Sekilas Tentang Distrik Meguro (Seri 30 Jam di Tokyo)

Suasana Jalanan di Meguro .. sekitar 500 meter dari stasiun kereta Meguro

Jiaaah … hahahaa sebetulnya isi artikel ini sih lebih banyak nyontek sana sini ketimbang pengalaman pribadi. Soalnya, pas di kota Meguro, aku nggak sempet kemana mana sih. Begitu sampai, kita (aku dan suami) langsung dijemput oleh 3 orang dari tim badminton KBRI di Tokyo. Setelah nonton mereka latihan badminton, langsung makan dan bobok dah hohohoooo. Tapi hasil dari nyontek sana sini tentang Meguro, semoga berguna buat pembaca sekalian.

Tentang Kota Meguro

Seperti ihwal cerita diatas, kami dijemput oleh tim Badminton dari KBRI di Tokyo. Yup … Meguro merupakan salah satu dari 23 distrik penting di Tokyo Jepang. Mengapa??? Karena di wilayah ini terdapat banyak kedutaan besar asing, termasuk salah satunya adalah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jepang. Selain itu, di wilayah ini juga terdapat hunian/ perumahan paling eksklusif di Tokyo, namanya Kakinokizaka. Jadi, kalau mau ketemu orang orang kaya, Meguro sinilah kira kira tempatnya. Ummm .. tapiiii karena pas jalan jalan pagi pagi, saya ngga tahu jalan dan cuma motret motret deket hotel tempat menginap ajah, ya maaf kalau fotonya pas pasan banget alias ngga menunjang artikel yach hohohooo …

Selain terdapat Dubes RI, kata Pak Iwan (orang KBRI yang menjemput kami) di Meguro sini juga terdapat sekolah Indonesia. Yaitu sekolah untuk anak anak / orang Indonesia. Pun jika kita di wilayah ini, kans kita untuk bertemu dengan orang Indonesia akan lebih besar daripada di kota lain, apalagi di kota tempat saya tinggal .. hadeh … orang Indonesia bisa di hitung dengan jari, itupun lokasinya jauh jauhnya keterlaluan.

Kiri ke kanan: Pak Iwan (KBRI Jepang), Mas Bayu dan Mbak Ika (sahabat suami di Jepang)

Oya, menurut mbah google, di Meguro ada Taman Komaba, katanya nih taman bagus banget .. hiks sayang aku ngga sempet kesana … di taman ini kita bisa menikmati teh dengan pemandangan Jepang abad ke 16, katanya lagi … haduuuhhh aku makin nyesel aja nggak kesana .. seru yach kayaknya..  Terus juga ada museum museum yang terkenal dan juga sungai Meguro, katanya juga indah terutama kalau pas musim sakura. Kapan kapan harus kemari nih …. ah udah daripada katanya katanya teruuuss, mending sekarang cerita soal apa yang aku liat aja deh hehehee…

Di Meguro sendiri, saya dan suami nginep di Hotel Princess Garden. Hotelnya dari luar sih tampak lumayan, dia bertingkat tinggi dan berada di daerah yang bangunan di sepanjang jalannya mirip bangunan di Eropa (wakakakaa ngakak.com kayak aku pernah ke Eropa ajah).Tapi .. begitu masuk, jadi ragu ragu, kayaknya nih hotel kalau ada bintangnya juga bintang kecil dilangit yang tinggi … hehehe soalnya lorongnya bau rokok, kuncinya masih kunci manual (bukan card) dan kamarnya juga imut. Tapiiii wooaaa yang penting sekarang ‘ngantuk’ dan kasurnya keliatan empuk banget hohohoooo. Jadi mau hotel modelnya kayak apa .. yang penting ngantuk, sudah aman. Pasti tidur nyenyak hehehee…

Hotel ini memang bukan hotel mahal (untuk ukuran Jepang – kalau ukuran kantongku sih yaaaa mahal beneeer heheheee). Semalam, berdua 1,3 juta rupiah jika di kurs kan. Kata suami sih, biasanya di Jepang itu bayar hotelnya bukan perkamar, tapi perkepala. Meski ngga tau yang kali ini juga perkamar atau perkepala, pokoknya kita berdua bayar segituuu ajah. Zzzztttttt .. bobok.

sekitar 50 meter dari stasiun kereta Meguro … hahah maaf jalan jalannya cuma sekitar hotel aja, jadi fotonya cuma ini ini ajah .. hotel ada di deket staisun kereta Meguro

Oya … sekilas pandang, wilayah Meguro sini, dipenuhi oleh apartemen apartemen (Di Jepang disebutnya Apato). Mulai dari apato yang jelek, biasa sampai yang keren (mansion). Maap kemarin sih waktu jalan jalan sebetulnya liat apato mewah keren (mansion) … mau motret ga berani gara gara ada orang ganteng lagi duduk di depan mansion .. hahah takut dia GR, ntar dikira aku motret dia pula hahahaa … tapi asli tuh cowo ganteng hihihiii .. kayaaaakkkk artis gitu .. (mungkin juga artis kali yach .. soalnya tinggal di apartemen mewah betul). Oya .. kenapa di Jepang banyak bangunan apartemen??? Karena tanah disini emang mahal banget cuiii … biasanya yang punya rumah itu cuma orang orang super kaya. Dan orang kaya tersebut biasanya yang sudah tua tua hehehee … Itupun biasanya rumahnya pada di luar Tokyo, yang harga tanahnya tentu jauh lebih murah.

Wisata Sepeda di Meguro

Jepang memang kota yang sangat ramah bagi para pengendara sepeda ontel. Makanya, bahkan ketika kita di Ibu Kota Jepang, lebih baik jangan lewatkan untuk berwisata sepeda. Amannya kenapa?? Karena semua jalanan pasti ada jalur untuk para penguna sepeda. Kemudian lalu lintasnya sangat rapi. Bayangannya : ketika lampu hijau menyala, maka jika kita si pejalan kaki atau pengendara sepeda hendak lewat, semua mobil baik mewah, mobil kuno, truk atau mobil apapun (kecuali ambulance) dijamin akan berhenti menunggu anda lewat. Hebat dan menyenangkan bukan 😀

Ngga kayak di Indonesia, pejalan kaki dan pengendara sepeda boro boro didahulukan, trotoar aja dipangkas terus. Bahkan di beberapa tempat, malah ngga ada trotoarnya. Kalau pun ada trotoar, trotoarnya penuh sama pedagang kaki lima atau jadi tempat parkir motor hadeeehhhh … Apalagi kalau mobil mewah mau lewat … cuuuuuiiiittt bukan cuma pengendara sepeda yang terusir, bahkan mobil kuno pun jadi ngalah hahahhaaa…

Hotel tempat menginap dan jalanan yang bersih di sekitar hotel … jalanan paving itu adalah area untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda. Setiap jalanan pasti ada jalur ini

Nah .. gimana cara mendapatkan sepeda untuk jalan jalan??? Kalau ada temen, yaaa minjem aja. Biasanya orang yang tinggal di Jepang, punya sepeda. Soalnya ini kendaraan alternatif banget, … habisnya disini ngga ada angkot dan ojek sih .. apalagi becak 😀 Nah .. kalau ngga punya temen, pergi aja ke tempat penyewaan sepeda. Nih salah satu penyewaan sepeda di kota Meguro yang berhasil saya temukan di internet : http://www.tokyobicycletours.com/

Kayaknya rutenya lumayan tuh .. soalnya Meguro kan ngga jauh dari Shibuya (yang terkenal dengan patung anjing setia) dan shinjuku juga harajuku (itu tempat nongkrong anak muda jepang dengan model pakaian yang aneh aneh). Terus banyak tempat yang bisa dikunjungi selama 4 jam dengan bersepeda. Yuuukkk .. selamat bersepeda yach … sip deh .. oya cerita tentang Tokyo belum selesai sampai di Meguro aja .. di artikel selanjutnya saya juga akan ceritakan serunya wilayah Odaiba dan Ginza .. tunggu yach

Penulis dan foto : Catur Guna Yuyun Angkadjaja – Meguro Tokyo Jepang

Untuk info hotel di Jepang : Klik disini




4 comments

  • Jadi kangeeeeeen baca artikel mu Yunchaaan hehehe
    kamu ke Odaiba juga huhuhu aq juga kangen ke Odaiba soalnya aa ku ngajakin kesana buat mam ice cream doang romantiss nya *sungguh sangat jarang dia bisa romantikku kaya gitu hehehe coz biasa nya Odaiba emang tempatna org pacaran hohoho..kangen-kangen ^^

  • @mae chaan hehehe iyah … ini artikel odaiba belum dibuat hohooo … masih dalam pengeditan foto hehee.. besok atau lusa mungkin… waaaahhhhh aje gile kesana cuma makan ice cream doang … aduuh iyaah romantiku banget … yokatta ne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: