Gurih-nya Lemak Kepala Udang di Pondok Baronang Pelabuhan Sunda Kelapa

December 3rd, 2010 by · No Comments

Penikmat seafood sebaiknya tak melewatkan tempat makan yang satu ini dalam daftarnya. Lihatlah, meski lokasinya nyempil jauh dari keramaian dan berdiri di antara truk raksasa di pelabuhan sunda kelapa, para artis kenamaan Ibu Kota pecinta seafood nyaris semuanya pernah mampir kemari. Mulai dari Daniel Mananta, Zaskia dan Anung Bramantyo, dan siapa lagi yach, banyak banget. Saya hitung kasar sekitar ada 40an foto dan tanda tangan yang dibingkai rapi dalam pigura. “Itu baru sebagian kecil, sebetulnya masih banyak lagi”, begitulah jawaban Daeng Raja pemilik resto ini ketika saya tanya tentang foto foto tersebut. Wow …

Selain ramai di datangi para artis Ibu Kota, resto ini juga menjadi incaran pengusaha kelas kakap hingga kelas teri seantero Jabotabek bahkan hingga Bandung. “Awalnya saya buka di kawasan sini karena mengincar bos bos kayu (dulu di pelabuhan sunda kelapa banyak gudang kayu). Menurut pengalaman, bos bos chinese itu suka makan dan sekali mereka cocok mereka nggak cuma akan kembali, tapi juga membawa teman dan begitu seterusnya. Ternyata terbukti, meski sekarang disini sudah nggak ada gudang kayu, tapi mereka tetap datang. Teman yang pernah mereka ajak pun juga tetap datang kemari”. Strategi yang luar biasa dari daeng ya.

Rasa Makanan, “Paling Jago dalam Original Taste”

Ketika kesana saya mencicip cukup banyak hidangan. Mulai dari Udang Galah Bakar, Kepiting Saus Padang, Kepiting Bakar, Kerang Saus Padang, Ikan Baronang Bakar, Ikan Bandeng Bakar dan Ikan Bawal Goreng + masih ada Kangkungnya. Mantaaaf!!! Mari kita coba satu persatu.

Udang Galah Kepala Telur

Pecinta udang dijamin tak akan bisa berhenti mengupas dan menyerap lemak lemak kepala udang yang ada di hadapan. Luar biasa, udang galah yang digunakan benar benar pilihan. Ukurannya sangat jumbo. Alhasil ia menyimpan lemak di kepala yang terasa sempurna. Saking enaknya, pelanggan menyebutnya “Kepala Telur”.

Pun dengan daging udangnya. Dimasak tak terlalu matang, udang ini ketika digigit mampu menimbulkan sensasi kress yang nagih banget. Dagingnya karena diproses dan disimpan secara benar, kesegarannya benar benar terasa manis dan gurih. Udang ini makin terasa lemak nian ketika di cocol dengan sambal spesial dari Pondok Baronang. Sambal bercampur mangga muda yang sangat saya sarankan anda beri sedikit perasan jeruk nipis dan kecap,… wowowowoowww sensasinya dijamin akan membuat anda kembali. Mantaaaf!!!

Kepiting Bakar + Kepiting dan Kerang Saus Padang


Kepiting Bakar-nya saya suka dan saya yakin anak kecil juga suka. Karena kepiting ini memiliki rasa manis yang menawan. Dibumbu kecap dan mentega plus tambahan sedikit rempah, saus kepiting bakar ini mampu membuat saya menghilangkan kesedihan akibat jatah udang galah saya sudah habis. Hm ,.. heheheee …

Sengaja kami pesan kepiting dan kerang saus padang, karena pemilik resto, Daeng Raja, mengatakan, “Meski sama sama saus padang, tapi rasanya berbeda”. Okelah kalau begitu pesan ke duanya. Ternyata benar rasanya sangat berbeda antara saus kepiting dan saus kerang. Saus kepiting ia lebih kental dengan rasa bumbu – agak terasa seperti kari – yang sangat kuat menonjol. Colek sedikit, bumbu sudah mampu menggerakan semua indera lidah. Sedangkan saus padang kerangnya, ia lebih soft dengan bumbu yang cair.

Aneka Ikan yang Original


Original!!! Hanya ini yang bisa saya katakan terkait aneka rasa ikan yang saya cicip. Baik Bandeng, Baronang dan Bawal, meski telah diolah dengan bumbu, ternyata dagingnya sama sekali tidak meninggalkan rasa aslinya. “Rahasia tentu pada pemilihan bahan baku. Bohong kalau bahan baku jelek bisa menghasilkan rasa yang bagus. Untuk itu kunci utama kami adalah pemilihan bahan yang berkualitas baru kemudian ditunjang dengan teknik penyimpanan dan memasak yang benar”, jawab Daeng Raja terhadap pertanyaan saya.

Pesan beberapa pengunjung yang saya tanya, “Jangan lewatkan Bandeng Bakarnya. Original taste”. Ya, bandeng bakar merupakan menu yang jarang ada di tempat seafood lain di Jakarta. Dan disini anda akan menemukannya dengan rasa yang tak akan mengecewakan. Oya,… jika anda kemari, saran saya sungguh jangan pernah lewatkan kangkungnya. Gileeee mantab abiiiiissss …. kangkungnya sangat wangi.

Alamat : Seafood Pondok Baronang Daeng Raja. Jl. Baruna Raya. Komplek Shipping Centre Blok A2 no 10 Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Utara. 021 6925847 – 0813 10371776

penulis : caturguna rahayuningsih. dokumentasi : wisataseru.com

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Utara · Wisata Kuliner

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment