Soto Lamongan Asih Jaya … Langganan Keluargaku sejak 20 tahun silam

Soto Lamongan Asih Jaya dengan Poyah yang mantaaaab

Aku adalah asli wong Tuban yang sering mondar mandir ke Surabaya. Yaaa maklum, papa mama telah memutuskan sejak kami 5 bersaudara ini masih bocah bocah ingusan, bahwa ketika anak sudah mencapai umur SMP, maka ia harus bersekolah di Surabaya. Sementara papa mama sendiri masih tetap di Tuban, karena lahan duitnya ada di Tuban hehee …

Maka akhirnya ngga heran jika sejak SD (sekarang udah 28 tahun) aku sering di boyong papa mama ke Surabaya sekedar untuk menegok kabar kakak kakak yang disana. Tentunya yang paling aku suka dari perjalanan tersebut adalah kulinernya hahaaa … Meski resto yang kami datangi selalu itu itu saja, tapi sama sekali ku tak pernah bosan. Yaitu jika bukan resto Mina ya yang kami datangi adalah Depot Asih Jaya yang jualan Soto Lamongan.

Hm … aku sendiri ngga tau, apakah depot Asih Jaya ini merupakan soto yang paliiing enak di Lamongan atau bukan. Karena jujur aku ngga pernah makan soto di lamongan selain di asih jaya ini hehee … Yang jelas buat aku sendiri, soto ini enaaak banget dan karena itu pula papa mama selalu ngajak makannya disini terus tiap menglaju ke Surabaya. Pun kalau saya amati dari tahun ke tahun, depot ini tampak makin lebar dan makin megah saja. Hmmm ini juga pasti mengindikasikan bahwa depot ini pasti laris banget sampai bisa maju seperti ini. Dari dulunya cuma depot kecil nan nyempil, kini kalau diitung itung bisa ada ratusan kursi tersedia. Bahkan beberapa fasilitas juga mayan lengkap, seperti tempat sholat dan TV besar. Hmmm mungkin fasilitas ini disediakan karena memang banyak banget bus pariwisata dan juga orang orang yang dalam perjalanan dari arah jakarta ke surabaya yang mampir kesini baik untuk makan maupun untuk sekedar istirahat minum minum leyeh leyeh.

SEPERTI APA SIH SOTO LAMONGAN ASIH JAYA

Gerobak Soto

Aku sendiri suka soto Lamongan karena ada poyahnya hehehee… meski sampe sekarang aku masi ngga tau poyah itu dibuat dari apa, tapi yang jelas, soto lamongan tanpa tambahan poyah, itu seperti makan soto ngga ada garemnya. Dan asyiknya, poyah disini bisa diambil sesuka hati kita. Bahkan ngga jarang, saya sendiri bisa menghabiskan poyah setengah toples yang disediakan gratis di tiap tiap meja hehehee… untung papa mama kalau makan poyah ngga kalap seperti aku, jadinya resto ngga rugi ya hahaaa.. coba bayangkan kalau tiap orang makan poyahnya kayak aku, bisa habis 1/2 toples sendiri, aaahh rasanya ngga pakai lama, tuh poyah gratis akan ditarik dari peredaran hahahaa …

Kata orang sih, poyah itu terbuat dari krupuk udang yang dihancurkan. Tapi juga ada yang bilang kalau poyah itu dari campuran ebi dan macem macem… Ahhh ngga mau tau lah .. yang penting aku suka. Karena dengan ditambah poyah, kuah soto akan menjadi lebih kental dan gurih. Itulah mengapa tiap sesendok kuah yang aku ciduk dari mangkuk, akan kuberi 1/2 sendok poyah yang gurih.. nyaaammm … mangstab…

Oya … selain kesengsem sama poyahnya, yang membuat aku suka banget sama soto lamongan asih jaya ini adalah kuahnya yang seger banget. Hm .. tampilan soto lamongan asih jaya dengan soto lamongan yang pernah aku makan di Jakarta sih memang beda. Kalau di Jakarta, soto lamongan yang pernah aku makan, selalu memiliki warna kuah yang bening kuning menarik hati dengan aromanya kunyit yang khas sekali. Tapi di Asih Jaya ini, kuahnya tampak lebih keruh, bisa dibilang semacam kuah soto madura hehehe … tapi mungkin inilah yang bikin sedep mustajab.

Biasa, aku nya narsis dulu dong

Sempet sih nyari keterangan di inet kenapa kok di asih jaya sini kuahnya keruh??? Ternyata kata sumber inet tersebut yang merupakan mantu pemilik asih jaya, kuah keruh itu disebabkan adanya penambahan udang dan bandeng saat merebus kuah soto. Penambahan udang dan bandeng inilah disebut sebut yang membuat soto asih jaya terasa lebih gurih dan aromanya makin kuat dan mantab. Oooooo pantes yaaa … pantes enak sekali hehehee …

Oya sampe lupa … apa sih soto lamongan itu??? Soto lamongan itu adalah soto ayam yang isiannya sederhana banget. Cuma suwiran ayam kampung (kalau diasih jaya sini pake ayam kampung), telur rebus ama bihun. Udah sih gitu aja .. kalau mau ati ampelanya juga ada pesen pake nama spesial…

Yuuukk .. buat anda yang sedang melintas Lamongan, sempetkan lah ber wisata kuliner di Asih Jaya sini. Yakin deh, jika anda suka sesuatu yang segar segar berkuah, apalagi jika saat itu cuaca sedang hujan,… gggrrrr anda pasti akan langsung tergila gila oleh kenikmatan semangkuk soto lamongan ini. Depot ini buka dari jam 6 pagi sampe jam 12 malam loh .. jadi banyaklah kesempatan anda untuk bisa mampir kesini :p

Oya, tapi jika anda serombongan bukan semuanya suka soto, ngga usah kuatir kok. Karena ni resto sejak berkembang jadi besar seperti ini, menu nya kini ngga cuma ada soto, tapi juga ada Rawon, Gule, Nasi Goreng, Tahu Campur, Gado gado, bakso dan lain lain. Tapi maaf untuk menu selain soto, saya ngga pernah nyoba, jadi ngga bisa review. Soalnya tiap kesini saya ngga mau yang namanya ketinggalan nikmatnya nih soto hehehee …

Alamat Depot Asih Jaya : Pertokoan Lamongan Indah, Jl Panglima Sudirman Blok A4, Lamongan Jawa Timur. No Telpon : 0322 – 315853

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: