Ada Apa dan Seperti apa sih, Guang Zhou China??? (kumpulan foto on the street)

Ini adalah foto foto tim wisataseru saat mengunjungi Guang Zhou China pada April 2010. Maaf hanya disajikan foto dengan penjelasan yang sangat singkat, karena saya nggak ngerti bahasa Mandarin dan nggak tau nama nama lokasi yang bersangkutan, alias asal jalan aja. Jadi kekuatan artikel ini adalah, nikmati saja foto foto yang ada … hehehee be seru aja yach!!! Dan kalau ada yang tau informasi tentang foto ini, please drop comment di bawah yach … supaya bisa saling bertukar info dengan pembaca yang lain.

Begitu sampai GuangZhou, kami langsung menuju hotel dan hunting barang. Dan ups,… pemandangan orang dengan sepeda yang tampak begitu berat menjadi pemandangan pertama saya. Luar biasa … sepeda seringkih itu bisa mengangkut barang sebesar itu … Entah bagaimana mengatur keseimbangannya … tapi aku salut … heheheee … orang disini memang memiliki perjuangan hidup yang sekali lagi, Luar Biasa!!!

Becak yang satu ini tampaknya perlu anda coba. Lucu yach becaknya … xixixiiii …

Di sini ternyata juga ada pasar malam penjual bahan pangan. Bedanya dengan di Indonesia, Jakarta khususnya, pasar disini rapi dan bersih. Alias pedagangnya gak buang sampah sembarangan. Maklum ada polisi yang mengatur tuuh (keliatan kan??? yang pakai topi di belakang itu loh)… Hebat ya, malam malam polisi di sana masih mengurus ketertiban masyarakat di daerah pasar.

Naaah … hari kedua saya pergi ke pusat perbelanjaan murah meriah. Hm… jika anda kemari … anda akan berjumpa dengan para pengangkut barang yang ganteng ganteng … uhuiiiii … Tao Ming Tse bertebaran dimana mana … Sayang, mau motret lebih close up takut … takut dimarai, “Apa Loeee!!!” … hiks kalau tiba tiba digituin gimana???

Malam di hari ke dua, kami menuju ke Jembatan paling populer di GuangZhou … Jembatan ini sebenarnya sangat biasa … sungainya pun tak ada yang istimewa. Tapi, demi memancing wisatawan, mereka memoles semua jembatan di sungai ini dengan lampu warna warni yang menawan. Tak hanya jembatan, bahkan dibuat juga kapal kapal wisata berlampu cerah. Saat kapal melintas, maka akan terdengar alunan musik tradisional khas China. Syahdu dan merdu. Hebat!!! Jika malam minggu, daerah jembatan ini ramai sekali (katanya).

Naaah …. masuk ke bagian kuliner nih. Nggak tau deh ini namanya apa. Yang jelas ia terbuat dari telur dan tepung yang ketika dimakan gurih bukan main. Asin Pedas. Um,… makanan ini sangat berminyak sih, jadi sebaiknya jangan lupa untuk beli minum dan tissue sekalian. Nyaaam,… 2 yuan yang mengenyangkan. Don’t Missed it!!!

Maaf, sekali lagi sungguh dimaaf, disini tulisannya China semua. Nggak bisa baca. Tapi saya bisa menginfokan pada anda, jika disana bertemu dengan kedai seperti dibelakang saya tuh dan jualan cumi atau gurita yang ditusuk sate itu, mending buruan beli deh. Soalnya, enak. Rasanya gurih dan kres banget ketika dimakan. Mantab dah. Susu yang dijual oleh mereka juga seger banget. Aku suka yang rasa coklat, rasanya lembut.

Cukup 3 hari 2 malam di GuangZhou dan sekarang waktunya pulaaang!!! Hati hati,… jika anda sedang berada di China, sungguh saran kami adalah jangan datang ke Bandara terlalu mepet waktunya. Karena, ternyata imigrasi di China, mengular panjaaaang sekali. Dan sama sekali tidak ada ampun bagi anda untuk bisa di dahulukan karena anda terlambat. Anda tetap harus antri di jalur anda sampai giliran anda tiba. Hm,… saya waktu itu mengantri kira kira 40 menit.

Selamat menikmati foto foto ini … heheheeee …. nanti coba saya tanya tanya orang yach tentang GuangZhou ini supaya paling tidak ada sedikit informasi yang lebih berguna daripada cuma sekedar menikmati foto hiihihiiiii …

salam, catur guna yuyun angkadjaja

Info hotel di China, klik disini




33 comments

  • Hi Catur, boleh dishare, naik flight operator apa p.p? backpacker atau pake tour ? ke kota mana saja selama di China ? estimasi biaya (tiket, akomodasi, makan) kira2 brp ? lalu mengurus visanya perlu brp lama ? thank you..

  • joe : waktu itu aku ke singapore via tiger seharga 300ribuan rupiah, terus ke macau naik tiger juga 1 juta rupiahan terus dari macau ke HK nae fery, HK ke shenzhen naik kereta terus baru naik kereta juga ke guang zhou .. terus setelah itu pulang deh 😀

    estimasi biaya makan kalau dicina itu murah paling cuma 15ribu rupiah persekali makan kenyang lengkap dengan teh panas peluntur lemaknya

    disana naik MRT (metro) atau bis murah meriah. tergantung jarak … ada yang cuma 2 ribu rupiah sampe mahal…

    visa butuh 4 harian kerja…

  • Hi Catur thanks ya atas infonya…
    Bisa tahu rekomendasi hotel di GZ yg murah meriah dan cukup enak, kawasan beijing road?
    Rencana mau ke sana nih April 2011…
    Pls info yah…

    Thanks

  • halo kadir, sorry ya, untuk hotel di GZ kami ga ada rekomendasi yg murah meriah. Kmrn itu langsung ama temen soalnya. jd dia yang langsung bawa kami, entah kemana road 😀

    Enjoyyy

  • hi mas catur or mba sophia, rencana Insya Allah 16 april 2011 saya mau ke beijing via KL naik AA, kira2 cuacanya brp derajat celcius? perlu bawa longjhon/baju tebal ga? trus bagusnya tukar rupiah ke yuan di beijing or KL? utk belanja brp kira2 perlunya, 1jt ckp ga? tq

  • alo dina, catur and sophia sama2 mbak nya hahaha..

    16 april berangkat ya.
    emang tinggal di KL? mgkn lebih baik tuker dr KL aja drpd di beijing. pertama, karena kita mgkn ga tau bahasanya jg, dan biasanya jatuhnya lebih mahal 🙂

    untuk masalah cuaca mgkn bisa dicek disini: http://www.weather.com/weather/tenday/CHXX0008

    masalah bawa longjohn, silahkan disesuaikan dengan derajatnya aja. kayaknya skrg udah mau masuk musim panas sih 🙂 but who knows 🙂

    untuk belanja, tergantung mau belanja sberapa banyak. aku belum pernah ke beijing, tp beijing ckp mahal dibanding dengan negara2 lain di china. jadi kalau emang ga belanja banyak, kayaknya sih cukup2 aja 🙂 .

    enjoy the trip 🙂

  • haiii…
    info n foto2 nya keren abizz dehh
    aku mau tanya donk:
    1. klo ke macau tuh perlu visa ga? kira2 brp yah harganya?
    2. lebih enak mana yah ; jkt-hk-macau. atau jkt-macau-hk?
    3. trus klo kamu dulu, (klo aku mau ikutin trip nya kamu, dr jkt-sing-macau-hk-shenzhen-guang zhou ) ngurus visanya gmn? cukup yg ke macau aja kan?
    maaf yah byk tanya, aku ga ngerti n blank bgt ttg hk. thx yahhhh

  • @vini : makasih untuk pujiannya 🙂 senengeee … kalau ke macau ga perlu visa … tapi kalau ke hongkong harus pake visa rasane (lupa aku … ntar aku tanyain yach hehee).. untuk sekali pergi ya paling 300 rebu kalau ga salah ehhehe lupa .. um enak yang pesawatnya murah hehee… cari aja yang murah ke macau atau HK .. soale dari HK ke macau kan deket … mana dulu sama aja …

    kalau aku dulu … ngurus visa masuk cina … soalnya HK kan masuk dalam RRT … jadi cuma ngurus 1 visa aja … itu kan wilayah RRT semua … tinggal datang ke kedutaan china aja … isi formulir, kalau ngga ngerti, coba tanya orang orang yang ada disana aja // aku dulu isi formnya juga dibantuin orang yang lagi nangkring di kedutaan hahahha … bondo nekat banget ..

  • haloo catur .. mo nanya ntar bulan oct aku ada renc ke guangzhou, kata temen kl ke negara china disarankan pakai tour, krn akan menyulitkan krn mmg sih aku ga bisa bahasa cina.
    pls advise.. bagi yg sdh punya pengalaman disana, apakah bener kondisi spt itu.
    kata temen ku itu org2 disana sgt tdk friendly u/ ditanya2.
    btw aku sebenernya udah ngumpul in data lokasi2 resort yg recommend u/ dikunjungi.

    thanks ya sis …

  • haii…
    maaf aku mau tanya ttg visa ke shenzen sm guangzhou itu bisa pake visa on arrival ato harus apply visa china..???
    soalna akhir februari aku juga mau ke hk-sz-gz-macau-hk

    thx

  • hai..hai.. postingannya bagus sekali.. oya, mau komen itu yang kayak becak bermotor itu.. ibaratnya disini Ojek gitu. tp bukan motor sih, sejenis sepeda listrik gitu. krn di guangzhou dan juga beijing mungkin di shenzhen juga.. [ato kota2x besar di china #eh cape] … motor itu ga boleh masuk kota demi mengurangi kemacetan dan polusi. motor hanya boleh di pedesaan gitu..

    utk @novita:
    harus apply visa china. kalo ke Hk, bisa Voa.. mending perjalanannya ke Gz aja dulu, jd ga bulak-balik di imigration portnya, pas dari/ke hk ato mc.

    oya, kalo ke Gz.. bisa tuh, mampir di lokasi/ venue nya Asian games.. bagus deh.. buat yang beragama islam, bisa mampir ke mesjid pertama di china itu..[lokasinya lupa] dan makamnya saad bin abu waqas.. kalo tempat makan, di GZ, aku rekomen restoran abdullah dan restoran salam [yg diatasnya hotel yang lokasinya banyak org2x afrika itu]..

    oya… yang cumi itu.. emang enak.. hehehe.. wangi.. wkt di GZ, lokasinya deket sama hotel..

    semoga bermanfaat.

  • halo.. postingan yang sungguh menarik.. mw komen aja itu foto yg foto yg di sungai itu namanya pearl river (sungai mutiara) bwt kesana sih sbnrnya ga sulit klo pke guangzhou metro bs turun di Haizhu square.. dsini jg bs naik perahu yg berfungsi sbg restoran dan bs utk dijadikan dinner yg romantis smbl diiringi biola hehehe.. info utk hotel di gz byk yg murah asalkan jgn musim pameran slh satunya 7days inn di jiangtai lu.. hrg berkisar 160an yuan..
    semoga bermanfaat

  • @lucky ” waaahh makasi banget infonya … bermanfaat sekaliii 🙂 namanya pearl river yah 🙂 aku karena ga bisa bahasa sana, jadinya bener bener nol info nih heheheee :p makasih makasih

  • @catur : sama2 juga.. klo utk di cina daratan memang mayoritas penduduknya krng bisa berbahasa inggris, kalaupun bisa jrng sekali yg bagus layaknya org hongkong.. jd ya mw ga mw utk komunikasi yg optimal ya pke mandarin hehehe

  • @lucky : hehehee seneng bisa berteman sama lucky … lucky ada FB??? hmmm aku ya jarang main FB tapi kapan2 kalau mau berhubungan … nanya2 kan lebih gampang hehehee

  • Dear Catur, wah kuerren sekali foto dan komentar fotonya. Btw blog kamu byk membantu saya terutama dalam persiapan saya ke guangzhou.
    Trus aku jg ada pertanyaan utk Lucky, mau tny dong:
    1) kalau 7 days inn itu hotelnya cuman ada 1 kan ya di guangzhou? Krn aku lg pingin cari hotel ini.
    2) kalau 7 days inn vs Jinjiang Inn mendingan mana?
    3) kalau belanja tas murah, dan kualitas bagus mendingan di baiyuan leather world atau sanyuan li?
    4) kalau belanja baju murah dan kualitas bagus mendingan di zhanxi li atau baima?

    Sebelumnya thank you banget ya…..

  • @Ronne: hehe, thanks ya udah mampir dan baca2.

    @lucky: bisa tlg bantu ronne? maap ya saya juga ga bisa bantu banyak. sangat minim bahasa mandarin soalnya 🙂

    hehe

    enjoy yaaaa

  • Saya ada jadwal Wisata Belanja di Guangzhou selama 7 hari.
    Kami ada 4 orang (2 pasang suami istri).
    Kami sudah ada Tour Guide Indo (yg sdh tinggal lama di GZ) + Hotel murah (300rban/hari)
    Jadwal kami sekitar 6 – 13 agustus 2013.
    Kami tinggal menunggu promo tiket murah saja untuk bookingnya.
    ada yang mau ikut? supaya biaya Tour guide lebih murah per orangnya?
    (maaf kami tdk menerima yg membawa anak kecil, karena fokus kami belanja di Guangzhou, sebab lokasi belanja sudah kami susun sedemikian rupa) bisa contact saya di email: vikingdistribution (at) yahoo.com

  • saya renny tertarik untuk ikut tour ke guangzhou, bagaimana kalo bulan april? naik garuda 2,7 pp. ke guangzhou. kira2 cocok ga waktunya? emang kalau ikut tournya berapa nih? saya rencana bepergian berdua

  • @renny: untuk bulan april tidak kami sarankan Bu Renny, sebab tanggal 15 April – 4 Mei merupakan Canton Fair, Harga Tiket Hotel bisa melonjak 3x lipat dari hari biasa.
    Jadwal keberangkatan kami yg Fix 7-15 Mei 2013.
    Tujuan Guangzhou dan Shenzhen.
    Kami sudah booking tiket Garuda Indonesia
    @Adit: Cek email yach gan.
    Bulan apri 2013 kami akan mulai apply visa CINA.
    Bagi Pak adit yg mau bareng Tour Guidenya, biaya tour guide RMB 400/hari, dan bisa sharing dibagi banyaknya peserta.
    Tujuan kami adalah Wisata belanja, Kuliner dan rekreasi. kami sarankan tidak membawa anak kecil sebab dapat menghambat tujuan belanja.

  • @Ronne
    1) kalau 7 days inn itu hotelnya cuman ada 1 kan ya di guangzhou? Krn aku lg pingin cari hotel ini.
    jawab: 7 Daysinn di Guangzhou ada banyak gan. tinggal mau menginap di lokasi mana.
    a. 7 Days Inn (Guangzhou Huanshi Middle Road) (7天连锁酒店(广州环市中店))
    Block B Luhu Road 5 , Yuexiu District, Guangzhou, Guangzhou Province(Show On Map)
    Address in Local Language: 广州市越秀区麓湖路5号B座
    Location: Haishi Dong Road
    b. 7 Days Inn (Beijing Road) ( 7天连锁酒店(广州北京路店) )
    Zuo Er Xiang Nei, Beijing South Road, Yuexiu District, Guangzhou
    Address in Local Language: 广州越秀区北京南路左二巷内
    Location: Beijing Road/Haizhu Square
    c. 7 Days Inn(Shahe Branch) (7天广州沙河店)
    No.1933-1935, Guangyuan Dong Road, Guangzhou(Show On Map)
    Address in Local Language: 广州市广园东路1933-1935号
    Location: Shatai Road
    d. 7 Days Inn (Guangzhou Jiangwan) (7天连锁酒店(广州江湾店))
    No.11 Guangjiu Road, Guangzhou
    Address in Local Language: 广州市越秀区广九大马路11号(越秀南路和白云路交界)
    Location: Beijing Road/Haizhu Square

    2) kalau 7 days inn vs Jinjiang Inn mendingan mana?
    jawab: kalo mau murah biasanya 7 days inn di jakarta ada cabangnya loh, di jalan mangga besar rays, jakarta

    3) kalau belanja tas murah, dan kualitas bagus mendingan di baiyuan leather world atau sanyuan li?
    Jawab: tergantung grade apa yg anda ambil gan. kalo mau Premium class branded bukan disana lokasinya.
    4) kalau belanja baju murah dan kualitas bagus mendingan di zhanxi li atau baima?
    jawab: baima merupakan pusat baju yg di jual di wilayah tanah abang dan online indonesia.

  • nak visit guang zou next month Nov 2013, can you give one tourist guide contact person for us, husband & wife. tq

  • mau nanya dong teman2,kita bulan sepetember mau ke guangzhou, ada info tour guide
    apakah masuk guangzhou dan shenzhen harus pakai visa?
    info dong penginapan murah dan tour guide atau rent car murah
    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: