Espoir … Toko Roti Pewujud Harapan

“Witing Tresno Jalaran Soko Kulino” … itu adalah pepatah kuno berbahasa jawa yang ngga bakalan kepakai buat siapapun yang pernah mencicip kue di toko roti Espoir Nagano Jepang ini. Karena, semua orang pasti akan langsung jatuh cinta pada gigitan pertama dari kue kue yang ada disini. Ups … bahkan hanya dengan mencium aroma panggangan kue dari belakang tokonya pun, semua orang kuyakin pasti akan langsung meneteskan air liur … jiaaaahhhh hohohoo terdengar hiperbola sih, tapiiii hiks saya berkata hal yang sesungguhnya .. Inilah, Espoir, si pewujud harapan!!!!

Espoir = Esupowaru

Secara Prencong, bahasanya adalah Espoir, namun jika sudah dilogatkan secara Jepang, maka membacanya jadi Esupowaru. Ini merupakan sebuah toko roti Home Made yang selalu fresh setiap hari. Mengapa saya yakin toko roti ini selalu fresh??? Karena nyaris tiap hari saya kesana dan saya perhatikan, mereka memang memproduksi kue hanya dalam jumlah sangat sedikit per itemnya. Jika item tersebut sudah habis, maka pelanggan terpaksa pulang hanya dengan gigit jari dan kembali lagi keesokan harinya dengan jam yang lebih cepat.

Sebelumnya, saya pernah mereview toko roti ini dengan spesifik menceritakan rasa kue sus nya yang aduhai luar biasa mempesona dan hampir menjadi sarapan rutinku. Nah, karena untuk sus sudah 1 artikel sendiri, maka di artikel yang ini, saya akan menceritakan kue lain, selain sus nya.

Cheese Cake Jepang

Meski bukan negara pelopor cheese cake, namun kelezatan cheese cake Jepang cukup mendunia. Kelembutan dari paduan susu, krim keju, gula dan juga biskuit dan buah buahan segar yang menjadi pelengkap cheese cake di Jepang, breeeewww benar benar akan bikin lidah ketagihan … Maka tak heran jika banyak restaurant di Jepang yang menjadikan cheese cake sebagai andalan dessert mereka (percaya tak dipercaya, cheese cake yang lezat dapat mengundang tamu untuk kembali datang ke resto – yup karena merindu rasa dessert yang sesuai lidah).

Nah dari beberapa coba cobi di toko roti dan juga resto resto di daerah Nagano Jepang yang menyediakan cheese cake, saya akhirnya menemukan cheese cake yang paling spektakuler!!!! Tak hanya paling lezat se nagano tapi juga cheese cake terenak yang pernah saya makan. Enaknya bener bener bikin hati menjadi bahagia … sungguh saya tak berbohong, jika pikiran kusut dan hati suntuk … entah mengapa cheese cake ini dapat membuat hati yang duka menjadi suka, pikiran kusut menjadi terang dan harapan harapan akan masa depan yang terang dan bahagia kembali terpampang di pelupuk mata. Dialah cheese cake dari Toko Roti Espoir, yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Harapan.

“……………………..” , hm … sungguh aku tak punya kata kata untuk menggambarkan kelezatan cheese cake yang ada di Espoir ini. Ueeeeenaaaaakkkkkkkkkk enaaaaaaakkkkkk banget pokoknyaaa!!!! Dan yang terpampang di foto diatas adalah cheese cake paling favorit buat aku. Cheese cake yang lembut bak ice cream ini, dialasi oleh biskuit rasa almond yang sangat lembut manisnya. Kemudian di tengah menyendok krim manis dari susu dan keju ini, muncul kejutan segar dari buah raspberry. Breeewww .. kombinasi yang tiada taranya.

Bedanya dengan cheese cake lain (yang sebetulnya juga enak) … cheese cake disini memiliki rasa manis yang pas banget di lidah saya, lidah suami saya, lidah teman saya mae chan dan suaminya (yang sempat main ke kota saya ini dan saya ajak makan cheese cake disini). Manisnya itu tidak keterlaluan, tapi juga tidak terlalu tipis. Gimana yaaa??? Manis, asin, asem dan lembutnya itu pas banget semuanya. Pokoknya pas mantab.

Menu Lain di Espoir

Selain cheese cake yang sudah diceritakan panjang lebar diatas, juga masih buanyak hidangan lainnya yang ngga kalah ngangenin. Hehehe … Nah digambar yang bertiga ini, bagian tengah dengan wadah love juga adalah cheese cake. Cheese cake yang ini ngga kalah enak sebetulnya hhohoho soalnya saya rasa resepnya sama, cuma dibeda bentuk aja. Ini juga cheese cake andalan jika cheese cake tercintaku (yang pertama diceritakan) sudah habis terjual.

Kemudian disebelah paling kiri adalah jeli. Jeli jeruk yang dicampur dengan jeli almond. Breeewww segar betul … oyaaa jeli di Jepang dengan di Indonesia sangat jauh berbeda dari segi tekstur dan rasa. Tekstur Jeli di Jepang sangat lembut (tidak kenyal). Saking lembutnya, jeli ini meski sudah jadi, jika diletakkan dalam wadah dengan bentuk apapun, maka jeli tersebut akan memenuhi seluruh sisi wadah tersebut tanpa celah. Sedangkan dari segi rasa, untuk jeli rasa buah, rasa yang akan kita dapat benar benar mirip dengan rasa buah betulan. Jadi seperti makan buah namun dalam versi lembut.

Nah di gambar sebelah paling kanan, itu adalah by season. Kebetulan sekarang ada berdekatan dengan acara hallowen. Maka ia pun menarik pelanggan dengan hidangan berkarakter hallowen. Aku yang ngga ngerti makna hallowen pun jadi tertarik hahaha jujur saya beli ini bukan karena rasa yach … breeew karena cake ini terbuat dari labu, yang kayaknya saya ngga terlalu suka deh. Tapi saya beli produk ini karena cuma ingin dapet gelasnya hihihiii …

Setelah sampai rumah, di jepret jepret … waktunya makan deh… wooowww tak kusangka tak kuduga, ternyata espoir benar benar luar biasa. Buah labu bisa diolah menjadi cake yang enak sekali. Jadi buah labu ini dilembutkan dan ditambahkan apa yach saya ngga tau, yang jelas disebut roti bukan roti, tapi pudding juga ngga pudding, lebih padet. Nah kemudian diberi karamel dibagian bawahnya dan biskuit yang berbentuk hallowen diatas adalah biskuit almond yang enak cekali. Akhir kata, kudapan hallowen ini enak juga. Enak jika dimakan sedikit tapi jika terlalu banyak, akhirnya jadi kemanisan …

Untuk Harga … kue kue disini dijual mulai dari 120 yen hingga 380 yen per potong nya. Namun, selain kue potong potongan ini, mereka juga menjual kue dalam bentuk utuh yang harganya tentu melibatkan total yang lebih besar, mulai dari 1300 yen – 4500 yen. Hehehehee … meski terlihat mahal, tapi harga ini sungguh sesuai dengan rasa yang diberikan .. dan bahkan bisa saya bilang, harga ini lebih murah dari kue kue ditempat lain yang rasanya masih kalah enak dengan kue kue di espoir sini 😀 hidup Espoooiiirr!!! Enak, Murah dan bikin hidup jadi penuh Harapan.

kartu nama espoir

Hohoohoo karena ngga ngerti bahasa Jepang, jadi ku upload aja kartu namanya yach … yang jelas espoir ini terletak di prefekture Nagano, Nagano Shi, (daerah) Inada, Jepang.

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja , Nagano Jepang

Booking Hotel di Jepang, Klik Disini.




%d bloggers like this: