Kuliner selama Perjalanan dari Tuban ke Purwokerto (Pati – Semarang) Jawa Tengah

November 9th, 2011 by · No Comments

Papa dan Jisen, Makan Ayam Goreng dan Bakar Kembang Joyo dengan Lapahnya

Hari itu sangat cerah, saya dan orang tua juga saudara, pergi dari Tuban hendak menuju ke Purwokerto. Hmmm perjalanan yang cukup panjang pastinya. Maka ngga heran, sebagai pelancong keluarga, kami pun sering mampir makan makan hehehee … pagi buta kami memulai perjalanan dari Tuban Jawa Timur, dan begitu sampai di Pati Jawa Tengah, ayam dalam perut sudah mulai berkokok kukuruyuuuuukkkkk krucuk krucuk krucuk … “Sarapan ayam di Kembang Joyo saja yuk, ayamnya enak”, kata papa meminta persetujuan yang langsung diamini oleh seluruh penumpang mobil.

Yup .. kami memang tak pernah meragukan selera lidah papa dan terbuktilah sudah. Ayam Goreng dan Bakar yang ada di Kembang Joyo sini asli enak. Ayamnya sih sederhana ya, bentuk ayam gitu hahahaaa mau bentuk apa lagi. Dari model modelnya dan rasanya sih, ayam yang digunakan adalah ayam kampuang. Kemudian kulitnya maknyuuusss … dan untuk rasa sendiri, terlihat bumbunya sederhana, sesederhana penampilannya. Tapi justru karena bumbu yang sederhana inilah, rasanya jadi so tradisional yang ngangenin. Yaaa jika anda lewat Pati, resto ini cukup rekomendasi untuk disinggahi. Yuk Mariiii …

Ayam Goreng Kembang Joyo

Untuk harga, 1 ekor ayam goreng utuh dibandrol Rp. 55.000, sedangkan untuk harga perpotongnya adalah Rp. 11.500. Untuk ayam bakarnya, seekornya dihargai Rp. 60.000 dan perpotongnya Rp. 12.500. Oya selain ayam goreng dan bakar disini juga jual beberapa hidangan chinese food, seafood dan sop buntut. Tapi karena promosinya papa adalah ayam goreng dan bakar, makanya tak ada 1 pun dari kami yang memesan diluar ayam ayaman ini hehehee … Nyaaam kenyaaang dan kami pun melanjutkan perjalanan.

Sampai di Semarang, Papa pun kembali memberikan penawaran, “Ada yang mau nyemil nyemil ngga???? Kalau laper disini ada warung pempek. Ini paling populer di Semarang”. Pempeeeek??? Jiaaah kalau camilan yang satu ini, menurut aku sih ngga perlu populer atau ngga, pempek 1000 an aja yang di gotong sama penjaja keliling aku doyan hahahahaaa … aku mayan maniak pempek neeeh. “Mauuuuuuuuuuuuuuuuu”.

Begitu kami selesai makan, waaahhh pengunjung pada berdatangan dan kursi yang di foto terlihat kosong, langsung penuh sesaaak .. syukur kami datang tepat waktu sebelum jam istirahat kantor tiba

Meluncurlah mobil ke arah Jl. Gajah Mada, nah lokasinya ada di pertigaan jalan Gajah Mada situ, sekitar 5 meter an dari toko buah buahan kalau ga salah inget namanya Istana Buah.  Ciiittttt … kiri kiri yaaaa teruuusss kanan puter dikit, yaaa luruuusss… stooooop!!!

“Pempek Kapal Selam 5″, kata papa pada penjual pempek yang tengah sibuk melayani pelanggan. Waktu saya datang sih ngga terlalu begitu ramai, tuh seperti terlihat pada foto. Masih ada beberapa bangku kosong. Tapiiiii wow, pas banget. Begitu kami selesai makan, ternyata mungkin jam istirahat kantor sudah mulai. Ya ampyuuuunnn terjadilah antrean. Selain semua bangku terisi rapat oleh manusia, masih ada juga yang rela berdiri menunggu giliran makan. Eheeem, .. untung deh kita datangnya tepat waktu. Jadi ngga perlu mengantri.

Kata papa, banyak orang Semarang bilang, kalau pempek disini sangat Palembang sekali. Tapiiii kalau menurut aku sih yaaa … ngga terlalu Palembang lah yaaa … Mengapa??? Karena pempek di Palembang sendiri juga tiap resto rasanya ngga mesti sama kok hiihhiiii … Yaaaaa yang jelas jika aku rasa rasain, pempek yang asli Palembang itu cuko nya lebih legit mengigit. Warna kuahnya lebih hitam menggeliat karena memang gula merah asli Palembang itu lebih agak kehitaman dan padat rasanya. Tapi asli kuah yang ini pun sangat segar dan bikin nagih merem melek, apalagi ada ebinya yang berjumlah melimpah dan membuat kuah jadi lebih harum gurih dan liat. Nyaaammm jadi pengen pempek gajah mada ni.

Pempek yang enyaaak .. gurih aroma ebi yang sedaaap dan pempeknya juga berasa ikannya

Yaaa secara keseluruhan pempek disini oke kok :p hahhaaa secara aku memang penggemar berat pempek. Enak ga enak ya disikaaat … apalagi ini rasanya memang cukup mewakili … ya sikaaaattt abiiiss … Ummm kalau disuruh ngasih rate pakai jari tangan, aku kasih nilai 8 lah untuk pempek ini. Karena, ikannya memang cukup terasa dan gurihnya aku suka. Kemudian cuko nya pun bisa dibilang segar. Hm … untuk sekelas warung kaki lima, kualitas dan harga yang ditawarkan memang patut diacungi jempol :) Bahkan bisa kubilang, rasa yang disajikan lebih memuaskan dari beberapa depot yang sering menjual pempek dengan rasa seadanya banget :p Jadiiiii jika anda sedang di Semarang dan tiba tiba pengen makan pempek, datanglah ke warung rekomendasinya papa ini :)

Nah, setelah selesai makan pempek, papa memberi tawaran lagi, “Purwokerto masih jauh nih. Mau beli roti buat bekel di mobil ngga??? Setelah keluar dari Semarang udah jarang warung / resto yang enak nih”. Lagi lagi kami, “Mauuuuuuuuuu”. Papa lalu membawa kami menuju ke Linda Bakery di Jl. Jendral Sutoyo. Linda Bakery ini adalah salah satu toko roti terkenal di Semarang. Banyak blog juga yang merekomendasikan toko roti ini untuk dikunjungi.

Aneka Tart yang cantik

Ahaiiii papaku kok fasih sekali ya daerah Semarang??? Orang Semarang kah??? Ooowww bukan, tapi pekerjaan papa dulu memang sering membuat papa harus ke Semarang. Hmmm bukan sering lagi, hampir seminggu 3 hari papa pasti ke Semarang. Hmmm pantes papa hafal betul tempat tempat yang enak. Sayang, kami cuma lewat saja. Coba kalau kami tinggal barang berapa hari, kurasa papa akan membuat kami gendut dalam sekejap hahahaaa…. karena papa bilang masih buanyaaak kuliner enak di Semarang.

Sampai di Linda Bakery, woooww disana terdapat beraneka macam kue, tart dan ice cream yang di display menarik. Bentuk roti rotinya lucu lucu dan tampaknya lezaaaaaattt … Kami pun memborong sekotak berisi aneka macam roti. Sampai di mobil, langsung deh makan lagi hahahaaa … rotinya empuks dan memang enak.  Hm .. itulah pengalamanku ber wisata kuliner selama perjalanan dari Tuban ke Purwokerto. Lebih lanjut, baca terus kisah kisahku diwisataseru ya hehehee … cu…

Bayar bayaaaar ...

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

Alamat wisata kuliner :

Rumah Makan Kembang Joyo, Jl Pemuda no 278 Pati Jawa Tengah, Telp 0295 381532

Linda Bakery – Jl. Jendral Sutoyo 85 – 87, Semarang. Telp 024 – 8313545

Pempek Palembang Cek Ming -Jalan Seteran Depan Untag Akaba Semarang -Pertigaan Jalan Gajahmada & Istana Buah -Telp 024.7608720. Jam buka : 12.00 – malam

Artikel Terkait

Categories: Jawa Tengah · Semarang · Wisata Kuliner

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment