Libby, American Original Brownies di Surabaya (Oleh oleh dari sobat wisataseru)

Many thanks to Yongky Harimurti, member wisataseru yang kini sudah menjadi seperti adik sendiri bagi keluargaku di Surabaya. Seperti artikel sebelumnya tentang pempek yang dikirim oleh member wisataseru ketika sedang berada di Palembang, artikel ini juga ada berkat kiriman brownies dari Yongky ketika berada di Surabaya. Hm,… jadi intinya, dalam seminggu kemarin, saya mendapat 2 kiriman makanan dari sobat wisataseru.

————– Brownies Libby


Beberapa kali pulang ke Surabaya, saya sering sekali melintas toko roti khusus Brownies ini. Tapi tak jua mengunjunginya. Padahal, saya suka Brownies. Ingin,… tapi selalu saja dalam keadaan terburu buru sehingga tak sempat mampir. (Begitulah saya, orang yang memiliki kebiasaan pergi kemana mana dalam keadaan mepet).

Toko Roti ini pertama saya lihat pada pertengahan tahun 2008. Tak ada yang pernah mengatakan pada saya tentang rasa dari brownies ini, tapi entah mengapa jika melihat toko ini, saya selalu teringat dengan toko brownies mungil di Ampera Jakarta yang menjadi langganan saya. Sesaat saya selalu membayangkan, begitu masuk maka akan tercium aroma wangi coklat panggang dalam bentuk wujud roti bantat. Harumnya …. sangat harum dan terlalu harum untuk diceritakan.

Menurut literatur yang saya baca (ceileeee, literatur), Libby berasal dari gabungan nama pemiliknya, Lily dan Robby. Awalnya, brownies ini hanya dimasak untuk konsumsi keluarga dan kawan dekat. Atas permintaan kawan kawan, akhirnya dibukalah toko kecil yang awalnya menjual tak lebih dari 20 loyang perhari dan terus bertambah sampai akhirnya mencapai 700 loyang perhari.

Rasanya ada, mulai dari Original Brownie, Cheese Cake Brownie, Classic Brownie, Vanilla Marble Brownie dan masih banyak lainnya lagi hingga 12 macam brownies. Harga??? Mulai dari Rp. 10.000 – 58.000.

————- Soal Rasa

Kebetulan Yongky membelikan saya yang rasa Vanilla Marble. Brownies ini berciri brownies dingin yang kering, seperti brownies langgananku di Jakarta sana. Bagian luarnya kaku (keras) tapi begitu gigitan sampai ke dalam, ia terasa sangat lembut dengan rasa coklat yang benar benar langsung lumer dilidah. Apalagi ketika lidah menyenggol bagian berwarna putih yang lumer seperti coklat putih kental, wow sensasinya luar biasa. Manis pahit wangi dan aroma panggangan yang nonjok lidah. Makasih sanget ya Yongky … aku terharu, diantara hari sibukmu yang melelahkan dan menguras jiwa raga di Surabaya, kau masih sempatkan kembali ke Jakarta dengan memberiku oleh oleh. Tuhan memberkati selalu ya Yong.

Alamat : Cabangnya ada banyak sekali, salah satu yang sering aku liat adalah yang di Jl. Diponegoro no 94. Tapi tampaknya yang utama adalah yang di Jl. Simpang Darmo Permai Selatan 14/50 Surabaya Jawa Timur. Dengan Delivery Call 031 77557755




%d bloggers like this: