Resep Steamed / Tim Ikan Hong Kong

resep-steam-ikan-hongkong

Ini merupakan resep mujizat. Bahannya simple, tapi rasanya ngga kalah dengan steam Hong Kong di restaurant restaurant bintang. Kuncinya adalah terletak pada penggunaan kecap asin yang pas. Pertama kali mencoba, rasanya aneh, karena kecap asinnya kurang pas. Kemudian saya membeli 4 macam kecap asin dengan merek yang berbeda-beda, baru akhirnya menemukan kecap asin yang sesuai selera saya.
*selera tiap orang bisa berbeda beda.

Untuk itu anda mungkin bisa mengganti merek kecap asin-nya yang sesuai selera anda. Yang ada di resep saya ini kebetulan adalah merek yang saya rasa paling tepat di lidah saya. Dan supaya tidak lupa maka saya cantumkan disini.

steamer yang aku gunakan

Bahan :
1 Ikan Segar (Ikan Krapu, Ikan Malas, Ikan Kakak Tua, Ikan Gurame, Ikan Nila)
2 ruas jahe (di potong korek api)
2 batang daun bawang di iris lebar lebar
5 lembar daun ketumbar (boleh diganti seledri)
3 sdm minyak goreng

Saus:
3,5 sdm shouyu merek kikkoman atau kecap asin merek Lee Kum Kee Premium
1/2 sdt kaldu ayam bubuk
50 ml air putih
1,5 sdt gula pasir

Cara membuat:

1. Ikan : Potong Ikan model butterfly atau dibelah 2, bersihkan ikan dengan air mengucur. Kemudian letakkan ikan pada wadah. Selanjutnya, beri setengah resep jahe dan potongan bawang di bawah ikan dan di lipatan lipatan ikan plus tambahan daun ketumbar diatas ikan. Lalu masukkan ikan ke dalam kukusan / steamer kira kira 15-20 menit

2. Setelah ikan matang, bersihkan ikan dari daun dan jahe, kemudian buang air yang ada di wadah. Pindahkan ikan ke piring saji dan percantik dengan sisa irisan jahe, daun bawang dan ketumbar untuk garnis. Setelah itu buat sausnya.

3. Saus : Campurkan shouyu/kecap asin, kaldu ayam bubuk dan air, juga gula. Aduk rata kemudian rebus sampai mendidih. Dalam keadaan panas langsung siramkan ke ikan yan sudah ditata di piring saji. Kemudian langsung panaskan minyak goreng, begitu panas langsung siramkan juga ke atas ikan. Jangan kaget, ketika minyak panas ini mengenai ikan, akan langsung terdengar bunyi ceeesssss yang merdu sekali. Tak lama setelah suara ini terdengar, maka keseluruhan aroma harum steam ikan ini akan membuat anda tak tahan untuk segera menyantapnya .

(dibawah ini adalah penampakan ikan usai di steam, mengeluarkan banyak air. Airnya ini dibuang)

resep-steam-ikan-hong kong

Resep ini saya dapat dari http://foodloverscreations.blogspot.com – makasih ya untuk resepnya yang luar baisa.

————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-