Swikee Tuban … Sedepnya Tauco … Nyaaaammm

Swikee kuah, ai swan sedang membuat pesanan, dan tampilan warung sederhana tapi rame

Ke Tuban ngga nyobain swikeenya??? Aggghhh rugi banget lah … Mengapa??? Karena Tuban ini sejak dulu memang terkenal dengan warisan resep kolaborasi selera penduduk lokal dengan selera lidah pendatang dari negeri Tiong Kok. Hasilnya??? Buanyak masakan Tuban yang sedepnya itu ngga tertandingi dengan masakan sejenis yang dimasak di kota lain. Hohooo, sebagai warga Tuban, narsis dikit boleh dong … tapi asli memang swikee Tuban digadang gadang sangat enak… superb …

Sebetulnya ada warung swikee yang lebih jadul ketimbang warung swikee langganan keluargaku ini yang terletak di Jl. Basuki Rahmat. Warung Jadul tersebut bernama Swikee Kahar yang terletak di Jl. Agus Salim deket dengan pertigaan Panglima Sudirman. Atau jika anda memang ingin ke warung kahar tersebut, udah tinggal tanya saja sama sembarang orang, dijamin seluruh Tuban tau kok dimana lokasi swikee kahar. Hehehe soalnya selain jadul banget, yaitu udah ada sebelum aku lahir kayaknya, tapi juga swikee nya emang orginal sedepnya. Kalau anda makan swikee disana, nyaaaam swikeenya akan sangat sedap jika ditambahkan dengan kacang goreng tuban yang di letakkan di toples bening. Kacang ini memang teman setia saat makan swikee kahar. Maknyoooosss … rasanya. Kuah tauco yang manis kecut segar kemudian di campur dengan swikee yang berpaha gendut gendut dan dimakan dengan kletakan kacang goreng Tuban yang gurih abis. Ajiiiiibbbbb …

Swikee Goreng Tepung masakan Tante Swan, Ini adalah kesukaanku... gurih dan garing tepungnya lalu berpadu dengan manis daging swikee yang gemuk... nyaam

Hm … waktu aku SD, nyaris seminggu sekali atau selambat2nya 2 minggu sekali, papa pasti ngajak saya makan di warung sederhana pak Kahar tersebut. Sampai akhirnya saya pindah ke Surabaya dan hijrah lebih jauh lagi ke Jakarta, yaa otomatis ngga makan lagi deh hehee…

Dan begitunya saya sudah lulus SMA dan kembali kuliah di Surabaya lalu sering pulang Tuban. Papa Mama sudah ganti tempat nongkrong-nya kalau makan swikee.. ya disini nih yang di jalan basuki rahmat. Alasannya??? Karena saya getol dan doyaaaaan buanget sama swikee goreng yang dijual disini dimana di Kahar ngga ada swikee gorengnya. Yaaa sebagai orang tua, kadang memang lebih ingin menyenangkan lidah anak hehehee… tapi meski demikian, swikee kuah yang ada disini pun ngga kalah jauh enaknya dengan Kahar kok .. itulah mengapa papa mama mau mau saja pindah warung yang sudah di langganinnya selama berpuluh puluh tahun.

Keluargaku ... semuanya pecinta swikee dari kecil hehehee

Swikee Goreng disini emang enak sekali. Selain pilihan swikee nya yang berpaha gendut, tepungnya ini loh.. renyah sekaliii… aku syukaaa … lalu dicocol dengan sausnya … aje gileeee jadi pengen makan hehehe … Oya selain ada swikee kuah dan goreng, di sini juga ada pepes swikee .. tapi untuk yang ini saya belum pernah mencobanya. Seporsi swikee ini pun dihargai Rp. 15.000

Oya … warung ini bukanya dari jam 8.30 pagi sampai tutupnya yaaa kalau swikee habis hehe biasanya sih lewat jam makan siang, swikee sudah ludes tuh. Jadi kalau mau nyobain jangan kesiangan yaa … buka tiap hari kok, senin sampai minggu. Aaahh apalagi kalau minggu, habisnya cepet banget … Sippp .. mau nyobain swikee langganan keluargaku??? mariii kemari ke Tubaaan :p

Aiiihhh yaa … lupa ada sedikit info .. buat yang suka sama selera pedas sih.. kata mama di desa prunggahan Tuban, namanya warung bagong, disitu juga jual swikee namun dengan selera pedas … nyuuukkk mari terserah mau pilih, kahar yang sudah turun temurun dengan rasa khas Tuban, swikee budaya loka yang lebih netral rasanya dan atau bagong yang pedes menusuk lidah??

Alamat Swikee Tuban. Jl Basuki Rahmat, sebelah gedung Budaya Loka. Tuban Jawa Timur. Menerima pesanan 081331190316 (ai/ tante swan)

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: