Resep Ayam Goreng Kremes Harum Kelapa

Ayam Goreng Kremes, yohaaaiiiii aku suka banget sama hidangan ini semenjak pertama kali mengenalnya saat SMA. Karena suka, tentunya bukan pertama kali ini saja aku mencoba untuk membuatnya, tapi udah cukup sering dan mayan banyak kegagalan yang kualami hahaaa… coba resep ini, kurang oke, resep itu mayan oke, resep itu rasanya gatot kaca, sampai dengan pokoknya banyak resep udah kucoba… dan banyak gagalnya sama sukses nya heheee… maksudnya gagal disini adalah rasanya itu loh yang kurang pas di lidahku.

Sampai suatu hari aku curhat dengan temanku yang pandai memasak. Dia kasih aku resep ayam goreng favorit keluarganya dan terus ketika aku amati, loohhhh resep ini ngga jauh beda dengan resep yang ada di buku masakan yang aku beli setahun silam tanpa pernah ku coba coba resep di dalamnya hahahaa… bukan apa apa … aku lupaaa kalau pernah beli buku itu dan kebetulan buku itu baru ketemu tak lama sebelum curhat dengan kawanku bernama Yuni Pamungkas ini.

Bedanya, resep kawanku hanyalah ayam goreng tanpa kremes. Nah dibuku berjudul “90 Menu ala Resto” keluaran Kompas Gramedia itu judulnya Ayam Kremes. Jiaaaahhh mata langsung ijo … kalau resep ini jadi favorit keluarga Yuni, berarti udah teruji dong kelezatannya.

Tanpa ragu ragu kulangsung membeli semua bahan yang dibutuhkan dan ciiiiiaaatttt ini dia resepnya kalau mau nyontek … asli enaaak banget … ayamnya ngga cuma memiliki asin yang pas sesuai dengan seleraku wong Jatim Rek iki … tapi juga aroma kelapa nya itu loohhh .. ngga nahaaaan … wangi beneeer … menggugah selera makan pokoknya.

 

RESEP AYAM KREMES
Bahan :
1 ekor ayam, potong 4 bagian
3 lembar daun salam
2 cm jahe, memarkan
4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek sobek
750 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa (aku pakai santan kalengan kental, 100ml + air 650ml)
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas
5 butir kemiri, sangrai
1 sdt merica bubuk
2 sdm ketumbar bubuk
5 sdt garam
2 sdt gula pasir
2 cm kencur

Bahan Kremesan (aduk rata) :
125 gram tepung beras (aku sekitar 200gram – jadi adonannya mayan kentel gitu)
25 gram tepung sagu (aku pakai tepung maizena)
1 kuning telur
3 tetes pewarna kuning (aku ganti dengan 1/4 sdt kunyit bubuk)
175 ml air
75 ml air sisa rebusan ayam
1 1/2 sdt garam

Bahan Sambal :
2 siung bawang putih, cincang kasar
6 butir bawang merah, cincang kasar
10 buah cabai merah keriting, cincang kasar
5 buah cabai rawit, cincang kasar
1 1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 1/2 sdt air jeruk nipis
100 gram minyak goreng untuk menumis

 

CARA MEMBUAT AYAM GORENG KREMES DAN SAMBALNYA
1. Rebus ayam, daun salam, jahe, daun jeruk, bumbu halus di dalam air santan sampai matang.

2. Setelah ayam empuk dan air rebusan tinggal sedikit, ambil kira kira 75 ml kuah rebusan ayam tersebut dan campurkan dengan bahan kremesan. Aduk sampai rata dengan kekentalan yang lumayan kental …

3. Sebelum menggoreng ayam, celupkan ayam ke dalam bahan kremesan dan baru masukkan dalam penggorengan yang sudah berisikan minyak panas dengan suhu api sedang atau jangan terlalu panas. Begitu warna sudah berubah, langsung angkat ayam dan tiriskan. Tips dari aku sih, jangan terlalu kering ya, nanti ayamnya jadi alot atau keras. Setengah basah itu justru lebih nikmat kok.

4. Sesi terakhir setelah semua ayam tergoreng sempurna, baru goreng sisa bahan kremesan sampai matang dan taburkan diatas ayam goreng. Nyaaam disajikan panas panas dengan lalap pastinya mantab sekali.

5. Membuat sambal : panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai keriting dan rawit sampai layu. Lalu tambahkan garam dan gula. Begitu sudah hampir matang, masukkan jeruk nipis, aduk lalu angkat dan sajikan di wadah sambal.

Selesaaaiiiii .. gampang kaaan … membuatnya juga gampang karena tinggal meracik lalu tinggal saja karena merebus biasanya butuh waktu sekitar 30-45 menit tergantung sudah empuk belumnya. Setelah itu tinggal digoreng deh

Thanks to Yuni Pamungkas 🙂 berkat kau, aku akhirnya mencoba resep ini dengan semangat 45 😀

————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: