yang memang mengundang selera 😀

Namun terus kutunggu kejadian demi kejadian proses membuat satenya sampai dia tersedia di piring saji. Woooowwww ternyata beda sekali!!! Sate ayamnya disiram kuah gulai dan baru ditabur lagi dengan bumbu kacang kasar yang manis. Weewwww …. ketika saya coba, “Awwwwww satenya menggunakan ayam kampung!!! So pasti dagingnya lembut dan empuk”.

Ponakan suka banget

Pliiisss kalau ke Purwokerto, sempetin deh mampir ke sokaraja untuk mencicip sate ayam pak Slamet ini. Rasanya enak sekali. Dan jangan lupa untuk pesen juga bagian kulitnya. Karena kulitnya ini enak sekaliii … berkat penggunaan ayam kampung, kulitnya empuk dan tidak bau. Maknyus deh pokoknya. Disini juga kalau anda suka, ada sate sayap ayamnya .. nah kalau yang ini, kesukaan suami banget. Ahayyy harganya juga terjangkau loh, meski menggunakan ayam kampung, seporsinya lengkap dengan lontong cukup membayar dengan Rp. 10.000 saja.

suasana warung ketika baru buka .. saya jadi pelanggan pertama hehee

Alamat : Sate Ayam Kampung Sokaraja Pak Slamet. Utara Pasar Sokaraja. Jl Gatot Subroto No 27 Sokaraja – Jawa tengah. Depan Auto 168. 0813 911 00100 / 0281 644 1486

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: