Bandar Djakarta : Seafood berkonsep Taman di Serpong (Mencicip aneka Saos Ter’anyar)

Siang itu, langit setengah mendung ketika saya sampai di Bandar Djakarta Serpong. Udara yang sejuk, tentu menambah gairah makan seafood nih, pikir saya. Dengan langkah tegap, masuklah saya ke resto yang mampu menampung 1000 orang lebih ini. “Wow, luar biasa nyamannya”. Itulah kesan pertama saya. Karena resto seafood ini memiliki taman hijau nan asri dengan gemericik air lengkap dengan saung saung lesehan.Dengan suasana yang kekeluargaan ini, tak heranlah jika resto ini selalu dipenuhi oleh penikmat seafood tak pandang siang atau malam.

Yang membuat saya kaget terheran heran. Nyaris tiap meja yang saya temui, mereka memesan sangat banyak makanan. Seperti tetangga disebelah saung saya. Mereka adalah sebuah keluarga yang terdiri dari “Ayah Ibu dan 2 anak yang masih usia dibawah 8 tahun”. Ber 4 yang menurut saya bukan 4, karena yang 2 adalah anak anak, mereka memesan 8 macam makanan. Mulai dari kepiting, udang, cumi, kerang, sup tom yam, ikan hingga aneka sayur. Hebatnya, diakhir acara makan, semua ludes tak bersisa. Wow… begitu juga dengan tetangga sebelah satunya lagi. 2 pasang suami istri dengan 3 anak, memesan makanan yang saya lihat kelebat terdapat sekitar 15 piring lauk.

———– Saus ter’anyar dari Bandar Djakarta

Kepiting Kul Kul Saos Telur Asin (Rp. 12.000/ ons)


Inilah hidangan yang membuat saya jatuh cinta bak mabuk kepayang. Saus telur asinnya tampak berminyak menggoda. Ketika di cocol bahkan tanpa kepitingnya pun, saya bisa menghabiskan 1 piring nasi. Pasalnya, telur asin yang digunakan disini benar benar telur asin masir yang kemudian dibumbu sangat ringan tanpa bau amis sedikitpun. Gurihnya mantab.

Sementara Kepiting Kul Kul adalah kepiting dengan bentuk yang sangat manis ‘cute’. Warnanya ungu, tempurungnya bergelombang dan mata kepitingnya lebar seperti tokoh kartun manga. Kepiting ini juga lincah namun tidak agresif, sehingga ia tak perlu diikat untuk dipilih pelanggan. Namun meski demikian, jangan main main dengan kepiting asal ujung kulon ini. Karena meski tidak agresif, namun jika anda mengganggunya, sekali mencapit maka ia tak akan melepas.

Kepiting Kul Kul ini sendiri memiliki daging yang berlemak. Namun menurut saya, teksturnya lebih kasar daripada kepiting lainnya. Sehingga jangan dibayangkan, ketika anda membuka kepiting ini lantas akan mendapati daging yang putih bersih dan licin. Dengan tekstur yang keras ini, maka pelayan menyarankan saya untuk mengkolaborasikan kepiting ini dengan saus telur asin. Jatuhnya emang pas banget!!!

Udang Galah Madu Pedas


Keunggulan saus baru ini, memang terletak pada rasanya yang medok. Kombinasi asam, manis dan pedasnya sangat mencolok dilidah. Meskiiii, pedasnya bukan pedas yang akan membuat anda berkeringat. Pedasnya lebih terasa pedas saus yang ketika mampir di lidah rasanya tampaknya smooth. Sedangkan manisnya, terasa sangat pekat, selengket cairan madu. Saus Ini memang tepat dijadikan bumbu bagi udang galah yang gurih dan dimasak hanya setengah matang. Kresssss ….

Gurita Goreng Tepung


Gurita. Cara memasak hidangan yang 1 ini dibutuhkan teknik yang cukup tinggi. Pasalnya salah dalam pengolahan, maka dagingnya akan sekeras karet alias tak layak makan. Dan disini? Tentunya Gurita tampil cantik dengan kekenyalan yang pas sekali di lidah. Dengan dimasak Goreng Tepung, saya bisa mengatakan pada anda, ini bukan untuk dimakan dengan nasi, melainkan enak digunakan sebagai camilan sebelum memakan hidangan yang lain. Kriuk tepungnya, manis guritanya.

Untuk rasa memang ia tak jauh berbeda dengan cumi, bertekstur kenyal dan lembut. Namun, gurita ini saya rasa, dagingnya lebih memiliki rasa manis daripada cumi. Selain itu dagingnya juga lebih kenyal dari cumi. Dan rasa manis itu sendiri datangnya dari cairan yang masih tersimpan dalam dagingnya yang kenyal.

Teppanyaki BBQ


Disini saya juga menyempatkan mencicip hidangan teppanyaki. Teppanyaki sendiri adalah teknik memasak dari Jepang yang mengandalkan kecepatan dan ketepatan. Biasanya cara memasak teppanyaki di iringi juga dengan seni attraksi. Maka, dimana pun, chef pembuat teppanyaki selalu memasak dengan ‘open kitchen’. Ini supaya pelanggan dapat sekaligus terhibur dengan gaya memasang sang koki.

Yang membedakan teppanyaki disini dengan ditempat lain tentu dari sausnya. Saus BBQ disini memiliki rasa asam dari jeruk dan nanas yang cukup kuat. Segar jatuhnya. Sedangkan saus seafoodnya yang mantab juga digunakan sebagai cocolan, memiliki rasa gurih kacang dan terdapat aroma buah yang tipis. Buah dan Seafood? Memang kombinasi yang tepat, gurih dan segar.

——— Lain lain tentang Resto

Bandar Djakarta merupakan salah satu resto yang bahan bahannya kita disarankan untuk memilih sendiri di pasar ikan yang terletak di bagian depan resto. Namun jika tak ingin repot pun bisa, meminta tolong pelayan untuk memilihkan buat kita. Mengapa memilih sendiri? Tentu pertama untuk kepuasan dan kedua untuk menentukan gram bahan yang kita beli. Karena semua seafood disini harganya dihitung per ons-nya. Per-ons + biaya masak.

Alamat Bandar Djakarta – Seafood Garden Serpong. Flavor Bliss Alam Sutera, Serpong, Tangerang. 021 53140388




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: