Gudeg Kering Yu Djum yang bikin Bibir jadi basah alias Ngiler ser ser

Warung yang selalu rame - ini suasana yang di wijilan

Satu lagi foto jadul yang baru sempet nulis ulasannya heheee … Suwer ewer ewer saat nulis ini, aku sedang memuncak keinginannya untuk makan gudeg. Entahlah .. padahal foto yang barusan pixelnya kukecilkan ini sama sekali ngga ada bagus bagusnya .. maklum motret dalam kondisi buru2 disertai dengan hanya pake HP berpixel rendahan, hasilnya pun beginilah hahaa apa adanya … Tapiiii kok ngeliat foto ini bisa bikin aku ngiler ya???? (ups revisi hehee karena akhirnya aku sempet kesini lagi di tahun 2012 dan motret pake kamera beneran hehe tuh hasilnya ada dibagian bawah artikel ini)

Lagi lagi … entahlah .. tapi ketika ngeliat foto ini, indera penciuman dan perasaku seolah melanglang jauh ke Jogja – hiks sedihnya karena kenyataannya aku sedang di Jepang yang bahkan ngga ada material untuk ngebuat gudeg … oowwwhhhh noooo!!!! Jujur pula, aku baru sekali itu aja makan di Gudeg Yu Djum Jogja, tapi sekali kalinya itu, membuat aku yang sebelumnya ngga suka gudeg, jadi tergila gila .. alhasil usai bertugas di jogja dan balik ke Jakarta, saat itu aku langsung maniak gudeg dan nyaris tiap pagi makan gudeg yang dijual di bawah stasiun gondangdia jakarta. Jiaaaahhh hahaa kalau untuk gudeg dibawah stasiun ini jangan dibandingkan dengan gudegnya yu djum yaaa… ini cuma sebagai gambaran, kalau aku langsung jadi maniak gudeg gara gara yu Djum …

Bersama Rekan Agus, saya menuju ke Jogja

Apa sih kelezatan gudeg yu djum??

Nih saya bagi ceritanya yach … Hari itu, aku bersama rekan agus sukarno kebagian tugas untuk meliput karnaval apa gitu di jogja 😀 lupa euy ,.. ngga dicatet dan udah lama pula … tahun 2009 kalau ga salah. Nah kebetulan si agus pagi itu pengen banget makan gudeg … “Yun nggudeg yuk … “. “wah gus kamu sendiri aja deh, aku ngga doyan gudeg”, “wis to melu wae, gudeg e enak banget iki” .. begitulah kira kira percakapan kami dan okelah, sebagai partner yang baik, kutemani dia ke warung yang dia sebut enak itu. Yu Djum.

“Wuiits rame banget gus”. “Enak yo rame nyun. Arep pirang porsi?” kata agus dengan logat jawa timurnya. “Siji wae gus, nyoba wae” balasku pake bahasa jatim juga. Sampailah seporsi gudeg di hadapanku dan 2 porsi gudeg di hadapan agus. Waaawwwwww gigitan pertama yang ngga akan kulupakan!!!! Aje gileeee enak banget. Ayamnya empuk banget dengan rasa manis yang meresap sampe keseluruh bagian ayam … aduuuuuhhhhh mak nyaaaa… tak terasa seporsi gudeg habis kulahap dan aku mesen satu lagi … hihihii si agus cuma mesem mesem sambil bilang, “katanya ngga doyan” …

Jiaahhahaaa .. aku ketagihan … gudeg ini bener bener maknyoooosss dimakan bersama dengan kerupuk kampung yang putih itu … aje gileee .. kerupuk habis tak terkira jumlahnya .. entahlah .. untuk harga aku lupa .. yang jelas murah banget … banget banget banget … sangat murah dibanding rasa yang ditawarkan.

Banyak bener yang ngebungkus dibawa pulang = ini yang diwijilan juga

Ngga salah, penggemar yu Djum ini buanyak banget … selain antrian yang membludak, juga banyak sekali orang yang beli dibungkus … Tapi hebatnya, saking sudah biasanya, mereka cepat sekali membungkusnya … wet wet wet dan jadilah sudah 10 kotak dan seterusnya … Pelanggannya pun ternyata ngga cuma orang Jogja, tapi sampai manca kota hehehee … alias buanyak orang yang dari luar kota selalu mampir kesini. Yaaa seperti si agus rekan aku ini.

gudeg nya kering manis pedas tipis

Oyaa kalau dilihat gudeg nya agak beda yach … dia ngga berkuah seperti gudeg yang banyak beredar dipasaran. Yup inilah yang namanya gudeg kering… Jadi gudeg kering itu adalah gudeg yang dimasak sampe airnya sat/ habis. Makanya, gimana bumbunya ngga meresap dan ayamnya empuk??? wong direbusnya sampe airnya kering hehehe … okeee pokoknya kalau ke jogja jangan dilewatin yach acara kuliner ke gudeg yu djum 😀

kiri : suasana gudeg yu djum yang deket bandara ... kanan : saya dan babyku hehehe dari belum nikah sampe dah punya anak, masih aja mampir yu djum kalau ke jogja

Um tapi kalau boleh bersuara nih ya .. gudeg yang di wijilan sama yang di deket bandara sini rasanya kok agak lain yah hehee …. apa karena dah lama ngga makan terus aku lupa rasanya, atau memang lain??? monggo pembaca yang juga pernah makan, ikut komentar yak …

Alamat Gudeg Yu Djum Jogja ada beberapa tempat, pusatnya, di Jl Wijilan No 31. Atau alamat lainnya ada di :

Jl Kaliurang Km 4,5 Karang asem CT III/22 Yogyakarta 55281 Telp (0274) 515968
Jl. Kaliurang Km 4,5 Gg. Srikaton No. 2 Yogyakarta 55281 Telp (0274) 7830505

penulis : catur guna yuyun angkadjaja




%d bloggers like this: