Nostalgia Kriuk Garing Wangi Ayam Goreng Ny. Suharti

ayam goreng ny suharti kremes nya mantab

Aaaahhh siapa sih yang ngga kenal kebesaran nama Ayam Goreng Ny. Suharti??? Oh myyyy … pertama kali makan ayam ini adalah ketika saya masih kelas 4 sekolah dasar, di Surabaya bersama Papa Mama. Lokasinya lupa lupa inget :p kalau ga salah sih di daerah Gubeng – Surabaya. Yaaa maklum saya ini paling ngga perhatian sama yang namanya alamat dan lokasi, apalagi saat itu masih imut imut 😀

Sejak itu pula, tiap ke Surabaya, saya selalu minta Papa Mama untuk makan di Ny. Suharti tersebut, sampai akhirnya kelas 2 SMP saya pindah ke Jakarta daaaaannnn udah ngga pernah makan Ny. Suharti yang di Surabaya lagi. Tapi meski demikian, saya tetap melanjutkan selera lidah saya … heheheee baik sendirian maupun ketika pertama mulai jatuh cinta pada usia 17 tahun, sang pujaan yang kini sudah menjadi suami, sering kuajak kencan di Ny. Suharti Cilandak Jakarta Selatan. eheemmm ehem hehehe … yooo Ny. Suharti ini aslinya dari Jogja dan akhirnya punya cabang banyak sekali di kota kota besar di Indonesia khususnya pulau Jawa.

Oya … selain menjadi tempat PDKT dan kencan, Ayam Goreng Ny. Suharti juga sering kujadikan tempat untuk menjamu atau mentraktir teman. Semuaaaa yang diajak kemari pasti sumringah hahahaaa .. ada yang memang udah tau kelezatannya sehingga semangat banget untuk makan disana. Ada pula yang baru pertama kali makan dan langsung jatuh cintrong pada suapan pertama. Bahkan Ny. Suharti ternyata tak hanya cocok untuk lidah Indonesia khususnya orang Jawa, melainkan juga orang Jepang. Yupppp .. ketika bos suami (orang Jepang) datang ke Indonesia, saya usulkan untuk diajak makan di Ny. Suharti Cilandak sana … dan ahaiiii dia suka loh. Padahal secara selera lidah harusnya beda banget yaaaa masakan Jepang dan Suharti yang asin gurih. Tapi dia suka 🙂 Yokatta …

Seperti apa sih rasa Ayam Goreng Ny. Suharti?

Buat yang belum pernah makan ayam goreng Ny. Suharti, hmmm ngga ada salahnya untuk mencoba mampir ke Restaurant ini. Mengapa? Karena berpuluh – puluh kali kesini bersama dengan orang yang berbeda beda, ngga ada tuh yang kejadian mengecewakan bahkan kita semua selalu pulang dengan puas baik dalam urusan kantong mau pun lidah :p

Untuk rasa sendiri, ayam Suharti selalu menggunakan ayam kampung muda. Makanya jangan heran jika kesini, ayamnya lumayan mini ukurannya. Tapi justru karena size yang kecil itu lah yang akan membuat kita makin bergairah untuk menyantap … hehehe itu kalau saya sih, abis kalau liat ayam ukurannya gede kayak ayam fitnes, suka syerem makannya hehehee … Digoreng garing bagian luar, tapi begitu ayam terbelah, wooowww bagian dalamnya masih basah menggiurkan dengan aroma wangi yang semerbak.

Penggunaan ayam muda ini mungkin juga bukan sembarang spekulasi, melainkan ayam yang masih muda tentunya memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuks. Nah, ayam muda kemudian berkolaborasi dengan bumbu yang gurih abis, lengkap dengan kremesnya yang ambooooooo bikin saya ketagihan gilaaa …

Yup .. buat aku, kremesan Ny. Suharti ini adalah kremesan ayam terenak di dunia 😀 lebay sih terdengarnya hahahaa tapi itulah kenyataannya. Sampai sampai jika makan disini, saya selalu beli kremesannya sendiri dalam porsi terpisah. Yup .. resto ini memang menjual kremes bagi mereka yang mau nambah nambah kremes. Hohoooo padahal kremes yang ada pada ayam sendiri sebetulnya jumlahnya sudah berlimpah – tuh lihat fotonya, banyak kan kremesnya. Tapi karena biasanya orang orang yang saya ajak makan juga pada suka kremesnya, jadi saya pesen sendiri deh hehee biar puaaaas makannya.

gado gado suharti

Kremesnya ini memiliki rasa asin gurih yang khas .. mungkin gurihnya ini di dapat dari bumbu kemiri yaa .. tapi kurang tau juga hehee maklum lidah saya bukanlah perasa bumbu yang baik, melainkan hanya sekedar penikmat hidangan lezat hihihiii … oya selain rasanya yang muantab mustajab, harga yang ditawarkan juga sesuai dengan rasa yang ditawarkan, seekor ayamnya Rp. 94.600 an

Nah kalau udah pesen ayam, pasangan idealnya tentu cah kangkung dan tempe tahu bacem. Yup ayam yang asin tentunya pas berkolaborasi dengan tahu tempe bacem yang manis 🙂 Kalau mau divariasi, pesen gado gado atau karedok disini juga nendang rasanya. Bumbu kacangnya, lembut. Oke sekian review tentang ayam goreng Ny. Suharti. Review ini sendiri bukan untuk pemberitahuan resto, karena sudah banyak yang tahu tentang kelezatan Suharti, melainkan hanya sekedar nostalgia saya dengan kerinduan menyantap ayam kremes nan renyah tersebut saja.

Alamat Ayam Goreng Ny. Suharti : Jl. Raya Cilandak KKO No. 3 Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 021-7805605

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: