Wakatori Chicken Katsu ni Tetsudon di Ito Yokada Building

wakatori chicken katsu ni tetsudon

Buat anda yang lagi main ke Jepang, hayuuuukkk pesen chicken katsu yang disiram saus manis dan telur yang bentuknya nggak jelas tapi rasanya aduhaaaaiiii. Berhubung tulisannya kanji, jadi saya ngga tau itu chicken katsu yang apa, tapi pas memesan dengan menunjuk gambar, pelayannya bilang “wakatori chikin katsu ni tetsudon”.

Sungguh luar biasa. Dari segi tampilan memang kurang menarik ya. Lihat saja bentuknya yang morat marit dan rasanya sungguh terbayang ‘sayang’ chicken katsu yang harusnya gurih renyah ini justru disiram dengan kuah panas yang pastinya bakalan bikin tuh tepung roti melempem deh. Tapi, begitu sajian itu sampai di meja, walaaaahhh ngga cuma aromanya itu loh yang ending abis, tapi begitu digigit, alamaaaak … enaknya superb!!! Sampe susah dijelasin. Saking nagihnya nih masakan, meski mayan jauh dari apartemenku, teteeeppp aja sering dibela belain kesini cuma untuk makan ni chicken katsu heheee …

tempura yang mantab

Di Jepang sini, chicken katsu dijual dengan berbagai cara memasak. Ada yang disajikan begitu saja dengan cocolan saus furai, ada yang diberi limpahan saus curry dan ada yang seperti ini, becek dengan saus yang mungkin namanya ‘wakatsuki’. Saus yang aduhai ini memiliki rasa manis dengan aroma aroma kaldu ayam yang cukup jelas.

Kuah yang sedemikian membanjir mulanya pun, akhir cerita menjadi kandas sampai dikoret koret. Pasti bagian dapur seneng banget waktu ngebersihin piring, soalnya bener bener bersih sampai piring sajian kinclong. Hehehee … harganya pun ngga terlalu mahal alias terjangkau. Ups tapi soal harga ini, yaaaa ini yang saya makan di daerah Gondo Nagano tepatnya di Mall bernama Ito Yokado. Seporsi lengkap dengan miso sup, acar dan nasi hanya dihargai 780 yen atau sekitar 80ribu rupiah.

Di resto ini, selain chicken katsu juga banyak hidangan lain yang memikat. Contoh hidangannya bisa kok dilihat di depan resto dalam bentuk duplikat dari lilin. Hebatnya, jika di Indonesia kadang duplikat di foto dengan kenyataan yang hadir di hadapan kita, agak berbeda baik dalam segi bentuk maupun porsi. Tapi di Jepang, hidangan yang nantinya datang di hadapan anda, akan tampil sama persis sama seperti foto buku menu maupun lilin duplikat yang di pajang.

tempura di jepang

Nah pesanan lain saya adalah aneka macam tempura. Jadi set hidangan ini terdiri dari tempura udang, cumi, daun, labu, terung dan jamur. Kemudian ada nasi, miso sup, acar dan saus tsuyu untuk cocolan tempura. Soal rasa??? Breeewwww saya makan tempura dimana mana di Jepang ini kok rasanya sama sekali tak ada yang mengecewakan hiihhiiiii … semua resto memiliki gurih garing tempura yang sempurna!!! Udang dan cumi yang digunakan di resto ini sendiri sama seperti di resto lain, yaitu berdaging tebal dan fresh. Nyaaammmmm!!! Sedangkan jamur dan daunnya, memiliki rasa gurih yang kriuk seolah sedang makan krupuk, kreeesss kresssss … yummy.

Terakhir ada labu dan terong. Waaawww jika anda ke Jepang, tak usah ragu untuk membeli tempura labu ini. Rasa manisnya endang banget. Seperti ubi goreng namun lebih manis dan lebih lembut. Nah untuk terongnya, terung Jepang ini agak berbeda dengan terung Indonesia. Terung Jepang lebih cenderung sama sekali tak ada rasanya, kalau menurut saya. Jadi ketika mampir tempura terung ke hadapan anda, tak usah ragu untuk mencobanya. Di Indonesia saya juga ngga doyan terung, tapi kalau sudah di tempura gini yaaaa sikaaaat habeeesss…

Cara memakan tempura ini sendiri adalah di celupkan dulu ke saus tsuyu sebelum dilahap. Saus tsuyu ini terbuat dari campuran beberapa saus cair yang ada di Jepang. Hihiiii lupa saya, soalnya saya sendiri kalau masak di rumah, saus tsuyu nya udah beli jadian sih hehee… jadi ngga usah ngracik lagi. Tinggal tuang dan makan. Saus tsuyu ini juga biasanya digunakan untuk membuat udon dan kuahnya soba. Rasanya asem asem asin manis segar. Wenaaak.

Untuk misonya. Pertama kali nyobain miso sup di Jepang, huweeeekkk saya ngga doyan!!! Rasa dan aromanya aneh. Sama sekali bukan selera Indonesia. Tapi karena tiap makan di resto selalu dikasih miso sup, jadi lama lama kok yaaaa penasaran, tiap makan nyoba dikit dikit dikit … eee sekarang saya malah doyan banget. Hehehee tiap ke resto, miso ini adalah hidangan yang paling ku tunggu tunggu. Terutama di musim dingin seperti sekarang ini. Hmmmm miso sup ini bener bener hangat di tubuh dan lidah saya memberikan respon sangat positif terhadap rasa sup yang terbuat dari fermentasi kedelai ini.

Biasanya sup ini berisi rumput laut dan tahu kering saja. Porsinya pun sangat sedikit. Namun cukup mengenyangkan hohohooo maksudnya yaa tentu saja kenyang karena setelah makan miso sup ini lalu makan hidangan dengan porsi Jepang yang mayan banyak ini hihihiiii … Oya tapi saya sendiri lebih suka menyeruput miso sup ketika selesai makan. Soalnya saya gunakan seolah minum air putih saja. Penghilang seret di mulut usai makan … setelah itu baru deh minum air yang sesungguhnya. Disini, set tempura ini juga dihargai 780 yen perporsinya. Harga yang pantas di bayar untuk sensasi kenikmatan yang susah didapat saat makan di rumah.

Alamat : Family Restaurant Gondodori street, Nagano city, Nagano, Jepang. Lantai 5 Ito Yokado Mall.

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: