Perjalanan ke Melaka – Malaysia Part 1

December 24th, 2010 by · 6 Comments

Jumat, 17 Desember 2010. Berbekal pakaian dan uang secukupnya, maka saya menuju ke Tanjong Pagar Railway Station. Di perjalanan kali ini saya memutuskan untuk menggunakan kereta api karena mulai bulan Juli 2011, stasiun KA dari Tanjong Pagar ini tidak lagi digunakan. So, i was thinking that i have to give it a try, at least once :)

Bangunan yang telah ada sejak tahun 1932 ini merupakan salah satu bangunan yang cukup menarik buat saya pribadi, yang mana menurut wikipedia nantinya akan dijadikan salah satu National Heritage Board di Singapura.

Jam menunjukkan pukul 12.30, namun antrian orang di pintu masuk masih saja tidak bergerak. Aku hanya memandang dari kejauhan karena memang aku belum melihat adanya kereta datang dari arah Malaysia.

Pukul 12.45. Aku mulai curiga, karena menurut jadwal, kami harus berangkat pk 13.00, dan masuk 30 menit sebelum keberangkatan. Memutari gedung sambil sesekali mengambil foto, tiba2 mataku menatap nanar ke sebuah papan pengumuman. “The train was expected to come on 14.15.” And yes, it was just “expected” not the exact timing. Akhirnya aku mencari tempat duduk dan mulai memesan secangkir teh susu untuk menemani cheese prata yang tadinya aku beli untuk bekal makan di KA.

Sekitar pukul 15.00 akhirnya KA tiba juga. Dengan sigap orang2 yang sedari pk 13.00 mengantri, memasuki pintu masuk. Setelah melewati imigrasi Malaysia, kami masih harus menunggu KA lagi. Entah mengisi bensin ato entah ngapain, tapi yang jelas memakan waktu setengah jam.

15.30 - Akhirnya kereta berangkat juga. Fiuh. Kereta berhenti sebentar di Woodlands untuk pengecekan imigrasi keluar dari Singapore. Setelah itu langsung tancap gas (ato uap? ato listrik? hehe) menuju ke Melaka. Sekilas tentang Melaka dapat dibaca disini.

Apabila kita menggunakan kereta untuk pergi ke Melaka dari Singapore, maka tidak ada rute langsung. Stasiun kereta terdekat adalah Tampin/Pulau Sebang. Dari Stasiun Tampin, kita masih harus menempuh jarak lagi sepanjang 1 jam. So, actually it is not advisable to use the train anyway. :D Kalau dari Singapore ke Melaka, mendingan naik bus aja karena ada bus langsung. Dan dari segi biaya, harganya jauh lebih murah.

20.30, akhirnya tiba juga di Stasiun Tampin. Rencana awal apabila kereta tidak mengalami delay, maka aku masih bisa naik bus dari Tampin ke Melaka. Tarif untuk naik bus sekitar RM 4.50 (kata bapak2 di stasiun). Namun apa daya, bus terakhir telah berangkat pk 19.30. Aku yang tak tahu menahu menunggu disana sampai pk 21.30. Akhirnya karena tidak ada bus, maka aku harus naik taksi. And it cost me a bomb. Tapi karena sudah larut dan aku ga tau apa2 tentang Tampin, maka tak ada pilihan lain.

Pengalamanku naik taksi dari Tampin ke Melaka sangat tidak menyenangkan. Sungguh, berhati-hatilah apabila hendak naik taksi di daerah ini. Jangan bepergian di malam hari. Kalau siang hari, sebenarnya masih bisa ditawar antara RM 40-60. Namun karena sudah malam, maka si supir memberikanku harga RM 70. Sudah gitu, dia masih ngambil sepasang penumpang dulu sebelum mengantarkanku. Dan tidak ada potongan harga untuk aku. Gila. Masih belum berhenti di situ, aku ditanya, tujuanku di Melaka dimana. Aku bilang “di JALAN Portugis”. Kemudian dia dengan nada yang tidak sopan “HAA ITU JAUH SEKALI. KAMU HARUS TAMBAH UANG.” Aku tanya balik, “Ya sudah, gimana lagi. Harus tambah berapa om?”. Sopir yg tidak sopan itu, “90..eh, 100.”

Anyway, pada akhirnya aku sampai di guesthouse yang aku tuju dengan selamat. Kalau pada penasaran dengan seberapa buruknya pelayanan taksi mereka, silahkan dibaca disini deh. :)

Oya, kalo kamu bepergian dari Singapore ke Malaka, perjalanan menggunakan bus atau mobil pribadi akan memakan waktu antara 4-5 jam, tergantung ramai tidaknya perjalanan dan imigrasi. Harga untuk naik bus dari Singapore ke Melaka kurang lebih antara SGD 22 -35. Sedangkan untuk arah sebaliknya, harganya sama, namun dengan kurs yang berbeda, RM 22-35.

Naik Kereta, Biaya kereta SGD 27, turun di tampin, apabila naik bus, maka bus akan turun di Melaka Sentral, biaya tambah RM 4.50. Namun apabila anda beramai2 dan hendak naik taksi, maka biaya adalah sekitar RM 40-60. Monggo ditawar ya kalau naik taksi di Tampin karena mereka tidak ada argo nya. Perjalanan naik kereta sendiri akan memakan waktu lebih lama 1 jam, dengan asumsi kereta dari Singapura ke Tampin kurang lebih 5 jam, ditambah 1 jam naik bus/taksi dari Tampin ke Melaka.

Table Perbandingan KA – Bus

Transportasi Lama Jarak Ditempuh Harga
Kereta Api (KTM) Singapore Melaka 5 Jam + 1 Jam naik taksi/bus ke Melaka S$27 + RM 4,5 (bus) atau RM 40-60 (taxi)
Bus Melaka Singapore (banyak pilihannya) 4 – 5 jam (tergantung panjang imigrasi dan macet tidaknya) RM 22-35
Bus Singapore Melaka (banyak pilihannya) 4 – 5 jam (tergantung panjang imigrasi dan macet tidaknya) S$ 22-35

Tips: Kalau mau lebih murah, dari Singapore bisa ke Johor Bahru, trus ke terminal Larkin, dari terminal Larkin baru ambil bus ke Melaka. Dari Singapore ke Larkin paling sekitar S$1,4, trus dari Larkin ke Melaka RM 19. :)

Di part 2 nanti saya akan membahas tentang museum Laksamana Cheng Ho, dan beberapa tempat menarik lainnya.

Booking Hotel di Malaysia, Klik Disini.

 
 

Categories: Malaysia · Melaka · Wisata Luar Negeri

6 responses so far ↓

  • 1 caturguna // Dec 26, 2010 at 12:49 am

    waaaaahhh seruuuu :) pengalaman dan tips yang berguna bagi yang ingin ke malaca :)

  • 2 sophia // Dec 26, 2010 at 1:23 am

    hahaha…tapi cuman dr spore – malacca….. :D

  • 3 Lenni // Apr 1, 2011 at 12:17 pm

    Part 2 nya mana ya mba sophia ?
    soalnya aku rencana ke melaka di bulan mei tahun ini.
    jadi biar bisa gali lebih banyak info mengenai melaka sebelum berangkat.
    terima kasih untuk infonya ya

  • 4 sophia // May 18, 2011 at 9:05 pm

    aduuhhh…sorry belum sempet update lagi..

    coba cek di fb dulu ya. http://www.facebook.com/media/set/?set=a.473442329106.256484.658854106

  • 5 ervan // Oct 16, 2012 at 9:38 am

    saya prnaj tinggal di malaka 4tahun dan saya banyak tau tmpt meenarik dimalaka…so kalau ada yg mau tau tntang malaka ..silakan emaile aq

  • 6 caturguna // Oct 20, 2012 at 8:16 am

    @ervan : waaahhh boleh tuuhhh … emailnya evan boleh di publish???

Leave a Comment