Suasana Gathering V : Nendo, Seni Melukis dengan Limbah Roti

nendo-di-ulen

Siang itu cuaca cukup mendung, angin dan sedikit tetesan air dari langit membuat saya, Kadek, Furqon dan Desi, sampai di Resto Soto Karak Bogor dengan baju berbintik bintik basah. Yuppppp …. siapakah Kadek, Furqon dan Desi??? Kadek adalah wartawan kompas.com yang hendak meliput kegiatan gathering wisataseru yang bertema ‘nendo’. Sedangkan Furqon dan Desi adalah peserta gathering yang memilih untuk bergabung berangkat bersama dengan menggunakan kereta KRL Ekonomi AC Jakarta tujuan Bogor. Ke Bogor??? Ya,… gathering kali ini memang beda, inilah pertama kali diadakan di luar Jakarta. Lalu kami menuju ke Soto Karak dari stasiun Bogor menggunakan angkutan nomor 07 yang ternyata tidak berhenti tepat di depan Soto Karak. Jadi, kami mesti berjalan sekitar 100 meter dan saat itu gerimis tengah datang.

————– Apa sih Nendo??? Kenapa jadi tema Gathering???

Nendo adalah seni melukis dari Jepang dengan memanfaatkan limbah roti tawar. Limbah??? Ya,… pinggiran roti tawar yang biasanya dibuang tak dimakan atau roti tawar basi yang sudah berjamur, sebaiknya mulai saat ini tak usah dibuang. Karena dengan diberi sedikit lem FOX dan body lotion, roti tawar tersebut dapat menjadi lukisan berharga jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Adonannya kira kira seperti ini: jika anda menggunakan 50 gram roti, maka gunakan juga 50 gram lem FOX dan 50 gram body lotion. Terus ulen hingga khalis dan langsung wrap dengan menggunakan plastik.

Mengapa mesti di bungkus??? Karena adonan ini terbuat dari campuran lem yang cukup keras, maka tak bisa terlalu lama terkena angin. Jika hal ini terjadi, maka adonan akan menjadi pecah dan lama kemudian akan mengeras. Saat itu, maka adonan sudah tak dapat dipakai atau jika anda ngotot untuk menggunakannya maka perlu perlakuan khusus supaya adonan tersebut dapat kembali lemas dan halus bak clay/ malam.

Ya … adonan ini bentuknya memang sama persis seperti bahan clay, pun dengan cara menggunakannya. Adonan dibentuk sekena hati seperti anda sedang bermain clay atau malam. setelah itu susun dan jadilah sebuah lukisan seperti pada foto foto dibawah ini.

Lukisan dari Limbah Roti Tawar karya Bu Emmy

Percaya tak percaya, lukisan yang indah ini benar benar terbuat seluruhnya dari roti tawar yang diberi warna. Hebatnya, lukisan ini bisa tahan lama dan pula tak dimakan serangga. Cara membersihkannya pun mudah, hanya dibersihkan saja dari debu. Lukisan dibawah ini semuanya adalah karya Bu Emmy Subagyo. Dimana pada tahun 1998, salah satu lukisannya dibeli oleh orang Jepang dengan harga 30 juta rupiah.

Ditilik secara bahan, tentunya murah meriah jauh dibanding jika kita menggunakan clay yang segenggamnya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu rupiah. Tapi dengan limbah roti tawar??? Lukisan ini tak butuh biaya mahal tentunya.Diangkatnya, ‘nendo’ sebagai tema gathering kali ini sendiri karena wisataseru selalu ingin menyajikan hal yang unik dan ramah lingkungan.

