Suasana Gathering ke IV : ‘Kyaraben Bento’

gathering-tv

20 November 2010. Sebuah catatan penting bagi perjalanan wisataseru dan pengalaman saya sendiri dalam bertemu kangen dengan member wisataseru. Yang seru dalam gathering kali ini adalah jumlah peserta yang membludak plus kedatangan 5 media TV swasta MNCTV (TPI), RCTI, Global TV, SCTV dan TransTV. Berikut ulasan gathering kemarin.

——— Kilas Balik

Tanpa di duga, antusias peserta untuk mengetahui ‘Bento’ sangat tinggi. Jumlah peserta yang mendaftar mencapai 90 orang padahal kursi yang kami sediakan sejatinya hanyalah 40 kursi maksimal 50 kursi (mengingat jumlah ruangan yang terbatas dan supaya gathering dapat berjalan efektif baik dari segi materi maupun tingkat keakraban antar peserta). Namun, ketika pendaftaran sudah di tutup, ternyata masih ada yang transfer tanpa konfirmasi terlebih dahulu hingga jumlahnya mencapai 63 peserta.

Saya yang kebingungan lantas berkoordinasi dengan Bu Monic pemilik (Resto) Smoked Crab dan Bu Pristy (trainer) pemilik Little Bento House. Mereka bilang, “Oke” dan gathering pun berjalan sesuai dengan jadwal, 20 November 2010 di Smoked Crab Grand Indonesia. Tanpa di duga, pada hari H terdapat 5 media TV yang konfirmasi untuk melakukan peliputan, ooowwww senangnya hati ini. Sungguh terima kasih untuk semua media yang datang. Terima kasih sudi datang ke acara kami yang hanya bermodalkan pas pasan yang penting seruuuu!!!

———- Acara Di Mulai

Gathering molor sekitar 20 menit. Kesalahan tentu terjadi dari saya, karena keasyikan mengobrol dengan salah satu media, saya jadi kelewatan waktu bersiap siap. Alhasil peserta sudah berdatangan dan saya masih sibuk mencuci sayur untuk praktik bento. Dan akhirnya gathering pun di mulai. Bahan yang sudah siap : 5 Roti Tawar, 25 Croissant, 4 Pak Nori/ Rumput Laut, 1,5kg Sosis Sapi dan Ayam, 4 macam selai, Susu kental manis, Nasi Putih, Mie Telor, Telur Ayam, Telur Puyuh, Brokoli, Jagung Biji, Kacang Polong, Wijen Hitam, wortel, tomat, terung, kacang panjang, biji belinjo, tomat cery, timun, strawberry, selada, tauge, dan makanan ringan.

Setelah perkenalan yang singkat, Bu Pristy sang trainer yang juga pemilik Little Bento House, langsung memberikan materi tentang tips tips membento. Pertama kami semua di ajar cara membuat ‘telur lembaran’ yang halus dan berguna untuk mendekor bento.

Tips ke dua yang dibagikan adalah bagaimana menyambung antara bahan makanan yang satu dengan yang lain supaya ketika dibawa bepergian bento yang sudah ditata, tidak hancur. Cara-nya tentu dengan menggunakan mie spageti kering.

Pelajaran ketiga yang dibagi adalah teknik memanfaatkan cutter yang kita miliki. Bahwa ternyata untuk membento, tak perlulah kita memiliki alat yang sangat banyak, kita cukup membeli alat alat inti saja baru kemudian lainnya kita manfaatkan saja aneka barang yang ada disekeliling kita. Misalnya, sedotan digunakan untuk memotong bentuk lingkaran kecil dan juga untuk bentuk pipih.

Pengetahuan berikutnya yang dikabarkan adalah tentang teknik menyusun bento supaya terlihat menarik bahan bahan apa saja yang sebaiknya digunakan. Misalnya ternyata tak semua nori/ rumput laut bisa digunakan untuk membento. Nori yang tepat adalah nori yang digunakan untuk sushi. Nori yang kering sehingga bisa menempel pada media lain seperti telur dan sosis. Selain itu, dalam membuat bento, kita mesti sudah punya bayangan kira kira akan membuat apa. Untuk itulah bagi pemula, sangat disarankan untuk menggambar terlebih dahulu imaginasi bento yang diinginkan. Setelah itu sesi tanya jawab dan praktik pun di mulai

———– Praktik Mem-Bento di Mulai

Gathering kali ini benar benar terlalu penuh orang dan saya salah dalam mengatur strategi lokasi dan pendistribusian bahan praktik bento. Seharusnya saya membentuk kelompok perkelompok dan meletakkan setiap bagian bahan bento pada tiap tiap kelompok. Karena dengan metode setor gambar dan bebas mengambil bahan, akhirnya peserta yang mengantri dibagian belakang, ‘hanya mendapat sisa sisa’ alias bahan sudah tidak lengkap lagi.

Karena misalnya, Nori yang seharusnya diambil sesuai kebutuhan, ternyata setiap orang nyaris mengambilnya selembar besar yang sebetulnya bisa untuk 6 orang. (Tentu ini kesalahan saya karena tidak mempersiapkan dengan digunting terlebih dahulu). Alhasil Nori kurang dan akhirnya saya terpaksa meminta tolong kakak saya yang kebetulan datang dari Singapore, Sophia, untuk berlari ke Sogo di lantai paling bawah Grand Indonesia untuk membeli Nori tambahan. Begitu juga nasibnya dengan bahan bahan yang lain. Habis sebelum semua peserta kebagian bahan yang mereka perlukan.

Tapi syukurlaaah, peserta gathering sangat kreatif, dengan bahan seadaanya, mereka yang antri dibagian belakang pun ternyata tetap bisa membuat bento yang cantik cantik. Hanya mereka berkata, “Gambar dan kenyataan gak sama deh, menggambar kura kura, ternyata karena bahannya gak ada, jadinya bento dinosaurus deh”. xixixiiii … Ini pelajaran yang sangat berharga buat saya, untuk lebih memperhatikan tata letak dan distribusi bahan untuk praktik. Gathering ke depan harus lebih okeee!!!

———- Bento yang lucu buatan peserta

Inilah bukti ke kreatifan para peserta. Lihatlah bento berbentuk kucing yang sangat lucu karya Nelson. Nelson merupakan peserta yang duduk dibagian paling belakang dan mengantri juga di paling belakang. Sketsa gambar bento dia jauh dari bayangan tentang kucing, tapi ketika sudah sampai tempat bahan dan ia hanya mendapat ‘sisa’, alhasil ia pun mengambil apapun bahan yang masih ada. Dan tralala, jadilah roti kucing belang rumput laut yang lucu banget. Hihihiiii. … jujur kalau liat kucing ini saya pengen nonjok. Nggemesin banget.

Bento lain yang membuat saya ingin bercerita adalah karya Bu Fardyana. Makasih banyak Buuu, saya sungguh terharu biru. Bu Fardyana membuat bento berbentuk laptop dengan gambar logo wisataseru. Kawaii sou ne!!! Ia mengatakan, “Saya mengenal wisataseru dari internet dan saya sangat senang dengan wisataseru, jadi dari rumah saya sudah memikirkan desain bento yang akan saya buat dan sengaja saya bawa sendiri cutter berbentuk mobil untuk membuat bento perkenalan saya pada wisataseru”.

Setelah penjurian yang dilakukan oleh Bu Monic pemilik Smoked Crab dan Bu Pristy pemilik Little Bento House, ternyata Bu Fardyana terpilih sebagai peserta yang berhak mendapat voucher makan senilai Rp. 50.000,- dari Smoked Crab. Dan tak disangka, anaknya yang membuat bento ‘Puca’ juga mendapat voucher waterboom. Bahkan sang anak memboyong juga voucher Rp. 25.000 dari Pisangku karena mau memberikan sedikit komentar kesan pesan terhadap gathering ini.

——– Bagi bagi voucher

Seperti biasa, wisataseru saat gathering selalu bagi bagi voucher. Kali ini Voucher diberikan oleh Smoked Crab berupa 3 voucher makan di smoked crab @ Rp. 50.000,- dan 3 tiket waterboom di Lippo Cikarang. Kemudian juga ada 5 voucher Pisangku senilai @Rp. 25.000 untuk Fitri (2 voucher), Fardyana (1 voucher), Sri Ismani (1 voucher) dan Gillian (1 voucher).

——— Jam Tayang liputan di 5 TV Nasional Swasta

5 stasiun TV yang meliput gathering wisataseru bertajuk ‘Kyaraben Bento’ di Smoked Crab grand Indonesia ini adalah RCTI, MNC TV, Global TV, SCTV dan TransTV. Sayang saya tidak tanya jam tayangnya, tapi kebetulan tim dari RCTI dan GlobalTV memberitahu kami yaitu pada hari minggu, 21 november 2010, RCTI tayang pk 12.00 dan GlobalTV pk. 13.30. Tayangan tersebut di rekam dengan HP oleh Bu Pristy dan hasilnya bisa dilihat di sini. Sedangkan untuk SCTV, TransTV dan MNCTV, saya tidak tahu kapan ditayangkan hehehe… tapi saya sungguh mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar besarnya untuk ke 5 media yang sudah mau datang. Semoga wisataseru dapat selalu menyajikan acara acara yang seru dan unik.

penulis : catur guna yuyun angkadjaja

acara gathering ini terselenggara berkat dukungan:
1. Little Bento House : Sebuah catering bento khusus untuk anak anak, sekaligus shopping online peralatan bento dan pengajar workshop bento anak – pemilik bento house – Bu Pristy 08174883479
2. Smoked Crab : Sebuah resto seafood yang berlokasi di Grand Indonesia lantai 5, (+6221) 23580548

acara gathering ini juga di dukung oleh :
1. Ayam Goreng Tulang Lunak Ny. Nani : Menjual ayam yang bisa dimakan sampai tulang tulangnya tanpa presto dan terkenal dengan sebutan, “Raja Nasi Box”.(021) 8690.1028 / 0813.9079.6246.
2. Pisangku : Pisang Goreng Pasir. Bebas minyak dan garing banget. (021) 9300 4000
3. Cookiesku : Home Industri Cake dan Roti untuk Hotel Bintang di Jakarta. 021 829 9071




20 comments

  • kemarin asik banget, bikin gw ngga mau ketinggalan semua event wisataseru makasih banyak buat Yuyun & Sophia yang udah repot banget ngurusin semua peserta πŸ™‚

  • hahahahaha.. kucingku masuk, padahal kacau buatnya πŸ˜€ soalnya ga bw gunting jd motongnya pk tusuk gigi, baru minjem sm yuyun disaat2 terakhir πŸ˜€ thank yaa

  • Makasiiii mbak bestari, nelson dan mbak fefe πŸ™‚ makasiiii untuk dukungan kalian semua πŸ™‚ semoga pada tiap gatheringnuya wisataseru terus mengalami perbaikan2 yang dapat membuat peserta bahagiaaa πŸ™‚

  • Yang ada disini cuma foto tangan dan kameraku… huhuhuhu… Pas foto rame2 juga keliatan keccciiillll banged…. hahahaha πŸ˜€

    Terima kasih wisataseru.com untuk gatheringnya. Saya banyak dapat manfaatnya dan dapat teman pula. Lain kali kalau memungkinkan mau ikut lagi ya…. Sukses selalu ^^

  • Mau tanya sekalian nih….. kelupaan tadi… kalau mis mw lihat lagi video yang dari beberapa stasiun televisi harus lihat kemana ya? Thank you ^^

  • Thank you buat wisata seru dan kawan2 yang udah join.. ^^ Semoga gathering kemarin memberi kesan yang menyenangkan dan untuk wisata seru, makin tambah seruuu ya gathering nya πŸ™‚ Sukses selalu untuk wisata seru…

  • puspita : okaaaayyyyy bulan desember ini ikut lagi yach πŸ™‚ di bogor πŸ™‚
    bakut 79 : hahahahaa beruang sampah??? beruang madu maksudnya wakakaka
    mbak ria : waaahhh betulkaaan??? syukur yach … seneng deh dengernyaaa
    fendito : hiks iya kamu gak bisa datang yach
    jessi : hiks iya maaf gak sempet motretin satu satu πŸ™ ini juga minta tolong ma temen kakakku … hiks beberapa temen gak sempet ke jepret sedih deh … kebanyakan orang wakakakaka … oyaaa hahahaa aku lupa, main tulis “lihat disini” tapi lupa aku link … dan ternyata aku bingung ngelinknya gimana ya kalau dari FB πŸ™ aku dikasih ce pristy videonya, tapi gak tau cara masukin ke wisataseru πŸ™
    ce pristy : ceee πŸ™‚ hihihiiii aku pengen minta videonya gimana ya caranya buat ditaruh di wisataseru πŸ™‚
    nentry : iyaaaaaa … dirimu sakit yach πŸ™ bulan ini ada lagiiii temanya “melukis dengan media roti tawar” πŸ™‚ ikut yuk

  • lala : okaaay nanti kami akan kabariii πŸ™‚ mau yang kalau kyaraben aja atau gathering gathering yang lain juga mau???? oyaaa biar gak kelewat info, bisa “like” ke fans page FB wisataseru (ini di kanan bawah web ini), nanti kami akan info info disana πŸ™‚ juga kalau jadi member nanti kalau ada apa apa , akan kami email πŸ™‚ makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: