Gilaaaak!!! Shabu Shabu di Jepang memang Tiada Dua-nya …

miyama te restaurant shabu di jepang

6 bulan di Jepang, akhirnya hari ini saya makan shabu shabu juga. Makasih suamiku tersayaaang dan tercintaaa 🙂 Berkat kau, akhirnya aku bisa mencicip shabu shabu Jepang di restaurant shabu terenak di Nagano City. Ciiiaaahhhhhh jadi pengen kesana lagiiii huaaaa … lezat banget ciiih!!!

Nama Restaurantnya, jujurnya aku ngga tau hiks .. tapi kayaknya namanya Miyama Te Restaurant. Lokasinya ada di atas gunung dekat dengan kuil Zenkouji yang terkenal banget di Nagano Jepang. Tapi bukan dekat loh ya restonya, masih ke atas lagi … maksudnya ada di atas daerah Zenkouji gitu. Nanti deh kucarikan lengkapnya nama dan alamat hehehee …

Untuk makan disini, kemarin ambil paket yang 1 juta rupiah per 1 orang. Tapi asli sungguh ngga rugi!!! Dan kalau aku bilang, itu murah!!! Mengapa??? Soalnya, hidangan yang disajikan, jika kita beli sendiri di supermarket dan mbuat di rumah, mungkin bisa habis lebih dari 1 juta rupiah perorangnya. Soalnya, semua bahan yang disajikan di resto ini, asli adalah bahan bahan yang sangat segar dan berkualitas.

Belum lagi, suasana resto yang luar biasa indah!!! Saya kesana saat bulan Desember, sudah hampir memasuki musim salju, tapi masih masuk dalam peralihan musim gugur ke salju. Jadi masih tersisa pohon pohon berwarna merah dan kuning yang indah. Nah pohon pohon ini jika musim panas dan musim semi maupun nanti musim salju, warnanya akan berubah sesuai musim. Dimana tentu saja secara keseluruhan resto ini pun akan berubah wujud sesuai dengan musim (secara alami – inilah salah satu keindahan alam Jepang).

Untuk bagian dalam sendiri, tiap ruangan dibuat privat dengan pemandangan langsung menatap pada kota Nagano. Tempat ini sungguh cocok untuk bisnis maupun keluarga atau reuni. Aaaahhhhh pokoknya nyaman banget. Dan tiap ruangan akan dilayani oleh 1 orang dengan pakaian kimono. Mulai dari pemesanan sampai dengan pelayanan penyajian shabu. Oya, tempat ini, cukup ramai, jadi jika ingin kesini di rekomendasikan untuk pesan tempat terlebih dahulu.

Shabu Shabu Jepang

Di sebut sebut sih, shabu disini adalah shabu terenak di Nagano city. Saya asli penasaran banget … dan pas makan hidangan pertama … jiaaaahhhh!!!! Sueeeeggggeeeerrr maknyuuuuusssss wenak tenan!!! Kombinasi antara bahan yang segar dengan suasana yang nyaman memang sungguh luar biasa sensasinya. Inilah foto foto makanan yang hadir di hadapan saya secara berturut turut :

Hidangan pembuka ini terdiri dari (yang ada dimangkuk merah muda putih) telur ikan, kemudian oyster mentah yang diberi bumbu, dan dibagian paling kanan dalam mangkuk merah adalah blowfish. Lalu di bagian depan yang tidak ada mangkuknya hehehe ngga tau apa itu, yang jelas enak semua hiihhii…

Beruntungnya saya, karena ternyata Hinata San ngga suka oyster, jadi oysternya dikasi ke saya hohhooo … 2 oyster segar kulahap dengan sempurna. Rasanya segar sekali!!! (Kata orang, jika sedang hamil ngga boleh makan yang mentah mentah apalagi seafood … tapiii mana bisa tahan saya untuk ngga makan ini hiks .. enak sekaliii .. apalagi ketika saya konsultasi dengan dokter kandungan di Jepang, dokternya bilang ngga papa. Jadiii yaaa santap saja sambil berdoa hehehee)

Kemudian untuk telur ikannya terasa sangat gurih, blowfish dan yang warna putih itu juga mantab gurihnya dengan sedikit ada rasa sake (kalau saya salah merasakan ya maaf ahahaa … pokoknya asli seger enak banget)

Hidangan ke 2 yang keluar selanjutnya adalah sashimi salmon dan cumi kalau ga salah nih heheee… mentah mentahan lagi … aaahhhh pake sugesti dari dokter Jepang saja, “Boleh boleh saja”. Jadi dengan santainya kulahap nih sashimi perlahan tapi pasti dengan penuh kenikmatan. Aje gileee … segar salmonnya bener bener beda sama di Indonesia. Asli seger banget. Gurih, kres, manis … aaaggghhhh jadi pengin lagiiii

Hidangan ke 3 yang keluar selanjutnya lagi adalah sayur sayuran. Weewwww baru dilihat saja sudah membuat perutku lapaaarrrr!!! Seger seger banget sayurnya. Oya, sekedar pengetahuan nih, di Jepang, sayur sayuran ditanam secara organik dan teliti. Berkat air yang segar pula (air di Jepang rasanya beda banget sama di Indo hihiii.. bahkan air kemasan paling terkenal di Indo aja, sama air keran di daerah Nagano sini, masih enak air keran di Nagano) sayur di daerah Nagano ini sueger bangets …

Untuk Kol, Kol di sini tekturnya jauh lebih halus dan empuk dari di Indonesia, rasanya pun manis. Bahkan untuk kol panenan bulan maret – juni, Kol nya akan memiliki rasa yang jauh lebih manis lagi. Jiaaahhh itu baru kol .. belum yang lain lainnya … dieeeng!!!! Mawuuuu mau sayuran Jepang lagiiiii 😀

Waahhhh ini dia hidangan yang ditunggu tunggu akhirnya nongol!!! Inilah daging Jepang yang superb itu!!! Namanya shinshu beef!!! Selama ini, saya tahunya bahwa daging Jepang dengan grade teratas itu adalah Daging Kobe. Ternyata salah … ternyata Kobe itu hanyalah nama berdasarkan kota sapi tersebut di ternak.

Ini kata Hinata San loh ya … dia bilang, kalau di Nagano nama daging sapi dengan grade tertinggi itu namanya shinshu beef. Rasa daging ini tentu sama kualitasnya dengan daging Kobe. Nah, kalau kita makannya di kota Kobe nya, ya namanya Kobe Beef. Karena sapinya berasal dari daerah Kobe. Karena yang ini sapinya dari Nagano yang diternak di Shinshu, jadi namanya Shinshu beef.

Untuk shinshu beef ini, saya sendiri sering membuat dirumah (beli dagingnya di supermarket) untuk dijadikan steak. Kehebatan daging ini adalah motong dagingnya ngga usah pakai pisau alias pakai sendok saja tuh daging sudah copot. Hadeh, empuk banget kan!!! Terus meski sudah dingin, lemak lemaknya itu dimakannya enak. Beda dengan daging USA, Indo, NZ atau negara lain yang lemaknya kadang masih susah di telan, daging Jepang ini lemaknya bener bener lumer begitu nempel di lidah.

Biasanya saya beli di supermarket, 100gramnya dijual seharga sekitar 100ribu jika dirupiahkan. 1 kgnya 1 juta berarti hiihhii .. tapi asli mantab enak. Biasanya saya beli sekitar 120an gram. Di panggang bentar terus makan pake saus jamur, mantaaaab!!!

Eeeee kok ceritanya nglantur sih … kembali ke daging shabu ini hoohhoooo … nah seperti halnya daging yang sering kubeli di supermarket, nih daging juga superb mantabnya. Dengan grade nomor 1, daging ini memiliki rasa manis dan gurih yang sangat segar dan alami!!! Ajiiiibbbb .. baru kali ni saya makan daging sapi shabu senikmat ini. Aduuhhh kalau pulang Indo, mana dapet makanan seperti ini??? Meski sama daging shinshu-nya, tapi setelah melewati proses import yang memakan waktu, pasti dagingnya sudah tak sesegar ini … hiks … rindu shinsuuuuuu nagano …

Jiah!!! Kebayangkan!!! Kenapa saya bilang 1 juta itu murah??? Hidangannya banyak buanget. Setelah kenyang dengan porsi set shabu (oyaaa, semua foto yang saya tampilkan itu adalah untuk porsi sendiri loh .. alias tiap orang dapat porsi seperti itu masing masing) kita masih ditawarin, mau soba atau udon??? Nah disini saya milih soba.

Enaaak sobanya. Tapi karena sudah kekenyangan, akhirnya cuma habis separoh dan separohnya aku kasi ke Hinata San. Kemudian makan dessertnya, sorbet strawberry!!! Wenaaaakkkkk!!!! Oya, strawberry di Jepang nih gede gede banget hehehe.. rasanya manis dan padat. Aku syukaaaa … dan terakhir sambil obrol obrol, minum secangkir ocha hangat kemudian pulang. Pulang dalam keadaan kenyang dan kelezatan shabunya asli masih kerasa sampe 2 hari wakakkaa …

Gimana gimana??? Pada pengen ga??? Maaf maaf ya, artikel ini jadi ngga lengkap gara gara ga ada alamat dan nama resto hiks … habisnya saking kekenyangan, aku lupa minta kartu nama resto huaaaaaa hiks hiks hiks … ntar coba kutanya sama Mama Yamagizi atau Hinata San yaa … hohoohoo …

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.

 

 

 

 

 

 




5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: