Sembalun Lawang – Lombok, Menyapa Keagungan Rumah Anak Langit

Dari sembalun jika kita meneruskan perjalanan ke Rinjani, pemandangan indah inilah yang akan kita jumpai ... yiheeeiii

Artikel ini merupakan kelanjutan dari kisah pengembaraan si Putera Lombok – Mo Maulana, di tanah kelahirannya. Jika sebelumnya kita telah membaca pengalaman seru `Mo` di Tanjung Ringgit (untuk lihat artikel sebelumnya, klik disini) maka sekarang dia akan mengajak anda menyapa keagungan rumah anak langit di Lombok … dimana kah ituuu??? Tentu di Sembalun Lawang 😀 berikut ceritanya :

Sembalun Lawang – Lombok

Sembalun Lawang adalah sebuah desa pada ketinggian 1.156 m di atas permukaan laut (dpl), di Kaki Utara Gunung Rinjani yang berketinggian  3.726m dpl. Kawasan ini memiliki hawa dingin dengan pemandangan khas pedesaan, yaitu hamparan sawah dan teduhnya hutan tropis yang seru untuk di telusuri. Lebih jauh, desa ini juga kelilingi oleh kemegahan tebing tebing batuan beku dengan kemiringan nyaris 90 derajat. Cantiiiiikkkk!!! Ini menurut saya yang menjadi 1 point plus dari desa Sembalun Lawang.

jalanan menuju ke sembalun lawang

Apa yang bisa kita lihat di desa Sembalun Lawang?

Menjelang memasuki desa iNI, pandangan mata akan dimanjakan dengan wujud Rinjani yang agung. Clear!!! alias jelas banget. Wujud utuh ke-gagah-an ciptaan Sang Maha. Sesekli, puncak Rinjani memang terselimuti oleh misteri, yaitu awam putih yang tebal menggulung. Namun jika misteri tersebut dibuka oleh peristiwa alam bernama tiupan angin, maka mahkota Gunung Berapi tertinggi kedua di Nusantara itu akan tampak jelas dengan bentuk sempurna lengkap dengan guratan guratan, laksana ukiran raksasa yang jauh lebih besar dari Kuil Phartenon di Athena.

Kehidupan yang alami

Dari posisi ini, bila kita membalikkan badan, akan terlihat batas cakrawala  yang terbentuk dari pertemuan laut dan langit yang seakan berpesan bahwa gunung, langit dan laut adalah kesatuan yang ‘tak dapat dipisahkan.

Sesampai di perkampungan, Kopi Susu dan Pisang Goreng olahan warga sekitar, akan menjadi pasangan yang tidak mungkin kita biarkan barang semenit di piring. Yup, aroma dan kehangatannya yang baru saja turun dari atas bara api tungku kayu itu jelas menyeruak tajam menerobos batas indera peciuman. Cuacanya dingin, gitu looh!!! Agghhhh … Nikmatnya Hidup ini!!!

Pemandangan indah selanjutnya yang akan kita lihat begitu sampai di perkampungan ini adalah, wow lihatlaaaah!!! Sekeliling kampung tampak dilindungi dinding batu raksasa, hasil pembekuan material yang dimuntahkan Rinjani selama ratusan tahun yang lalu.  Dinding-dining batuanberlapis lumut dan bermahkota rerumputan seakan menjaga  Sembalun Lawang selamanya. Bagi yang biasa hidup di Jakarta, dinding eksotis ini seakan menjadi pengganti dinding-dinding Mall, Perkantoran atau Apartemen di sepanjang Thamrin – Sudirman yang menjadi ‘penghalang’ pandangannya selama ini. So, selagi di area ini, hiruplah puas-puas udara segar sambil terus memandang ke sekeliling .

Dilain kesempatan, mungkin mata kita juga akan tertancap pada aktifitas pedesaan yang alami dan iklas dalam menjalani kehidupan yang sesungguhnya, yaitu bertani. Sebuah kegiatan vital yang menyangkut kebutuhan hajat hidup makluk sedunia. Tanpa orang orang seperti mereka, perut kita mungkin hanya akan terisi tanaman liar dan daging dagingan aja.

Dengan cara terasering, mereka menanam sayuran, menyiram dan kadang juga terlihat aktifitas mereka sedang memanggul pupuk organik alias kotoran hewan ke ladang tersebut. Hasilnya??? Tentu adalah ladang ladang yang penuh dengan sayuran segar sumringah yang melihatnya saja sudah ingin langsung dimakan hehehe … tampilan kesegaran yang cukup berbeda dengan sayur mayur yang ditanam di daerah berhawa panas dan berpolusi. Soal rasa sayuran disini??? Hm … jangan ditanya … rasa manis yang tertonjol dalam sayur ini benar benar alamaaaak …

Bagus untuk foto Prewedding

Aaaahhhh yaa … jika anda para pelancong memiliki kesempatan menginap di rumah penduduk barang semalam, sensasi melihat terbitnya Matahari di lereng timur akan menjadi obyek fotografi yang cantik selain lanskap yang memang sudah disediakan Yang Maha Kuasa untuk kita foto. Sungguh, mungkin pemandangan tersebut akan tersimpan tak hanya dalam memori kamera kita, namun juga dalam ingatan kita selama mungkin. Bila anda mau, bisa juga sedikit mendaki ke beberapa puncak tebing, untuk memperdalam teknik “mata burung”.

Bila waktu sudah menjelang siang, petualangan bisa diteruskan dengan bergabung bersama para petani beraktifitas, atau menepi ke lereng timur, menikmati udara yang lebih segar, berada diantara hutan lindung, penyimpan air bagi penduduk di wilayah yang lebih rendah, yang sampai sekarang belum banyak bisa memecahkan masalah kebutuhan air itu.

Mau merasakan mandi di pancuran air gunung yang asli, sejuk ? Silahkan … Atau perjalanan ini ingin dilanjutkan dengan mendaki ke puncak Rinjani… ?

Yaaa Sembalun Lawang ini juga salah satu pintu masuk memulai pendakian ke Puncak Rinjani. Makanya disini banyak porter handal yang siap mengantar ke Puncak Rinjani atau ke Danau Segara Anak. Mereka juga terkenal dengan kekuatan fisiknya dan kemampuannya menyiapkan masakan ala Pendaki bagi para pendaki. Merekalah anak-anak didikan langit, yang nalurinya telah menyatu dengan misteri Rinjani.

Biru langit dengan awan awan tebal ... jadi studio alam yang sempurna

Lokasi Sembalun Lawang bukanlah satu-satunya pintu masuk ke Puncak Rinjani. Ada lokasi lain seperti Senaru yang berada di bagian barat. Di Senaru, bagi wisatawan yang hanya ingin berjalan-jalan santai, bukan mendaki, juga ada beberapa obyek yang menarik, seperti tiga Air terjun : Sindang Gila, Tiu Kelep, Betara Lenjang.  Bagi pengunjung pertama, biasanya  Senaru dan Sembalun menjadi satu paket trip. Bila ditempuh dari Kota Mataram, salah satu lokasi yang menarik untuk dikunjungin adalah Pusuk, sebuah hutan lindung dengan kera – kera jinak yang biasa menarik wisatawan.

Kabar Gembira – Paket Liburan ke Lombok

Wah wah wah … tampaknya sangat menarik yach .. ngga cuma untuk berwisataseru aja, tapi tampaknya juga oke banget nih untuk foto foto prewedding … hoyaaaa … bagi yang tertarik untuk datang kemari dan ngga mau repot dengan segala urusan hotel, transport, makan dan lain lain dan juga butuh ditemani oleh guide profesional, baik yang mau datang secara perorangan maupun berkelompok, wisataseru bisa menfasilitasi loohhhh … untuk keterangan lebih lanjut email aja ke : [email protected] 🙂

Oya .. tentu saja tempat yang ditawarkan wisataseru terkait paket liburan Lombok ini bukan hanya ke Sembalun Lawang, melainkan keseluruh daerah di lombok sesuai dengan yang anda mau. Nanti wisataseru akan terus mempublish satu persatu lokasi tersebut dan anda tinggal memilih, ingin kemana saja dan nanti kami akan mengaturkan jadwal terbaik untuk anda supaya nggatertinggal moment moment alam yang ingin anda lihat.

Pengalaman oleh : Mo Maulana – geologist sekaligus putra Lombok yang sangat suka berwisata alam dan fotografi. Artikel ini diedit oleh : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




%d bloggers like this: