Little House Bento. Catering Unik (berkonsep Kyaraben Bento) untuk Souvenir, Parsel atau Makan saat Pesta Ulang Tahun Anak – Anak

‘Bento’ = ‘Gila’, demikian orang Jawa Timur menyebutnya. Meski ‘Bento’ yang akan saya bahas berikut ini sama sekali nggak ada kaitannya dengan bahasa jawa timur tersebut, tetap saja yang ingin mengatakan ‘Bento’ artinya ‘Gila’.

—–

‘Bento’ merupakan suatu seni menyusun makanan di dalam kotak sebagai bekal dalam bepergian yang berasal dari Jepang. Jenis – nya bermacam macam. Ada Makunouchi bento, yaitu bento yang disajikan pada kotak bento yang elegan seperti bisa kita jumpai pada resto resto Jepang terkemuka; ada Eki Bento yaitu makanan dalam kotak yang dijual di stasiun atau toko toko swalayan di Jepang bagi mereka yang terlalu sibuk sehingga tidak bisa memasak di rumah; dan ada pula Kyaraben bento yaitu makanan dengan kotak makan yang cute untuk bekal makan anak anak di sekolah.

Meski masih banyak macam bento lainnya, namun saya stop sampai di kyaraben karena kali ini saya ingin memberikan informasi tentang Catering Kyaraben di Cibubur. Dan inilah yang membuat saya kekeuh tetap mengatakan ‘Bento’ = ‘Gila’. (Tuh .. kan ngeliat bentuknya aja udah keliatan kan ya ‘gila’ nya … makanan dibentuk sedemikian rupa, ooowww tapi sungguh jadi sangat cantik).

Catering Bento untuk Anak Anak

Membuat Kyaraben bukanlah perkara mudah. 1 box kyaraben sederhana biasanya membutuhkan waktu 30 menit – 1 jam untuk pengerjaannya, atau jika sudah dapat pola bisalah 15 menit. Hm,.. itu yang sudah ahli … saya tidak mengada – ada. Anda bisa membuktikan sendiri di rumah, karena saya sudah mencoba dan hasilnya adalah pengalaman pertama membento yaitu 1 porsi bento gatot kaca dalam tempo 2 jam. Wow, … keren!!!???!!! Bukan!!! Karena Gatot Kaca yang saya maksud bukanlah tokoh dalam pewayangan, melainkan GAgal TOTal KACAuuuuuu!!!

Ya, untuk membuat Kyaraben Bento ternyata tak semudah yang dilihat. Ia membutuhkan pengetahuan dasar tentang makanan lengkap dengan sifat sifatnya -apalagi ini dihidangkan pada anak anak; seni berkreasi yang akan mempercantik bento buatan kita; juga pengetahuan dasar tentang teknik teknik membento yang benar. Misalnya, bagaimana menempelkan aksesoris mulut dan mata pada telur yang dibentuk seperti anak ayam??? Atau nori apa yang harus digunakan supaya bisa menempel rekat pada makanan??? Ya dan berbagai macam teknik lainnya yang perlu dikuasai.

Nah untuk itulah seorang Ibu rumah tangga yang juga guru les Piano, Pristy, membuka bento catering untuk anak anak, bernama Little Bento House. ‘Gila’-nya lagi dia mengerjakan itu sendirian untuk semua pesanannya. Ya, karena pegawai yang ia rekrut belum mampu membuat bento seperti taste yang ia mau. Jadi karena itu pula lah catering ini masih dalam skala ‘untuk acara pesta anak anak’ dan untuk ‘parsel’ bukan untuk catering sehari hari. Jumlahnya pun dibatasi. Ke depan jika pegawainya sudah piawai, ia bermimpi untuk memperlebar cakupan pelanggannya.

Tentu dibatasi, karena 1 box-nya benar benar dibuat manual, mulai dari membentuk, hingga pembuatan aksesoris pemanis yang mayoritas dibutuhkan detail dalam menggunting.

Rasa Masakan Little Bento House

Tampilan bagus jika rasa tidak enak tentu juga tak ada yang mau memesan. Laris manisnya bento Bu Pristy ini sendiri tak lepas dari masakannya yang yahui … ketika itu saya memakan nasi kuningnya, nasinya pulen enak dengan aneka lauk yang berasa betul bumbunya. Selain itu kotak makan yang digunakan juga adalah kotak makan yang aman yang food grade. “Ini adalah makanan untuk anak anak, jadi semua bahan yang digunakan harus yang terbagus dan aman”, begitu ucapnya.

Untuk satu paket box nasi sendiri, biasanya Pristy menyediakan lengkap mulai dari nasi, lauk daging, sayur, buah dan dessert-nya. Selain supaya anak anak senang juga aneka varian menu dalam 1 box tersebut dapat membuat tampilan lebih semarak dan eye catching. Untuk urusan bentuk atau karakter??? Tentu ini tergantung pemesan, “Mau karakter apapun, kalau saya bisa ya saya terima. Misalnya anaknya suka Doraemon, atau Upin Ipin atau Sponge Bob, ya bisa saja bentonya nanti di model seperti itu. Tergantung pesanan saja. Tapi kalau menurut saya desain terlalu rumit, ya saya menolak. Hehehee, kalau buat 1 sih nggak papa, kalau dia pesannya 50 box, ya tentu akan saya tolak karena saya masih mengerjakan semua sendiri”.

Lain lain tentang Little Bento House


Bu Pristy ini selain membuka bento catering, ia juga suka mengajar mereka yang mau tau lebih dekat lagi tentang bento. Untuk harga cateringnya sendiri mulai dari Rp. 20.000 sampai tak terhingga pastinya tergantung desain dan jenis makanannya. Selain bento nasi, juga ada bento roti. Terserah mau pilih yang mana.

Lokasi bento catering : Little Bento House. Pesona Montreal Blok YA 9 no 23 Kota Wisata Cibubur – 0817 4883479.

Penulis : caturguna yuyun angkadjaja.

Buat yang tertarik untuk tau lebih dekat tentang bento ini, tanggal 20 November 2010, wisataseru akan mengadakan acara workshop bento di Grand Indonesia … buat yang tertarik ikut email me at [email protected]