Wangi dan Gurihnya Bebek Asap di Dapur Bebek

Bebek asap yang garing, gurih dan wangiiiiii.... ngangenin deh

Purwokerto Jawa Tengah … hmmm kota yang perkembangannya tengah melejit ini, kini memiliki spot spot wisata kuliner yang sebaiknya tak diabaikan begitu saja jika kebetulan anda mampir, lewat atau sedang dinas di kota ini. Salah satu daerah jajahan yang tepat untuk kita memuaskan selera lidah, adalah Dapur Bebek.

Yup … pertama makan di Dapur Bebek ini, saya dan suami lantas lalu menjadi pelanggan yang cukup setia. Pesanan kami pun nyaris tak pernah berubah tiap kali kemari. Yaaa kami berdua memang tipikal, jika sudah suka itu, yaaaa yang dimakan ya itu aja terus heheheee … Bebek Asap, Cah Kangkung, Tahu, Tempe dan Kalamari. Sip that’s all!!!

Cita Rasa Bebek Asap

Buat penikmat daging bebek, tentu sesekali ingin dong makan bebek dengan beraneka macam cara pengolahannya. Bebek Goreng atau Bakar?? Tentunya udah biasa kan??? Nah,… sekarang waktunya anda mencoba bebek yang dimasak secara ‘asap’. Yup, bebek yang dipanggang dengan hanya mengandalkan panas dari asap bara arang batok kelapa. Asap!!! Sekali lagi asap … bukan di bakar.

Alhasil, karena proses memasaknya hanya di asap, maka anda tak akan menemukan kilauan minyak seperti ketika bebek diolah dengan cara di goreng, atau pun anda ngga akan menemukan gosong gosong kehitaman karena bebek ini pun sama sekali tidak tersentuh arang, selama proses membuatnya. So,.. yang akan anda dapatkan adalah bebek garing yang berpenampilan bersih dan sangat ramah pada anda yang sedang menghindari kalori minyak penggorengan dan atau sedang diet hidangan yang gosong gosong berarang karena disebut sebut arang yang menempel pada daging, itu kurang sehat.

Soal rasa sendiri, hmmmm … karena dalam proses pengasapannya bebek ini sesekali juga dioles dengan bumbu rempah, maka bumbunya pun meresap sampai ke sela sela tulang bebek. Rasanya asin gurih dari aroma bawang yang wangi dan merica pala cabai yang mayan tajam membuat bebek ini memiliki sedikit rasa, alias tidak hanya asin gurih belaka.

narsis dulu duong

Proses mengasap ini tentu lama sekali ya … lebih lama dibanding dengan merebus, menggoreng dan atau membakar. Tapiii jangan kuatir, anda tak pernah menunggu berjam jam untuk bisa menikmati hidangan bebek asap ini hehehee… karena juga namanya restaurant, mereka memiliki teknik tersendiri untuk mengolah dan menyimpan bebek yang telah diasap, sehingga ketika ada pelanggan yang datang memesan, bebek tersebut sudah siap disajikan hanya dalam waktu tak lebih dari 10 menit.

Ahaiii … tapi yang membuat suamiku sangat menyukai resto ini, bukan belaka hanya karena bebeknya loh, melainkan juga karena sambalnya!!! Sambal bawang yang disajikan ini pedeeeees nya nempeleng banget. Hehehee pertama kali makan disini, saking kalapnya makan, ia menghabiskan sambal dan bahkan minta bungkus dengan versi sambal 2 kali lipat, “Buat besok makan siang”, katanya. Eeeealaaaaa, apa yang terjadi??? besoknya ia harus berurusan dengan kakus alias perutnya mules hahahaa …

Ya begitulah jika makan secara kalap bin maruk. Alhasil besok besok ketika makan disana, ia ngga lagi kalap alias makan sambal sewajarnya hahaa.. tapiiii memang dia akhirnya selalu ajak bolak balik ke dapur bebek ini, memang untuk mengejar kolaborasi yang sangat pas antara gurih wanginya bebek dengan sambal bawang yang manteb banget itu.

Ini juga bisa jadi tips buat anda yang pertama kali makan disini ya … jika makan sambal, jangan terlalu kalap. Takutnya perut ngga kuat seperti suami, jadinya yaaa begitu deh hehee… oya selain suami, adik suami dan teman aku juga mengalami hal yang serupa. Pertama kali makan, karena kalap dengan kelezatan sambal yang enak ruar biasa itu, mereka semua pada mules keesokan harinya. Tapi setali 2 uang dengan suami, mereka tak pernah kapok untuk datang dan datang lagi, karena emang enak banget. Dan kedatangan ke dua dan seterusnya, mereka sudah tau harus makan dengan ukuran seberapa supaya perut ngga mules hehee…

Yup … jangan meng- under estimate sambal ini loh ya .. karena kalau kita makan dalam porsi yang sewajarnya, dijamin ngga sakit perut kok. Soalnya temen aku 2 lagi yang aku ajak kesana dan makan sambalnya wajar wajar saja, mereka juga ngga mengalami mules hehehee … pun ketika suami dan adik suami datang untuk ke dua, tiga dan seterusnya, juga ngga ada yang sakit perut lagi hahahaa … so intinya, apapun itu kalau dimakan kebanyakan ya ngga akan baik toh …

HIDANGAN LAINNYA

Selain bebeknya, sangat rekomendasi untuk anda juga memesan TAHU. Weeewww tahu gorengnya asli enak banget. Ini kesayanganku banget. Tahunya wangi dan gurih. Bener bener asli enak. Lalu kalamari juga salah satu yang rekomendasi untuk di pesan. Kalamari adalah cumi goreng tepung. Yang asyik, racikan tepungnya ini bener bener krispi banget. Sukaaaaa banget. Nah seperti biasa pesanan lainnya adalah kangkung cah … yup makan daging tanpa kehadiran sayur terasa bumi tanpa tanah yaa .. halah hahahaa …  ya ya ya … cah kangkung ini adalah pelicin bagi nasi yang berlauk kering keringan. Pas bangets …

kalamarinya ... krispi banget .. cuminya empuk dan ngga amis .. rekomendasi untuk di pesan juga

Untuk harga, bebek asap disini seekornya dibandrol 64.000 rupiah. Tapi anda juga bisa pesen per potong loh, perpotongnya 17.000 rupiah. Kemudian cah kangkung 12. 000, tahu perpotong jumbonya Rp. 1.000 dan kalamarinya perporsi dihargai 17.500. Makan disini pun ngga ada tambahan pajak dan lain lain. Sip … mari di coba ..

Oyaa .. selain di Purwokerto, bebek asap ini juga ada di Bandung, Kuningan, Sukabumi dan di Jakarta. Untuk alamat yang di Purwokerto, ini dia:

Alamat Dapur Bebek Purwokerto : Jl. HR Bunyamin no P2/6. Telp 0281-638189

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: