Resep Steamed / Tim Ikan Hong Kong

October 29th, 2011 by · 17 Comments

resep steak ikan hongkong

< ![endif]–>

Ini merupakan resep mujizat. Bahannya simple banget, tapi rasanya ngga kalah dengan steam Hong Kong di restaurant restaurant bintang. Kuncinya adalah terletak pada penggunaan kecap asin yang pas. Pertama kali mencoba, rasanya aneh, karena kecap asinnya kurang pas. Kemudian saya membeli 4 macam kecap asin dengan merek yang berbeda-beda, baru akhirnya menemukan kecap asin yang sesuai selera saya.

*selera tiap orang bisa berbeda beda. Untuk itu anda mungkin bisa mengganti merek kecap asin-nya yang sesuai selera anda. oyaaa hehee maaf fotonya ngga menggiurkan banget hohoooo— maklum belum bisa menata makanan yang indah buat di foto hiks

Bahan :

1 Ikan Segar (Ikan Krapu, Ikan Malas, Ikan Kakak Tua, Ikan Gurame, Ikan Nila)

1 ruas jahe (diparut)

1 ruas jahe (di potong korek api)

2 batang daun bawang di iris lebar lebar

5 lembar daun ketumbar (boleh diganti seledri)

3 sdm minyak goreng / olive oli juga oke

1 buah jeruk nipis

Saus:

3,5 sdm shouyu merek kikkoman / kecap asin merek Lee Kum Kee (yang light)

1/2 sdt kaldu ayam bubuk

50 ml air putih

1,5 sdt gula pasir

Cara membuat:

1. Ikan : Potong Ikan model butterfly atau dibelah 2, bersihkan ikan dengan air mengucur. Kemudian letakkan ikan pada wadah. Lalu peras jeruk nipis dan lumurkan pada seluruh bagian ikan. Selanjutnya, oleskan jahe yang telah diparut keseluruh bagian ikan juga dan terakhir adalah taburkan setengah resep potongan daun bawang dan beberapa lembar daun ketumbar. Selesai, tinggal masukkan ikan ke dalam kukusan / steamer kira kira 15-20 menit

2. Setelah ikan matang, bersihkan dan buang air yang ada di wadah. Pindahkan ikan ke piring saji dan percantik dengan irisan jahe, daun bawang dan ketumbar untuk garnis. Setelah itu buat sausnya.

3. Saus : Campurkan shouyu/kecap asin, kaldu ayam bubuk dan air, juga gula. Aduk rata kemudian rebus sampai mendidih. Dalam keadaan panas langsung siramkan ke ikan yan sudah ditata di piring saji. Kemudian langsung panaskan minyak goreng, begitu panas langsung siramkan juga ke atas ikan. Jangan kaget, ketika minyak panas ini mengenai ikan, akan langsung terdengar bunyi ceeesssss yang merdu sekali. Tak lama setelah suara ini terdengar, maka keseluruhan aroma harum steam ikan ini akan membuat anda tak tahan untuk segera menyantapnya .

resep steam ikan hongkong

Resep ini saya dapat dari http://foodloverscreations.blogspot.com (maaf kalau ada sedikit modif, menyesuaikan dengan bahan)

Dimodifikasi dikiiit dan dimasak ulang oleh : Catur Guna Yuyun Angkadjaja

 

 

Artikel Terkait

Categories: Resep & Tips Kuliner · Resep Menu Utama

17 responses so far ↓

  • 1 Pak Tani // Nov 6, 2011 at 4:29 pm

    Lezatnya tim ikan hongkong.

  • 2 caturguna // Nov 7, 2011 at 9:48 pm

    @Pak Tani : betuuulll lezat sekaleeee :) meski masih lebih lezat kalau makan di The Duck King atau Everfresh Fish Market di Pejompongan, tapiiii resep ini cukup mantaaaabbb dan rekomendasi untuk dicoba …

  • 3 martina // Oct 5, 2012 at 10:31 am

    sehat ini koyoke

  • 4 caturguna // Oct 6, 2012 at 9:00 am

    @martina : selain sehat juga enak dan gampang heheee… kecap asinnya pake yang ringan ciong .. kalau kecap asin yang berat, kurang enak … aku waktu tu pake shoyu jepang yang ringan n yang lee kum kee ya enak koyoke :p yang lee kum kee itu kan ringan, tapi aku belum pernah nyoba

  • 5 reinnitha // Oct 6, 2012 at 1:56 pm

    Mas ijin copas, ak juga uda coba loh, uenak tenan, mantap ^_^

  • 6 candra // Oct 27, 2012 at 1:11 pm

    klo di masak pake slow cooker bisa gaa yaaa? brapa lama kah

  • 7 caturguna // Oct 29, 2012 at 12:36 am

    @candra : ixixixxixiix maaf aku rada ndeso, slow cooker itu apa ya

  • 8 Anne // Dec 29, 2012 at 6:44 am

    Mau nyoba ahh… Kira2 kikkoman bisa dihsnti sama kecap lain engga yaaa?

  • 9 meimei // Apr 9, 2013 at 10:56 am

    steamer standar yang ada di Indo itu yg kaya apa yah?

  • 10 meimei // Apr 9, 2013 at 10:58 am

    dan klo steam itu kan kukus yah, klo kukus itu kan berarti gak ada airnya? terus air bumbu nya diatro dibawahnya gitu? hahaha gak ngarti :(

  • 11 caturguna // Apr 30, 2013 at 5:06 am

    @anne : bisaaa diganti yang lain, tapi tentu rasanya beda
    @mei mei : hehee pake panci biasa bisa kok .. panci kukus yang ada saringannya gitu …. bumbunya ditaruh dipiring bareng ikannya

  • 12 romyyani // Feb 12, 2014 at 11:02 am

    mau donk

  • 13 caturguna // Feb 19, 2014 at 4:06 pm

    @romyyani ; monggo di cobi ;)

  • 14 Bintari Wuryaningsih // Mar 13, 2014 at 4:10 am

    Makasih resepnya Mas Catur, sgt sehat dan bermanfaat buat yg lagi diet spt saya :-)

  • 15 caturguna // Mar 21, 2014 at 6:07 am

    sama sama :) semoga sukses lancar dietnya hehee :p oya saya wanita hehehee — tapi ngga papa, mb bintari, orang ke 1000 yang manggil saya mas :p memang namanya kayak cowo hehee

  • 16 musrita // Apr 3, 2014 at 5:21 pm

    1 ekor ikan itu kira2 beratnya berapa mba?

  • 17 caturguna // Apr 8, 2014 at 12:53 pm

    um aku sih sesuaian ama steamer aja hehee biasanya 500 gram yah — ukuran sedang untuk 2 orang

Leave a Comment