Resep Beef Katsu ala wisataseru

tepung dan daging yang digulung

Nah resep kali ini, dijamin maknyooosss enaknya … hohohoooo gayah bener … abisnya setelah berkali kali gagal, akhirnya ketemu juga resep membuat katsu yang ngga kalah sama katsu di resto resto – bahkan misua sampe ketagihan heheee. Nggak percaya??? Yuk mari dipraktekin yach dan muhun diperhatikan cara pembuatannya.

Oya … saya modifikasi dengan menggunakan keju di dalamnya. Kalau nggak mau pakai keju juga bisa kok heheheee…

Resep beef katsu

Ini beef katsu yang pakai tepung roti

Resep beef katsu

Ini beef katsu yang pakai suwiran roti tawar basah

RESEP BEEF KATSU ALA DAPUR WISATASERU

Ini resep Beef Katsu biasa, kalau mau lihat tampilan yang pakai roti tawar dengan aroma daun basil bisa lihat di artikel saya lainnya : Resep Beef Katsu daun Basil

RESEP no 1 BEEF KATSU dengan menggunakan roti tawar

Bahan :

1 lembar roti tawar yang sudah di suwir kecil kecil

100 gram daging sirloin di pencet pencet dengan tangan sampe lebar maksimal

(ukuran dikira kira yak, dikit aja) garam, bubuk bawang putih dan bubuk merica (satukan dan taburkan sedikit aja ke atas daging)

Campurkan : 1 sdm tepung terigu jepang (kalau di Indonesia, terigunya di tambah tepung beras dikit 1/2 sdm aja), 1/2 sdm tepung maizena dan 3 – 4 sdm air putih (pokoknya adonan kentaaaal banget)

Cara Membuat : taburkan campuran garam, merica dan bubuk bawang putih ke daging. Kemudian celupkan daging ke dalam adonan tepung terigu dan maizena dan air. Setelah itu langsung gulingkan ke piring yang telah berisi suwiran roti tawar. Pastikan semua bagian daging tertutup oleh roti. Setelah itu beef katsu bisa langsung digoreng di dalam panci yang berisi minyak melimpah (sampai seluruh permukaan beef katsu tertutup minyak) atau bisa juga disimpan dalam freezer dan baru di goreng ketika hendak makan. Rasanya??? Sama enaknyaaaa 😀

Penjelasan :

1. Siapkan tepung roti yang masih basah, bukan yang kering

2. Garam, merica dan bubuk bawang putih yang sudah dijadikan 1 dengan komposisi 1:1:1 ditaburkan sedikit saja ke atas daging … bener dikit aja, kalau kebanyakan nanti dagingnya jadi asin dan daging sebaiknya dalam suhu ruangan alias ngga beku

3. Tepung maizena dan terigu campurkan dengan air. Adonannya itu haruslah sangat kental alias bukan adonan tepung cair. Jadi tepung benar benar lengket di daging dan nanti ketika digulingkan ke suwiran roti, roti bisa menempel dengan sempurna

 

RESEP no 2 BEEF KATSU ISI KEJU dengan tepung panir/ tepung panko/ tepung roti kering

bahan sama dengan beef katsu di atas, namun yang ini menggunakan tepung roti kering. Bedanya??? Tentu pada kemriyek saat dimakan. Dengan menggunakan roti tawar suwir, rasanya jauh lebih enak, jauh lebih gurih dan ada aroma roti tawar yang menggoda …. lebih mantab lah ya …

1. Siapkan daging sapi yang sudah diiris tipis seperti gambar paling atas artikel ini. Kemudian letakkan keju di atas selembar daging sapi. Lalu lipat daging seperti terlihat di foto yang aku pasang ini. Note : kejunya secukupnya ajah yach … jangan terlalu banyak, kuatir ntar eneg/ keasinan.

2. Racik bumbu untuk rendaman daging, yang terdiri dari: 3 sdm shouyu (kecap asin Jepang); 2 cm jahe potong tipis tipis lalu dihancurkan/ digeprek supaya aromanya keluar; 1/2 sdt merica; 1/2 sdt garam. Satukan racikan sampai membaur menjadi satu dan olesi semua bagian daging dengan racikan bumbu tersebut dan biarkan sampai bumbu meresap … kira kira 15 menit sudah cukup. Mau lebih lama juga nggak papa, bahkan ditinggal di dalam kulkas sampai 3 jam juga oke oke saja. Asal jangan dimasukkan ke freezer yach

optional : bumbu diatas bisa diganti hanya dengan menggunakan campuran bubuk bawang putih, bubuk merica dan garam … di tabur dikit ajah ke dagingnya supaya ngga keasinan … dengan resep sederhana ini, juga udah enak kok …

3. Setelah bumbu meresap ke dalam daging. Masukkan daging dalam adonan tepung terigu dan maizena. Setelah dicelupkan ke adonan tepung terigu, lantas guling gulingkan daging ke tepung panir/ tepung roti. Setelah itu bisa langsung di goreng dengan minyak yang sangat melimpah (seluruh bagian katsu terendam oleh minyak – dan gunakan minyak bersih yach .. supaya katsu warnanya bisa kuning keemasan)

Tips membuat beef katsu yang ‘lumayan’ cantik: (hohohooo .. soalnya katsuku juga belum cantik cantik amat, jadi lumayan ajah)

1. Ketika mengguling gulingkan daging ke tepung panir/ roti kering, sebaiknya tepung jangan ditekan. Karena jika ditekan maka remah remah akan menjadi halus dan nantinya ketika digoreng, tampilan katsu akan kurang menarik. Kalau make roti tawar sih di tekan tekan ngga papa … hhehehee kalau ngga ditekan malah ntar ngga nempel dengan sempurna … kan kalau roti tawar ngga remuk 😀

2. Usai diguling gulingkan ke tepung panir, celupkan lagi ke dalam adonan tepung terigu dan lalu guling gulingkan kembali ke tepung panir. Hal ini akan membuat katsu menjadi lebih gagah karena seluruh area daging benar benar tertutup sempurna oleh si tepung. Dan hasilnya pun, terasa lebih gurih. (kalau pake roti tawar suwir, ngga usah 2 kali celup terigu .. cukup sekali aja, tapi harus dipastikan seluruh bagian daging sudah tertutup roti tawar)

4. Masukkan beef katsu ke minyak, hanya setelah minyak sudah panas (cara ngetesnya, masukkan sedikit tepung panir/ roti tawar, jika sudah berbentuk gelembung2 disekitar tepung / roti, berarti beef katsu udah siap digoreng), karena kalau minyak kurang panas, maka hasil gorengan akan tampak berminyak/ tidak kriuk. Goreng sampai katsu berwarna keemasan. Kemudian sisihkan dan sisihkan. Hasilnya adalah katsu yang benar benar garing dan nikmat.

saus yang enak untuk cocolan

Cocolan untuk Katsu :

Paling enak adalah dengan menggunakan Furai Saus . ini maknyoooos enak banget … Bisa juga menggunakan saus Goma … atau mengunakan Kecap Jepang yang dicampur dengan saos Tomat … saus bangkok juga enak .. sambal botolan juga enak .. pokoknya dicocol pake apa aja enak hehee …

SELAMAT MENCOBA

Resep ala Catur Guna Yuyun Angkadjaja – wisataseru.com

 




%d bloggers like this: