Resep Beef Teriyaki ala wisataseru

bumbu bumbu yang kupakai

Hm … sebetulnya bukan beef teriyaki sih … hahahaaa … tapi karena rasanya rada rada mirip dan memang makai sedikit saja bumbu teriyaki, jadi ya sudah dikasih nama Beef Teriyaki ajah hahaha … soalnya, maklum hidup di perantauan yang masih belum paham bumbu negara setempat, setiap hari masaknya asal ngawur ajah .. dan karena kebetulan kali ini kok dirasa rasa enak, jadiii kayaknya perlu dicatat supaya suatu saat kalau mau bikin lagi, ngga lupa.

Ini juga mungkin bisa jadi resep buat pembaca wisataseru yang tinggal di Jepang dan bingung soal bumbu bumbu di Jepang. Bisa dicontek dan rasanya oke punya kok. Jangan kuatir .. karena saya sering masak hidangan ini dan suami pun suka.

RESEP BEEF TERIYAKI ALA WISATASERU

Sebelumnya, rebus dulu jamur, wortel dan brokoli. (Tips memasak untuk brokoli, sebaiknya direbus sebentar saja sesaat setelah air mendidih. hmmm kira kira cukup 20 detik saja. Supaya si brokoli masih tetap hijau segar, kress ketika digigit dan vitaminnya nggak banyak kebuang). Lalu sisihkan.

Kemudian siapkan : 90 gram daging sapi untuk yakiniku (yang dari supermarket udah dipotong tipis) – Rendam selama 5 menit dengan : 3 sdm shouyu (kecap asin jepang) – 3 sdm kecap jepang (itu di foto yang botolnya masih plastikan, ada gambar wajah gendut) – ½ sdt vinegar (di foto itu yang botolnya isinya kuning bening – mizkan) – vinegar ini membuat masakan menjadi agak sedikit asam segar, kalau nggak suka, ngga usah dipakai ngga papa.

Lalu, selanjutnya panaskan  wajan/ teflon dan masukkan  3 sdm minyak sayur untuk menumis ½ bawang bombai ukuran sedang (tumis sampe wangi – kemudian masukkan daging sapi yang telah direndam dengan shouyu, vinegar dan kecap jepang – lalu tutup teflon dengan tutup panci atau apapun supaya tak ada panas yang merayap keluar – biarkan kira kira 1 menit – cara ini sangat efektif untuk membuat daging menjadi lebih empuk)

sayur dan sebelah kanan : hasil jadi tumis daging

Setelah itu langsung masukkan  2 sdm wijen, 1 sdm bumbu teriyaki, 1 sdm gula, 1 sdm cabe.Usai semua bumbu tercampur dan sudah dicicip memiliki rasa yang pas, masukkan semua bahan yang telah direbus (jamur, wortel dan brokoli). Aduk sampai bumbu merata pada sayuran sebentar saja, jangan sampai sayur menjadi layu dan masakan pun sudah siap untuk disajikan.

Tips : kalau bisa sih pakai sambalnya, seperti yang ada di foto … itu sambal rasanya enak sekali, memiliki aroma rempah yang harum. Kemudian untuk lebih enak bisa ditambah cabai bubuk dan kalau punya sambal dari Indonesia, sambal Ibu Jempol itu enak sekali pedasnya. Tapi kalau ngga ada juga ngga masalah.

Resep asli : Catur Guna yuyun Angkadjaja

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: