Kura Sushi, Garing Tempura-nya Membuatku tak ingin Berhenti Makan

Sebelum Kura Sushi, wisataseru pernah juga mengupas KAITEN ZUSHI (105 yen) lainnya yang ada di Jepang, yaitu Kappa Sushi. Naaah setelah mencoba mencibi, ini dia kupasan seru yang dipersembahkan bagi pembaca setia wisataseru πŸ˜€ cekidotin teyuuusss yaa …

Kaiten Zushi (105 yen) Murah Meriah

Kura sushi ini adalah sebuah kaiten zushi (105 yen) yang memiliki beberapa cabang di seluruh Jepang. Oya mungkin beberapa pembaca akan bertanya tanya, itu apa sih maksudnya yang di dalam tanda kurung (105 Yen). Yup … itu artinya, resto kaiten suzhi yang seluruh menunya rata rata di kasih harga 105 yen perporsinya (1 yen kurang lebih 107 rupiah).

Secara yang saya tau, di Jepang ada 4 resto kaiten zushi yang mematok tarif makanan dengan harga rata rata 105 yen ini, yaitu Kura sushi, Kappa sushi, Genki sushi dan Akindo Sushiro. Mereka rata rata adalah resto yang memiliki banyak cabang di seluruh Jepang. Jadi jika ingin menikmati sushi murah meriah ini, ngga usah bingung “Weewwww itu di kota manaaa???’. Yup, karena nyaris di semua kota, ada cabangnya kok. Jadi tinggal tanya penduduk lokal aja, apakah dikota yang anda kunjungi tersebut, ada kaiten zushi atau ngga, kalau ada dimana. Selesai πŸ˜€ Jadi tak usah jauh jauh berpindah kota hanya untuk menikmati sushi murah meriah ini.

Namun meski murah meriah, breeeewww jangan dianggap remeh soal rasa. Jika dibandingkan dengan Indonesia, tentu rasanya berbeda. Apalagi jika anda membandingkan harga dan kualitasnya … dong dong dong … di Indonesia jelas ngga ada sushi dengan harga 11000 rupiah/ porsi dong …. Jika pun ada, banyak nasi dibanding dagingnya πŸ˜€ Sampai sampai yang ketelen cuma rasa nasi cuka aja. Daging ikannya sama sekali ngga nyenggol lidah. (Hal ini tentu karena di Indonesia bahan dasarnya udah mahal. Sedangkan di Jepang harga bahan dasarnya, relatif jauh lebih murah dibanding Indonesia, pun karena merupakan produk lokal, jadi rasanya tentu lebih segar dibanding Indonesia yang harus terlebih dahulu import)

Tapi di kaiten sushi di Jepang, dengan harga tersebut, lihaaaatlah hidangan yang tersaji, ikannya berukuran lebih besar daripada nasinya. Itupun irisan lauknya, gendut πŸ˜€ Jadi pas digigit berasa dong aroma lauk dan gurihnya πŸ˜€ nyaaam nyaaam … Murah Meriah Kenyang Puas dan Rasanya udah pasti Enak … Hohoooo .. makanya ngga heran, jika orang Jepang sendiri sangat menyukai kaiten sushi. Yaaa dibanding harus masak sendiri di rumah, udah repot belanja, repot gulung gulung sushi, beresin meja makan cuci piring dan rasanya pun belum tentu sejelas di resto … hehehe yaaa mending beli ajah … sooo resto resto kaiten sushi ini, kalau jam makan, jiaaaaahhhh ngga Kura sushi, ngga Kappa sushi dan yang lain lain, dijamin ngantriiii cui….

Menu di Kura Sushi

Jika saya melihat dan membandingkan dengan Kappa Sushi, Menu yang tersedia nyaris sama. Bedanya, di kura sushi lebih banyak terdapat sushi dengan tipikal gorengan atau bahasa jepangnya, tempura. Yuppp .. jika di Kappa Sushi, hanya terdapat beberapa biji menu saja yang melibatkan minyak goreng panas tersebut, di Kura Sushi ada cukup banyak variasi, mulai dari cumi goreng, gurita goreng, udang goreng dan lain lain yang digoreng.

Dan rasanya??? breeewewwwww jangan ditanya cing … enak buangeeeet!!! Sampai sekarang saya masih penasaran, gimana yaaa caranya tuh resto mengolah tepungnya??? Kok bisa gitu loh, garingnya itu sempurna. Ngga ada jejak minyak berlebihan alias garing dan pas dimakan itu kemriyek banget. Soooo … secara keseluruhan kesimpulan saya adalah, jika anda penikmat sushi dengan topping gorengan, datanglah ke resto Kura Sushi.

Tapiii jika anda lebih suka yang segar segar mentah. Mungkin Kappa Sushi akan lebih nendang. Kenapa??? Karena daging di Kappa Sushi lebih tebal hehee … Jadi bisa dibayang dong, daging mentah itu kan gurih seger banget dan kalau ukurannya lebih tebal kan lebih gurih pas digigitnya. Saripatinya pun lebih kerasa πŸ˜€

Kura Sushi, Pioneer of introducing touch panel ordering system

Seperti di Kappa Sushi yang pernah di bahas di artikel sebelumnya, Kura Sushi juga menggunakan sistem order dengan menggunakan komputer layar sentuh. Di sebut sebut sih, kura sushi ini adalah resto kaiten zushi yang pertama kali menggunakan teknologi ini. TapiiiiΒ  buat yang ngga ngerti bahasa Jepang dan akhirnya jadi bingung gimana tuh cara pakenya, mbok ya nda usah kuatir hehee.. karena kaiten zushi sendiri kan artinya resto dengan teknik conveyor belt. Ummm istilah Indonesianya apa yaaah, ban berputar kali yaa …

Jadi seluruh meja di restaurant ini, akan dikelilingi oleh mesin yang bergerak perlahan, dimana diatas mesin tersebut telah diletakkan piring piring berisi sushi yang jika anda mau, tinggal di ambil ajah. Jadi ngga usah pesen, tinggal nungguin sushi berjalan itu aja, anda juga udah bisa makan hehee… dan jangan kuatir, di Jepang semua resto sangat menjaga kualitasnya. Jadi dijamin, rasa sushi berjalan tersebut pastilah segar dan enak.

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja, Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.




%d bloggers like this: