Segarnya Tempe Penyet “Uleg-an” Ayam Hayam Wuruk

Nama Restonya sih udah ngga asing lagi, “Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk”. Tapi yang ingin saya cerita disini bukan ayamnya, melainkan Tempe Penyetnya!!!! Wuuuuiiiih, lemper dodol kacang ijo (hiihhi beginilah saya kalau lagi mengumpat keenakan) … Tempe Penyetnya dahsyat ngangeninnya!!!

Pertama kali makan ayam Hayam Wuruk kalau nggak salah ketika Sekolah Dasar dan sedang wisata bersama keluarga ke Jakarta. Setelah itu seumur umur saya nggak pernah makan lagi, sampai baru hari ini (Februari 2011) saya dan suami mampir ke Hayam Wuruk yang di Gunawarman, itupun faktor kecepit, alias udah muter muter nyari bebek tapi resto yang dituju ngga tau kok bisa kompakan pada tutup. Akhirnya, “Udahlah, makan disini aja ya. Udah pasti enaknya, karena uda punya nama”, kata saya yang sudah kelaparan hebat.

Begitu masuk, kita pilih lantai 2 yang lebih romantis. Dengan lampu kuning dan suasana yang nyaman, pesanlah, bebek goreng krispi, ayam goreng krispi, tempe penyet, dan cah kangkung. Hm … sebelum cerita soal kelezatan rasanya nih … cerita dulu soal harga. Harganya cukup standart alias yaaa dibanding dengan beli di warung kaki lima Jakarta, harganya nggak beda jauh. Seperti ayam di kaki lima sekitar 12 – 14 ribu/ potong. Disini dihargai 15.000/ potong. Untuk bebek kalau di kaki lima sekitar 15 ribu, disini 18.000.

Tempe Penyet yang Ngangenin

Inilah pertama kalinya saya jatuh cinta dengan tempe penyet. Hm…. soal selera mungkin tiap orang bisa beda ya … tapi disini saya suka karena sambalnya itu segar sekali. Ketika mencicip, hormon kebahagiaan saya (endorphin) langsung mencuat. Tomatnya terasa betul asam manisnya yang segar. Kemudian aroma wangi yang mungkin adalah terasi, saya tidak tahu, sedap betuuuul.

Tak terasa 1 porsi tempe penyet saya habiskan sendiri dan suami hanya kebagian jatah sedikit hihihii … nah ini kembali ke soal selera. Saya suka, tapi suami tidak terlalu suka, karena nggak pedes katanya. Jadi, nanti buat pecinta pedas, jika mencicip tempe penyet disini, mintalah “Pedas ya Mbak/ Mas”. Semoga selera kita sama, “enak”. Hehehehee …

Ayam Presto

Untuk ayam, rasanya tentu berbeda dengan ayam tulang lunak yang pernah saya bahas sebelumnya. Jika Ayam Tulang Lunak Ny. Nani. S, lunak karena aneka rempah, disini lunaknya karena di presto. Tapi kehebatannya, meski di presto hingga tulangnya cukup lunak, tapi dagingnya tidak hancur.

Di buku menunya sendiri diberi penjelasan tentang khasiat tulang dan sumsum bagi kesehatan, yaitu tulang, gigi dan jantung. Pun ditulis, bahwa dalam tiap 100 gram tulang ayam presto terdapat 9115gr kalsium dan 5630mg zat besij.

Pesananku VS Harga

Ini dia pesananku bersama suami di Ayam Hayam Wuruk : Ayam Goreng 14.500. Bebek Goreng 17.500. Cah Kangkung Polos 14.500. Tempe Penyet 8.000. Nasi Uduk 5.000. Nasi Putih 4.500. Es Teh Manis 4.000. Es Soda Gembira 9.000. Total kami makan berdua adalah Rp. 77.000 + Tax 10% 7.700 = 84.700

Oke …. inilah pengalaman yang ingin saya bagi … sedikit semoga bisa jadi referensi buat yang pengen tempe penyet seger ;D

Alamat Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk : Jl. Gunawarman no 47 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. 021 7234183

 




2 comments

  • bnr bgt tuh….
    coz ane sering bgt maem d stu brg suami….
    d jamin g bklan nyesel……

    btw ada jg d daerah dkt rmh ane “bakso keju” beeeeeh……
    MANTAB….
    biasa’y buka jam 11 siang trus tutup’y jam 1 siang…..tu jg krna udh abis…..nama’y “bakso wardi” deket pasar puteran bukit duri…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: