Resep Lumpia Nanas Saus Strawberry

lumpia nanas saus strawberry ku

Resep ini muncul secara mendadak karena terpaksa. Sementara di kulkas cuma ada nanas, strawberry dan kulit lumpia dan pangsit. Namun, ternyata resep dadakan ini, disukai oleh semua teman yang mencoba termasuk suami. Bahkan saus strawberrynya sampai dikorek korek oleh teman saya hingga licin.

Bahan Lumpia Nanas

1/2 buah nanas kupas bersihkan lalu cacah kasar
7 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
kulit lumpia (pakai kulit pangsit juga bisa, tapi lebih enak kulit lumpia)

cara membuat : Masukkan nanas yang sudah dicacah kasar dalam mangkuk dan beri gula pasir, aduk sampai rata. Kemudian letakkan 1 sendok nanas di atas kulit lumpia lalu gulung dan masak dengan minyak berlimpah sampai berwarna kekuning kuningan. Angkat dan lumpia pun siap dihidangkan bersama saus strawberry

Bahan Saus Strawberry

10 buah strawberry matang di tumbuk halus / kasar dikit gpp (jangan blender – rasanya berbeda)
1 sachet/ 1 sdm susu kental manis
3 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)
air putih sedikit saja (kira kira 10 sendok makan untuk 10 strawberry)

cara membuat : masukkan strawberry yang sudah ditumbuk hingga hancur ke teflon, beri air, gula dan susu kental manis. Didihkan sampai matang (muncul letupan letupan) angka dan biarkan dingin. Ketika dingin maka saus tersebut akan mengental dengan sendirinya.

*Tips supaya nanas tidak gatal ketika dimakan : Kupas nanas, kemudian bersihkan nanas dari mata mata yang ada. Jika masih tertinggal dikuatirkan mata ini akan membuat tenggorokan menjadi gatal ketika memakannya. Setelah yakin bersih, balur nanas dengan garam, gosok gosok, tak usah terlalu lama (nanti asin kan gak lucu), lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih.

resep lumpia nanas saus strawberry

Komentar dari teman potluck :

β€œEnak banget”

“Wah nyun dapet ide dari mana nih … biasanya kan nanasnya di buat selai, ternyata kalau masih bentuk buah gini jauh lebih enak yaaa, lebih kerasa”

“Masih ada lagi ngga??? Mau dong”

Hehehee jadi GR —Β  selamat mencoba yah —

penulis dan tukang masaknya : catur guna yuyun angkadjaja – Jakarta




%d bloggers like this: