Resep Ayam Goreng Kalasan Manis ala wisataseru

Untuk resep kali ini, maaf tidak dicantumkan sumber resepnya, karena memang ini asli catut resep sana sini dan sangat disesuaikan dengan kondisi bumbu yang ada di dapurku 😀 hahahaaa tapi rasanya sangat memuaskan bagi aku si penggemar manis … Yakin deh, buat anak anak, ayam ini di jamin disukai :p rasanya legit dengan aroma kecap yang harum semerbak … nyaaaammmm …

Penampakan Ayam usai direbus, tinggal menunggu waktu masuk wajan penggorengan

Untuk namanya sendiri “Ayam Goreng Kalasan” wkakakkaaa jujur aku udah lamaaaaa banget ngga makan ayam goreng kalasan … jujur sejujur jujurnya aku lupa rasa asli dari ayam kalasan itu sendiri. Tapi karena berbagai macam resep yang kucatut itu (ada sekitar 4 resep yang ku kolaborasikan) semuanya pakai nama ayam kalasan, yaaaa jadinya resep ini juga bernama ayam kalasan deh … ini dia langsung aja yach resepnya :

Bahan Membuat Ayam Goreng Kalasan Manis

4 sayap ayam dan 2 paha ayam bagian atas (hehehee yang ada dikulkas cuma bagian ayam yang ini sih, diganti dengan bagian lain tentu saja boleh hehehee)

1 buah jeruk nipis

600 cc/ml air

3 sdm gula merah

2 sdm kecap manis

1 sdm garam

Bumbu yang dihaluskan:

1/3 bawang bombay merah (semua resep sih pakai bawang merah sekitar 8 -12 biji, tapi karena disini ngga ada bawang merah, jadi aku pakai bawang bombay merah)

3 siung bawang putih ukuran besar/ gemuk

1 lembar daun salam

1/2 sdm jinten (masih biji, bukan bubuk)

Hasil akhir setelah di goreng … nyaaaam manis harum dan lezat

Cara Membuat :

Cuci bersih ayam yang sudah dipotong potong, lalu lumuri dengan air jeruk nipis. Lalu masukkan dalam panci yang sudah berisi semua bahan seperti ditulis diatas : mulai dari air, gula merah, kecap manis, garam, bawang merah, bawang putih, daun salam dan jinten. Rebus ayam sampai airnya menyusut nyaris kering … tapi jangan sampai kering ya, nanti pancinya gosong dan ayam lengket ke panci.

Lalu tiriskan ayam, oles daging ayam dengan sisa rebusan yang mengental hingga warna ayam agak mengkilat. Biarkan ayam hingga dingin atau setengah hangat baru kemudian di goreng dengan api sedang. Sungguh loh, apinya sedang saja, soalnya ayam ini kan pakai kecap, jadi kalau terlalu panas akan langsung gosong/ item … terus balik balik sebentar saja, jika dirasa sudah matang, langsung angkat dan sajikan panas panas.

Hehehee enaknya sih disajikan bersama nasi hangat, sambal dan lalapan. Nyaaaammmmm … hau jek sen cing ping 😀 alias enak gilaaaak!!! heheheee selamat mencobaaa yach

*Tips : supaya bumbu meresap ke daging ayam, kebiasaanku adalah ketika ayam masih dalam rebusan, aku tusuk tusuk dagingnya dengan garpu supaya bumbu turut menyelinap ke dalam serat serat daging … heheheee

————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-

 




%d bloggers like this: