Bakso Nikki, Bakso ‘Gepuk’ Buatan Tangan Segar Alami dari Pak Min (Nikmatnya Kesederhanaan Rasa)

Siapa yang pernah berkata, “Dimana sih bisa menikmati bakso yang enak di Jakarta?”. Hm,… saya bisa berkata dengan lantang, “Di kawasan Casablanca!!!”. Ya, disini terdapat sebuah kedai bakso yang sangat sederhana. Sederhana dalam penampilan, sederhana dalam penamaan dan sederhana dalam penyajian. Namun luar biasa dalam nikmatnya kesederhanaan dalam rasa. Mangtab. Inilah si Bakso ‘Nikki’.

Bakso Fresh Home Made dibuat dengan di ‘gepuk’ bukan di blender

Luar Biasa Nikmatnya!!! Begitulah komentar saya tentang Bakso yang sederhana ini. Di mangkuk ia hanya terlihat kuah bening bersih yang berisi Mie, Bakso hanya satu jenis (tidak ada bakso keju, bakso urat, bakso gepeng, bakso kotak dan aneka istilah bakso lainnya) dan juga gajih (buat yang mau, buat yang nggak mau ya nggak dikasih). Tapi soal rasa???? Dahsyat!!! Semangkuk kelezatannya ini pun hanya di hargai Rp. 7.000/ porsinya … murah meriah enak…

Begitu saya gigit baksonya, langsung menyembulkan rasa daging sapi yang sangat kuat. Usut punya usut ternyata rasa sapi asli yang melekat kuat ini berkat pembuatannya yang tidak di blender, melainkan daging di empukkan atau dihaluskan dengan cara di gepuk, atau istilah lainnya adalah dibuat secara tradisional dengan cara di pukul pukul sampai ia menjadi khalis. Pembuatan baksonya pun bukan seminggu sekali atau sebulan sekali, melainkan setiap hari!!!

Kawan saya, mas Ivan yang rumahnya dikawasan Tebet dan setiap pagi berangkat kerja lewat kedai tersebut, selalu mendengar suara buk buk buk, ribut orang sedang menumbuk. Selain itu juga selalu tercium aroma kaldu sapi yang sangat wangi yang membuat lidah menjadi kelu dan perut menjadi lapar. Aroma yang segar betul.

Ya, begitulah setiap hari kedai bakso Pak Min ini berproduksi. Sehari membuat 25 kilogram daging bakso, sehari itu pula bola bola daging sapi itu lenyap disantap pelanggan. Sehingga tak ada istilah bakso disimpan. Semua selalu segar setiap hari. Um ya,… saran saya yang ‘mumpung’ belum dilarang dokter makan yang berlemak lemak, jika anda kemari jangan pernah lewatkan memesan “Pakai Gajih”. Maaaknyaaa,… gajih-nya ini enak betul. Gurih yang langsung larut dalam lidah begitu kita makan. Wah,… tak tahan saya untuk segera kembali lagi kesana.

Bakso yang sederhana


Tak seperti tempat lain yang promo dengan aneka macam bentuk dan isian bakso. Bakso ini memang sangat sederhana, seolah anda tak berhak menentukan pilihan, hanya ada satu jenis bakso yang tampak kecil dan dalam sekali gigit habis. Itulah si bakso Pak Min yang melegenda sejak tahun 70an. Kata teman saya yang saya ceritakan di awal, Pak Min sudah menjual bakso sejak dari orang tuanya pacaran, sampai ia kini telah memiliki 1 orang anak. Rasanya? Sama persis dari sejak pertama kali buka. Wow …

Kuahnya sendiri sangat segar. Terbuat dari kaldu sapi asli yang dibumbu sangat minim, membuat kuah ini tak akan membuat anda bosan. Justru rasanya yang tipis akan membuat anda penasaran sampai di tetes kuah terakhir. Mangstab!!!

Alamat bakso : Nikki Bakso Daging Sapi. Jl. KH Abdullah Syafe’i Rt. 004 Rc 01 No 11 ( Casablanca ) Jakarta Selatan. 021 – 835 1455 – 0813 8366 4647.

penulis : catur guna yuyun angkadjaja . dokumentasi : wisataseru.com




%d bloggers like this: