Indahnya Karuizawa … Lokasi wisata di Jepang Wajib Datang

background lokasi sky di karuizawa

Dihari hari terakhir di Jepang, suami mengajak saya untuk berlibur ke Karuizawa. Sebuah kota yang terkenal dengan sebutan Ginza nya Nagano. Kenapa disebut Ginzanya Nagano??? Cekidotin terus dong wisataseru hehee …

Karuizawa sendiri masih terletak di prefektur Nagano, tapi dari tempat saya di Nagano city, masih jauh sekali. Naik kereta masih butuh waktu sekitar 1,5 jam dan kalau naik shinkansen sekitar 30 menitan. Mayan jauh kan .. ongkosnya juga mayan mahal, naik kereta biasa ongkosnya adalah 1590 yen sekali berangkat/ 1 orang, jadi kalau PP yang tinggal dikali 2 saja. (1 yen sekitar 115 rupiah). Kalau naik shinkansen harganya jadi 2 kali lipat. Hm … jadi karena kami bukan dalam keadaan terbirit birit, ya cukup naik kereta yang murmer sajah hehehe …

Hm … memang sungguh disayangkan, sudah jauh jauh ke Karuizawa, saya hanya sempat mampir di Prince Shopping Plaza nya saja. Tapi ya mau bagaimana lagi, kondisi badan yang tengah berbadan dua ini memang ngga memungkinkan saya untuk bergerak cepat, apalagi berjalan kaki terlalu jauh dan lama. Tapi sungguh sangat menyenangkan dan memuaskan. Karena tempat ini benar benar bagus dan toko toko yang ada pun juga menjual barang yang bagus bagus dan saking bagusnya sampe ngga mampu belanja banyak wakkaakkaka … abisnya semua yang disini serba barang bermerek.

anjing anjing yang dimanja

Oyaaa mau cerita dulu nih .. Karuizawa ini merupakan kota yang pernah digunakan untuk olimpiade baik pada musim dingin mau pun saat musim panas. Yup … cocok untuk diadakan berbagai macam acara, karena kota ini memiliki 4 musim yang sempurna, jika panas maka akan terjadi panas membara (musim panas, pemandangan disini dipenuhi dengan tanaman hijau yang subur) dan jika salju maka salju akan bertumpuk bermeter meter (pemandangan pun berubah menjad putih bersih), lalu jika musim semi disini ada banyak taman yang tentunya akan bermekaran bunga bunga yang indah (pemandangan akan dipenuhi dengan warna romantis sakura), plus jika musim gugur tiba maka pemandangan pohon dengan daun berwarna warni akan mudah kita jumpai (pemandangan jadi penuh warna merah, hijau dan kuning). Indahnya Karuizawaaa ..

Karuizawa Prince Shopping Plaza

Oke kita menuju pada apa yang terjadi pada liburan saya ya … jadi sekilas tentang prince shopping ini, ia merupakan sebuah lokasi yang tepat berada di samping stasiun karuizawa. Jadi pokoknya begitu keluar dari stasiun, ya yang akan anda jumpai pertama kali adalah prince shopping plaza ini. Cukup luas menurut saya … konsepnya sih agak agak mirip ama Bandung gitu ya .. jadi sepanjang mata memandang itu berjajarlah outlet outlet penjual fashion. Bedanya, disini sangat bersih dan tertata heheee… 1 biji sampah pun ngga akan kita jumpai di jalanan. Pun penjual emperan juga tak ada disini. Semua serba tertata sangat rapi.

Selain bersih dan rapi, daerah prince shopping ini juga di kelilingi oleh alam yang sangat indah. Tak cuma ada taman taman yang luas dengan pepohonan rindang untuk berteduh. Tapi juga dipercantik dengan sungai sungai kecil yang mengalirkan air jernih. Banyak loh orang yang memang sengaja datang ke sini hanya untuk menikmati kesegaran dan keindahan alamnya saja.

Pengalaman berbelanja di Karuizawa Prince Shopping Plaza

Nah outlet outlet itu kira kira ada : Nike, Adidas, BLV, Louise Vuitton, Donna Karan, Channel, Burberry, Ocean Pacific, Oakley dan masih banyak puluhan outlet bermerek lainnya. Yang jelas untuk ukuran dompet eke ini yaaaa kurang bersahabatlah hahahaa… jadi selama 5 jam disini, kita cuma beli jaket ama sepatu aja dari outletnya adidas plus makan enak di restaurant Chinese food. Hmmm cuma begitu aja kita udah habis sekitar 2 juta rupiah. Hadeeehhh puyeng dah kepala !!! oyaaa tuuhhhh pas pulangnya jaket baru langsung saya pakai :p yang warna merah muda itu … bagus ga???

Yang special lagi dari Karuizawa ini, jika musim panas tiba, banyak toko yang men-sale ­barang dagangannya. Tapi karena saya datangnya pas lagi peralihan ke musim gugur, jadinya toko yang memberikan diskon tidak terlalu banyak. Ada sih, saya juga dapat selebaran untuk toko yang menjual merek coach, diskon 30 – 50%. Tapiiii udah didiskon 50% juga saya lihat harga barangnya masih 3 jutaan rupiah … hadeh … yaaa daripada beli tas 1 biji 3 juta rupiah, yaaa mending kalau saya sih dibuat beli makanan aja deh :p bisa 5x makan enak di resto mewah tuh hohohoooo…

Apalagi, menurut hemat saya … ngapain beli barang barang bermerek seperti coach, channel, LV, BLV dll ituuu … sampai di Indonesia, kalau saya yang makai mah nanti dikira barang mangga dua … gggrrrrr kan males banget toh!!! Kalau yang makai anaknya milyuner sih, beli di mangga dua juga dikira asli, lah kalau kite kite ini??? Beli asli juga dikira mangdu, paling banter dikira orang kita beli bekas atau dikasih hibah dari orang lain wakakakka …. just kidding … peace …

Oya … serunya lagi di karuizawa ini, jika diluar musim panas, beberapa toko suka memberikan diskon selama 1 atau beberapa jam tergantung maunya toko. Biasanya sih, begitu diumumkan “Silahkan masuk dan belanja yang banyak. Semua barang sedang diskon …%. Hanya sampai jam … “ . Udah deh tuh toko pasti langsung mayan banyak pengunjungnya. Seperti saat saya beli jaket dan sepatu adidas ini, paaassss banget pas lagi diskon. Beruntung!!!

Pertama kali datang, sebetulnya kami sudah masuk ke toko ini, tapi kami ngga beli apa apa. Lalu pas mau pulang balik ke stasiun (adidas ada diujung deket stasiun sebelah nike), misua ngajak mampir sekali lagi, “Masak sih udah jalan 5 jam ngga beli apa apa? Yuk beli apa gitu di adidas”. Begitu masuk, tiba tiba ada karyawan yang teriak teriak diskon diskon gitu. Jiaaaahhhh langsung semangat dah ubek ubek toko dan dapet barang langsung bayar 15 menit sebelum diskonan bubar. Mayan … diskon 30%. Terus biasanya beberapa model yang ada di luar negeri, kan di Indonesia ngga ada.

Tentang Karuizawa

Nah berhubung saya cuma pernah muter muter di daerah sekitar stasiun Karuizawa saja, ni buat yang besok besok pengen ke Karuizawa, biar liburannya lebih lengkap, saya kasih panduan wisatanya. Saya sendiri dapat panduan ini dari stasiun Karuizawa. Biasa ngambil majalah gratisan heheee …

DAERAH SHIN, KYU-KARUIZAWA

  1. Karuizawa Shaw Memorial Church : Ini merupakan gereja pertama yang ada di Karuizawa dan dibangun oleh sekeluarga Canadian missionary. Tiap 1 agustus, ditempat ini  diadakan festival.
  2. Kumoba Pond : sebuah danau yang diberi nama “Swan Lake” oleh orang asing. Tempat ini direkomendasikan untuk didatangi saat musim gugur. Mengapa??? Yak arena saat autumn anda akan dapat melihat perpaduan danau dengan daun yang berwarna warni yang tumbuh disekitar danau. Untuk menikmati danau ini sendiri kira kira dibutuhkan waktu 25 menit .. wooww mayan besar toh danaunya.
  3. Kyu-Karuizawa main street : Ini dia lokasi yang disebut sebut sebagai Ginzanya Nagano. Sejak dahulu, tempat ini memang dipersembahkan bagi para turis yang ingin berbelanja. Kunjungan paling ramai tentu pada saat musim panas. Karena jika musim dingin, Karuizawa memiliki hawa yang sangat dingin. Maklum disini juga merupakan tempat orang orang bermain sky saat musim salju tiba.
  4. Mampei Hotel : Beroperasi pada tahun 1894, merupakan hotel tertua di kanazawa. Sekarang ini seolah menjadi landmark nya kota karuizawa.
  5. Kyu-Mikasa Hotel : ini merupakan hotel dengan konstruksi western style yang kini menjadi asset cukup penting bagi karuizawa. Selain unik dan memiliki kesan yang beda, hotel ini juga tergolong tua, yaitu telah beroperasi sejak tahun 1906.
  6. Kumanokoutai Shrine : Tempat sembahyang orang Jepang ini telah berdiri sejak tahun 1657 dan menjadi salah satu aset penting juga di daerah karuizawa. Layak untuk dikunjungi jika anda ingin merasakan nuansa shaydu di Jepang.
  7. Winter Illumination : sejak awal November sampai dengan Natal, area ini tiap malamnya akan diwarnai oleh illumination atau lampu lampu berwarna warni yang menggambarkan bentuk natal yang sangat indah. Selain pertunjukan lampu yang memukau, disini juga ada singing chrismast tree.

DAERAH NAKA KARUIZAWA

  1. Shiraito falls : meski air terjun ini hanya memiliki tinggi 3 meter namun ia memiliki keistimewaan lebar yang mencapai 70 meter.
  2. National karuizawa wild bird forest : kurang lebih sekitar 5 menit dengan menggunakan mobil dari naka karuizawa Wild bird forest ini memiliki luas 100 hektar dengan di dalamnya terdapat berbagai macam jenis burung liar.
  3. Japanese Elm Terrace : tempat shopping yang dipercantik dengan pohon pohon elm dan juga ada Senga Waterfall, Ichimura Memorial. Lalu ada juga Yu River dan Yu River Village Park.

DAERAH MINAMI KARUIZAWA

Karuizawa Prince Shopping Plaza : tempat shopping dengan jumlah toko kurang lebih 200an outlet. Nyaris semuanya merupakan merek merek terkenal. Selain toko fashion juga dilengkapi dengan resto resto dengan harga terjangkau sampai yang berkelas. Selain itu juga ada lake garden, karuizawa prince skiing course, golf course dan horseback riding.

DAERAH SHIOZAWA

Disini ada Lake Shiozawa yang menarik untuk dikunjungi tiap musimnya. Karena pada tiap musim (di Jepang ada 4 musim), panorama sekitar akan berubah dengan pemandangan yang khas tiap musim. Selain itu juga ada  The Hertz Toy Museum, Picturesque Garden, SCAP Karuizawa, Karuizawa Olympic Commemorative Hall dan Karuizawa Town Botanical Garden (di town botanical garden ini terdapat 1600an macam pohon dan bunga. Luas taman ini sendiri sekitar 2 hektar)

DAERAH OIWAKE

Disini ada Tatsuo Hori Memorial of Literature, Oiwake-jyuku Kyodokan, Oiwake Crossroads, Shinano-Oiwake Magoutadochu Festival (diadakan tiap akhir Juli, pada festival ini orang orang menggunakan baju samurai seperti pada zaman Edo – festival ini adalah untuk mengingat sejarah di area sekitar sini)

SELESAI

Heheehheee ya kira kira inilah sedikit ulasan buat anda yang ingin ke Karuizawa Jepang. Ngga nyesel deh main ke mari … saya meski cuma sempet datang ke 1 lokasi aja udah seneng banget … moga moga suatu saat ada kesempatan untuk kesana lagi dan mengunjungi semua daerah daerah yang disebutkan di majalah promo tersebut semuanya … pengeeeennn … oyaaa di saat christmas begini, disana katanya indah banget … penuh dengan illumination / lampu warna warni bertajuk natal.

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: