Lezatnya Soto Selan Semarang … Semangkuknya Hanya 5000IDR

Saya merupakan seorang yang tak pernah ingin melepaskan kesempatan berkulinari. Maka kali ini, begitu tiba di kota Semarang, tujuan pertama saya adalah “Mesti nyicip yang namanya Soto Selan”. Soto yang disebut sebut telah melampaui 3 generasi dan di zaman yang sudah menggila ini harganya masih saja Rp. 5.000,- / mangkuk. Penasaran seperti apa sih Soto Selan ini? Yukkk kita rasakan.

Suasana Warung

Warung Soto Selan yang sudah melegendaris ini ternyata hanyalah sebuah warung tipikal jadul yang memiliki 18 kursi panjang. Hebatnya, warung yang buka dari jam 6.30 sampai jam 14.00 ini nyaris tak pernah sepi pelanggan. Hilir mudik pelanggan datang dan pergi bahkan beberapa orang rela mengantri, termasuk saya.

Apa sih enaknya Soto Selan?

Bagaimana saya bisa tidak penasaran akan rasa soto selan??? Warung mungil ini, bagian depan parkirannya penuh sesak oleh kendaraan mulai dari sepeda hingga mobil mobil mewah. Wah wah wah ,… segala kalangan, masuk!!!

Pesanlah saya, semangkuk soto yang … wooowww harganya hanya 5.000 rupiah saja permangkuknya. Kuah kuningnya sangat menggoda dan langsung saja saya seruput tanpa peduli asap kuah masih mengepul. “Segaaaar!!!”.

Kemudian mata saya pun jadi jelalatan. Bukan sibuk mencari wanita, tapi … lihatlah di hadapan saya tersedia tempe goreng, ayam goreng, ampela dan ati ayam goreng, perkedel, sate kerang, sate ayam dan telur pindang. Sikaaaaat!!!

Dan inilah yang juara sekali lagi. Ampela gorengnya empuk banget. Sama sekali tak ada jejak amis dan tak ada jejak alot yang menyertai. Telur Pindang yang berwarna coklat ini juga bumbunya merasuk sampe kepada kuning telurnya. Medognya dapet banget.

Alamat Soto Selan : Jl. Depok 36 D Semarang Jawa Tengah. Telp 024 3520842

Pengalaman dan Foto oleh : Hans Edward Hehakaya (di edit dan di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja). Pak Hans adalah Dosen saya ketika di UK Petra Surabaya. Ia adalah seorang advocate sekaligus dosen bidang Hukum dibeberapa universitas di Indonesia. Untuk berhubungan dengan Pak Hans, bisa email ke [email protected]

Makasih Pak Hans mau berbagi pengalaman pada pembaca wisataseru 🙂




%d bloggers like this: