Cawan Tea House – Gudangnya Aneka Macam Pernak Pernik tentang Teh China

December 6th, 2010 by · 3 Comments

Teh China, merupakan teh dengan segudang manfaat, rasa sekaligus filosofi dan kebudayaan. Maka tak heran, jika seseorang sekali mengenal rasa yang sesungguhnya dari teh ini, maka ia akan langsung jatuh cinta dengan manfaat dan juga filosofi plus kebudayaan yang mengikut dibelakangnya. Dan senangnya, di Jakarta kini hadir 1 lagi sebuah toko yang menjual aneka pernak pernik sekaligus macam macam daun tehnya. Saya menyebutnya, one stop – chinese tea – shopping.

Seperti apa sih Cawan???

Cawan memang baru buka 3 bulan silam. Namun jauh di tahun tahun sebelumnya, sang pemilik, Johanna dan partner, telah menjadi pemasok teh china ke beberapa restaurant china terkemuka di Indonesia. Hobby yang tak bisa dipungkiri, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat show room. Visi misi nya cukup sederhana, supaya orang lebih mengenal tentang chinese tea yang sesungguhnya.

Pasalnya, teh teh cina di restaurant biasanya tidak diseduh dengan cara yang detail dan benar. Sehingga rasa teh yang seharusnya sangat lezat cuma jadi sekedar pelepas dahaga saja. Tentu tak bisa disalahkan, karena restaurant tentu tak memiliki waktu untuk melakukan penyeduhan yang sangat membutuhkan keahlian. Bagaimana jika tiap meja memesan teh china? Kan nggak mungkin tiap meja diberi satu pelayan yang hanya khusus untuk menyeduh teh. Selain biaya yang pasti mahal untuk biaya karyawan, juga akan tidak nyaman bagi pelanggan.

Terkait visi misi yang di emban, Cawan pun menjual tak hanya daun teh saja. Melainkan juga aneka macam pernak pernik untuk menikmati teh cina yang sesungguhnya. Mulai dari teko beraneka macam jenis, keramik dan tanah liat juga kaca, sampai dengan perlengkapan set chinese tea dan set meja perjamuan minum teh yang nyaman. Semua barang di datangkan langsung dari china, kecuali meja meja kayu yang merupakan asli produksi pengrajin Jawa Timur.

Lukisan dari Teh Pu Er yang Menawan


Jika anda melihat lukisan terpajang, itu adalah lukisan yang terbuat dari daun teh yang benar benar bisa diminum. Daun teh tersebut dibuat lukisan karena daun teh yang digunakan memang jenis daun teh yang makin lama disimpan akan memiliki rasa makin enak. Daun Teh jenis Pu Er namanya. Ia bisa disimpan hingga ratusan bahkan ribuan tahun. Penyimpanannya pun tak memerlukan perawatan tertentu. Ia bisa dipajang begitu saja di dinding atau diletakkan dalam gentong tanah liat.

Mengapa mesti gentong tanah liat??? Karena gentong, memiliki pori pori, sehingga masih memungkinkan udara untuk keluar masuk. Ya … Pu Er disarankan untuk tidak disimpan pada toples atau tempat yang kedap udara dan atau lembab. Hal ini dapat merusak daun teh. Untuk yang berbentuk lukisan sendiri, biarkan saja ia terpajang di dinding. Paling paling hanya bersihkan saja dari debu debu yang menempel, tentunya dengan kain kering. Bukan dengan kain basah.

Aneka lukisan teh ini sangat manis untuk dijadikan hadiah atau oleh oleh. Selain bentuknya yang cantik, teh ini makin disimpan makin lama juga akan memiliki harga yang makin melambung. Harga untuk lukisan teh ini sekitar 8 hingga 10 juta rupiah dan mungkin saja bisa lebih jika nanti datang dengan ukuran lebih besar atau usia teh yang lebih lama. Um,… oke juga yach buat seserahan atau oleh oleh Imlek tahun depan dan atau hadiah kenaikan jabatan teman.

Selain lukisan disini juga dijual seperangkat tea set yang sudah lengkap dalam bentuk parsel. Harganya pun tak terlalu mahal. Bahkan saya sempat menyesal, “Ngapain kemarin berat berat dari china bawa 2 set alat seduh teh” hehehee,… karena harganya benar benar tak terlalu berbeda dan sangat worth it daripada berat berat bawa dari china. Repot karena kan tidak bisa masuk bagasi (bisa bisa pecah nanti sampai Indonesia). Sepengelihatan saya, harga parsel set alat seduh ini mulai dari 125 ribu rupiah.

Aneka Macam Teh di Cawan

Teh disini sangat beragam. Yang pasti semuanya berasal dari negeri tirai Bambu. Negara penghasil teh yang di akui dunia. Mulai dari teh jenis Pu Er, Oolong, Green Tea, White Tea sampai Teh Bunga dan Teh Herbal. Semua dijual dalam kemasan kemasan sedang sampai besar dengan harga mulai dari Rp. 30.000/ pak sedang.

Um,… buat yang kesusahan mencari teh yang ketika direndam, daun tehnya bisa berubah wujud menjadi bunga mekar yang sangat cantik, disini juga ada loh. Macam macam aroma dan rasanya. Bahkan disini juga ada Pu Er yang dibungkus dengan kulit jeruk. Hm,.. tak tahu seperti apa itu rasanya, tapi tampaknya suatu saat perlu di coba. Apalagi khasiat dari pu er jeruk ini bisa dibilang dahsyat, yaitu memiliki efek yang baik terhadap lambung, kulit, hati, paru paru dan ginjal. Bahkan digadang gadang, Teh Pu Er Jeruk ini dapat menghilangkan kecanduan alkohol.

Kemudian juga ada aneka macam teh bunga seperti, bunga mawar, bunga lili, bunga camelia dan masih banyak lagi. Saya sempat mencoba yang rose/ mawar. Wow, luar biasa. Rasanya enak sekali. Sangat lembut dan wangi. Ketika meminum rose ini, entah mengapa tiba tiba pikiran saya menjadi relaks dan sangat tenang. Rose ini sendiri bagus untuk kecantikan. Dengar dengar rose ini sangat ampuh untuk menghilangkan keriput wajah. Dari segi kesehatannya, rose ini mampu menghilangkan infeksi dan melembabkan tenggorokan yang kering. 1 pak nya bunga rose ini dijual dengan harga Rp. 30.000.

Selain bunga bungaan, disini juga ada aneka macam teh herbal. Untuk teh yang satu ini biasanya untuk penyakit penyakit tertentu dan sangat spesifik. Teh yang diracik dengan berbagai macam akar akaran dan atau tanaman lain sehingga menghasilkan sebuah ramuan yang berkhasiat menyembuhkan. Soal rasa??? Namanya juga lebih ke obat, jadi bisa dijamin anda harus menahan pahit yang kuat.

Selain teh herbal, teh lain yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tertentu juga ada. Seperti lembar daun Teh The Kuding yang mampu menghilangkan demam dan sakit kepala. Dan,… ow masih banyak sekali macam dan khasiatnya. Penasaran??? Yuk mari coba saja kemari dan pilih pilah teh yang anda suka.

Teknik Menyeduh Teh China – Kung Fu Cha

Selain one stop chinese tea shopping, tempat ini juga sangat nyaman untuk digunakan kongkow bersama teman atau kolega. Jika anda masih belum tau bagaimana cara menyeduh teh yang benar, pelayan disini akan membantu anda. Tapi kira kiranya menyeduh teh china itu adalah seperti dipraktikkan oleh Pak Se Tjie, motivator di Komunitas Pecinta Teh Jakarta berikut ini.

Mula mula, ambil teh dengan sendok khusus teh. Kira kira banyaknya, 1/3 dari besar teko. Cuci daun teh dengan cara tuangkan air ke dalam teko yang sudah terisi daun teh dengan suhu yang telah ditentukan dan langsung buang airnya (90 derajat celcius untuk jenis teh merah, hitam dan oolong. Sementara untuk teh hijau dan teh bunga cukup 70 derajat celcius saja).

Kemudian tuang kembali air panas tersebut, tunggu sekitar 20 detik dan langsung pindahkan ke dalam potserve sampai air benar benar habis. Setelah itu baru tuang ke cawan tamu anda masing masing. Memberikan cawan kepada tamu, jangan dengan tangan. Karena sudah disediakan alat penjepit yang memang digunakan untuk menyajikan kepada tamu.

Usai seduhan pertama, daun teh jangan dibuang, karena biasanya teh china dapat diulang penyeduhannya hingga 5 – 12 kali tergantung jenis dan bagus tidaknya kualitas teh juga benar tidaknya cara menyeduh. Hm,… bagaimana??? Kongkow sehat dengan minuman dari negeri tirai bambu. Pengalaman saya, teman teman yang pernah saya sajikan teh china dengan cara menyeduh yang benar, mereka selalu langsung jatuh cinta. Selamat mencoba.

Alamat Cawan Tea House. Mall Mangga Dua Square. Lt UG Blok A/ No 23. Jakarta Utara. 021 62318546

penulis : catur guna yuyun angkadjaja. dokumentasi : wisataseru.com

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Jakarta · Kuliner Jakarta Utara · Wisata Kuliner

3 responses so far ↓

  • 1 simson // Jul 20, 2012 at 1:56 pm

    hallo…. cawan tea yg di mangga dua square kog ga pernah buka ya? tiap kali kesana pasti tutup. msh buka ga?

  • 2 yohan // Sep 13, 2012 at 7:37 pm

    hello, Cawan Tea sekarang hadir di Muara Karang Blok N5 Barat No.21A, JakUt.

  • 3 edrik // Oct 8, 2012 at 11:46 am

    hallo yohan, ada no.tlp cawan tea yg di muara karang gak yha?

    tq.

Leave a Comment