————— Tentang Gathering

Suasana Kekeluargaan begitu terasa

Kali ini bisa dibilang, gathering dengan peserta tersedikit dari beberapa gathering sebelumnya, 13 peserta, tapi sekaligus bisa diblang gathering terseru selama beberapa kali gathering. Lho kok??? Iya justru karena peserta yang sedikit, maka suasana kekeluargaan jadi lebih terasa dan semua peserta benar benar merasa puas karena benar benar mendapat materi dan perhatian secara lengkap dan detail. Hasilnya??? Lihat saja!!! Semua peserta berhasil menyelesaikan karya mereka dan bahkan bisa dibilang terlalu bagus untuk mereka yang baru pertama kali belajar. Amazing ya!!! Semua ini, thanks to Bu Emmy yang benar benar tak kenal lelah kesana kemari untuk mengajar satu persatu peserta yang butuh bantuan.

Hasil Karya Peserta – Kereeeen banget – maaf ada 3 karya lagi yang lupa di foto secara sendiri

Materi yang diberikan pun tak hanya teknik melukis/ membentuk, melainkan peserta benar benar diajar dari awal. Mulai dari bahan mentah berbentuk roti tawar hingga menjadi adonan siap pakai. Mulai dari pewarnaan sampai dengan tips tips menyimpan adonan supaya bisa tahan lama. Pokoknya semua dikupas habis. Harapan Bu Emmy tentunya, selepas dari gathering ini, peserta bisa praktik sendiri di rumah. Syukur syukur ditekuni menjadi hobi yang menghasilkan uang seperti dirinya.

Pada serius serius bangetΒ  – ganbatte!!!

Oya, yang membuat acara ini menjadi sangat seru, adalah juga karena, meski peserta hanya berjumlah 13 orang (Farid Wadji, Dessy Arisandy, Ahmad Furqon, Muji Pramudya Nugraha, Yohanes Salim, Marcelinus Putra Wijaya, Tsuraiya Issa Firdaus, Aurora Aurelia, Iriani Sulastri, Hengky S Hartono, Fransisca Yulia, Aster Buchari dan Dessy Buchari) namun kenyataannya, orang yang hadir lebih dari 20 orang. Karena beberapa orang datang dengan membawa keluarga. Seperti Pak Hengky yang datang dengan anak istri, Marcelinus datang dengan papa mama dan adik, Dan juga Aster yang datang dengan keluarga besarnya. Alhasil, acara pun jadi lebih seru, karena mereka bisa ikut gathering sambil berkumpul bersama keluarga, benar benar nuansa liburan.

Gathering kali ini juga menjadi pelajaran bagi saya dalam masalah tanggal penyelenggaran. Hiks,… maaf buat teman teman yang nggak bisa ikut karena ternyata tanggal 18 Desember 2010, merupakan tanggal keramat. Hehehe,.. maksudnya tanggal dimana ternyata bersamaan dengan pengambilan raport sekolah, pesta Natal di beberapa Gereja, Ujian Semester bagi yang kuliah dan hari baik sehingga banyak jadwal Kawinan. Hm… sungguh minta maaf, hal ini jadi menyebabkan beberapa peserta yang sangat ingin ikut, terpaksa tidak bisa ikut.

————- Yang di Dapat Peserta

wisataseru juga selalu mengutamakan seruuuu … jadi meski beberapa orang membawa keluarga, kami tak membiarkan keluarga mereka terbengkalai. Maka, meski mereka datang dengan maksud hanya melihat pun kami perbolehkan untuk turut serta membantu dan makan snack berupa pisang goreng garing dari Pisangku dan teh Jepang asli oleh oleh dari sahabat wisataseru yang baru saja pulang dari negeri sakura. Selain itu pihak Resto Soto Karak juga menyediakan teh poci hangat yang sangat berlimpah.

Makanan dan snack selama Gathering

Gathering kali ini sendiri biayanya adalah Rp. 75.000/ orang. Mereka tak hanya mendapat Ilmu ‘Nendo’ langsung dari ahlinya, Bu Emmy Subagyo, tapi juga mendapat 2 macam snack (dari Pisangku dan dari Soto Karak) + Set Menu Ayam Bakar Cola dan Minuman bersoda boleh pilih sendiri mulai dari Coca COla, Fanta dan Sprite. Selain itu, hasil karya peserta juga boleh dibawa pulang.

Oya,… omong omong soal rasa makanan si ayam cola ini??? Ayam manis dengan ranjau ranjau cabe rawit di beberapa bagian ayam yang bisa saja mengejutkan lidah anda. Resep ini sendiri asli racikan dari Bu Emmy ketika ia tinggal di Jepang dan sedang tak ada bumbu masak di rumah. Ia pun menggunakan apa saja yang ada di kulkas dan ternyata enaaaak. Alhasil, begitu kembali ke Indonesia dan buka resto Soto Karak, menu ini pun menjadi jualan yang ternyata laris manis.

dapat voucher @Rp. 105.000 dari Totok Aura Dian Kenanga : Yohanes, Aster, Aurora, Muji dan Bu Emmy (kanan atas : Farid – dapat teh merah Indonesia)

Ups… masih ada satu lagi nih. Dian Kenanga Totok Aura juga tak ingin ketinggalan bagi bagi voucher, yaitu 5 buah voucher free Totok Aura Wajah senilai @Rp. 105.000,-. Peserta yang beruntung mendapatkan voucher tersebut adalah:

1. “Yohanes Salim, sebagai pendaftar pertama di gathering Nendo”
2. “Aster Buchari sebagai peserta dengan pembawa teman terbanyak”
3. “Aurora sebagai peserta dengan karya Nendo terbaik pertama”
4. “Muji Pramudya sebagai peserta dengan karya Nendo terbaik ke dua”
5. “Bu Emmy sebagai pelatih yang sangat bermurah hati membagi ilmu tanpa rahasia yang ditutup tutupi”.

wisataseru bagi bagi voucher

Hm,… saya yakin, sekali mencoba voucher totok ini, mereka pasti akan kembali. Mengapa??? Karena totok aura di Dian Kenanga memang benar benar luar biasa. Dari 7 teman yang saya ajak dan rekomendasi kesana, 6 diantaranya sudah kembali lagi dan 2 diantaranya langsung rajin seminggu sekali totok aura. Sedangkan 1 lagi belum kembali namun sedang merencanakan untuk datang kembali.

Selain mendapatkan voucher totok aura wajah di Dian Kenanga Jakarta, peserta dengan karya Nendo terbaik 1 – 3 (Aurora, Muji dan Dessy Arisandi) juga mendapatkan kesempatan berlatih Nendo gratis 1 x senilai @Rp. 125.000,- bersama Bu Emmy di Soto Karak. Jadiiii … dengan peserta membayar Rp. 75.000/ orang dan mendapat semua ini, sungguh sebetulnya acara ini bisa dibilang gratis … di Gathering ini, Bu Emmy tak menarik biaya Nendo, ia hanya ingin berbagi ilmu yang ia miliki. Semoga rejeki dan kebahagiaan dari Tuhan selalu beserta Bu Emmy dan Keluarga.

Oya … kejutan wisataseru nggak cuma sampai disini. wisataseru yang selalu ingin hadir sebagai keluarga bagi para membernya. Maka begitu mengetahui salah satu peserta, Farid Wadji, adalah seorang pecinta teh yang luar biasa semangatnya terhadap teh dan telah mengenalkan wisataseru pada komunitas pecinta teh, maka pada gathering kali ini, wisataseru menghadiahinya teh merah asli Indonesia kualitas BOP produksi dari Siang Ming Tea. Keesokannya, Farid langsung menghubungi saya dan bilang, “Mbak teh-nya enak sekali. Wangiiiii”.

———— Terima Kasih untuk Media yang Hadir dan Meliput

Mia RCTI – Ditto Trans TV – Ira MNC TV

Kali ini media TV dan online juga hadir di gathering Nendo di Soto Karak ini. Mereka adalah Kompas.com yang diwakili oleh Kadek dari bagian Travel. Sedangkan Media TV adalah Trans TV, RCTI dan MNC TV. Serunya, mereka tak hanya sekedar datang dan meliput, melainkan mereka juga ikut turut serta belajar mulai dari awal sampai jadi sebuah karya. Menyenangkan sekali. Sungguh terima kasih untuk kesediaan para media yang telah hadir. Kedatangan kalian benar benar adalah bagai suntikan semangat bagi wisataseru untuk terus menghadirkan acara acara seru dan unik. Doakan yach supaya wisataseru bisa terus ada. Terima kasih Tuhan, terima kasih keluarga dan terima kasih para Narasumber yang baik yang mau membantu acara gathering wisataseru, terima kasih para media dan terima kasih para peserta dan member. wisataseru adalah nothing tanpa semua unsur ini.

Haiyaaa … lagi lagi peserta udah pada pulang, baru inget foto hehee … hasilnya cuma sebagian aja deh yang foto

Lokasi : Soto Karak
Jl. Jendral Sudirman no 30 Bogor
(depan museum Peta Bogor)
0251 474 3486.

Acara ini di sponsori oleh : Gerai Emmy Subagyo, Pisangku dan Totok Aura Dian Kenanga.

Naskah dan Foto : caturguna yuyun angkadjaja – wisataseru.com

Peserta dengan hasil karya masing masing




17 comments

  • oce : heheheheeee iya seruuuu seneng deh
    yohanes : wakakaka kamu bener bener vini vidi viciii … buset datang disaat titik darah penghabisan terus heheheeeee πŸ™‚ siiiippppp!!! lain kali ikut lagi ya yoooo πŸ™‚

  • farid πŸ™‚ heheheheee … kamu pasti ketawa ketawa pas bagian teh ya hihihiii … makasih lo rid sudah dikenalin sama orang orang hebat di pecinta teh πŸ™‚ semoga farid bisa jadi ahli teh di kemudian hari πŸ™‚

    sebetulnya masih banyak pengen cerita nih … soal gathering … tapi kemarin nulis sampe jam 1 malam, udah ngantuk sampe ketiduran depan komputer hihiihii … nanti kalau senggang aku tambahin lagi ni artikel heheeee

  • hahaha, iya bener bgd kak.. aku senyum2 ga jelas di kamar sendirian pas lg bacanya. wah, makasih byk kak doanya. πŸ˜€
    bener dah, reviewnya menurut aku bagus bgd. tapi masih ada beberapa yang kurang ka, alat2 untuk membuat nendo blm di cantumin. nendo aku sampe rumah carut marut, gara2 aku taro di dlm tas :(. berontak semua.. ahahha.

  • farid : hahahaaaa betuuuuuuullll … alat alatnya sampe cuma dibahas dikit doang … iya nanti aku lengkapi yang bagian itu πŸ™‚ waduuh makasih banget riiiidddd πŸ™‚

    hahahahaaaaaa berarti lemnya kurang ya ridd … kurang kering … terus harusnya di bungkus plastik dulu biar gak kesangkut sana sini dan jadi hancur :p

    masih bisa diperbaiki lagi kaaah???

  • Aloo purple…

    duh pengen juga buat di kota lain. tapi masih belum ada SDM nih..hehe..mau jd volunteer? πŸ™‚

  • slm knal dri rere,, aku tau tentng nendo di TV, n aku pngn bgt bsa kak. kendalanya aku bkn orang bogor, dan kuliah ku pun di malang. tlong dicantumkan bahan, cara n pkoknya yng lgkap dah..biar aku bsa blajar dari jauh…eheheheheh…mkch..

  • Seru seru banget gatheringnya, kpn nie diadain lg pengen banget ikutan… kabar2in dong ke email klo emang ada lg jadwalnya, gathering apa aja deh.. Soalnya hobi bgt jln2 sambil belajar gn dpt ilmu ok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: