Kyaraben. Bento Unik dan Lucu untuk Bekal Makan Anak di Sekolah

Akhirnya saya menemukan juga seseorang yang addict terhadap bento, yaitu seni dari Jepang dalam menyajikan makanan di kotak supaya terlihat menarik. Sekilas tentang bento yang saya tau, seni ini mulai dikenal pada tahun 1200an, namun bentuknya masih sangat sederhana. Hanya nasi kering yang dimasukkan dalam tas yang jika lapar tinggal direndam dalam air.

Hingga akhirnya pada zaman Edo 1603 – 1867 (banyak kebudayaan berkembang pesat di era ini) bento mulai dikenal dimana mana dalam versi sudah berupa makanan siap santap di dalam kotak berupa anyaman bambu. Sayang pada jaman Taisho yaitu di tahun 1900an awal, perkembangan bento terhenti dan akhirnya mulai bergeliat kembali pada tahun 1980an namun sudah dalam bentuk yang lebih praktis dan murah, yaitu dengan wadah plastik.

Bento sendiri terdiri dari berbagai macam bentuk, namun yang saya ingin bahas disini adalah tentang Kyaraben, yaitu bento yang dibuat oleh para orang tua di Jepang dengan bentuk yang lucu lucu untuk bekal anak anak mereka di sekolah. (Kebiasaan di Jepang adalah setiap murid diwajibkan membawa sendiri bekal makanan dari rumah yang nanti dimakan bersama sama di sekolah).

Lia Tandjaja dan blognya mybentolicious.com


Saya mengenal blog Bu Lia dari kawan saya Jie pada blognya inijie.com. Entah jodoh atau bagaimana, saat itu saya tengah ingin tau lebih banyak tentang bento dan tiba tiba hari itu jie memposting artikel tentang Bu Lia. Minta email pada jie dan langsung saya hubungi Bu Lia dan betapa baiknya Bu Lia tak berkeberatan sama sekali untuk mengajari saya tentang Bento.

Tak menunggu lama, saya pun membuat janji dan diwaktu yang tepat saya pun datang berkunjung ke rumahnya. Betapa terkejut saya, koleksi peralatan bento bu Lia ada di luar dugaan saya. Ribuan jumlahnya, itu yang ada di foto hanya 1/3 dari koleksi Bu Lia sesungguhnya, banyak sekali. Saking banyaknya bahkan beberapa peralatan sampai belum sempat dibuka alias masih terbungkus rapi dengan segel dan harga.

Namun meski demikian Bu Lia mengaku tidak semua alat perlu dibeli karena beberapa alat bahkan bisa diganti dengan peralatan lain yang murah dan praktis. Misalnya seperti cetakan bulat untuk mata bisa digunakan sedotan. Selain lebih murah pastinya, juga lebih fleksibel, karena dengan menggunakan sedotan bentuk tidak cuma bisa bundar tapi juga bisa pipih.

Begitu juga dengan alat yang lain, bahkan di Jepang sendiri Ibu Ibu rumah tangga biasanya membuat sendiri cetakan dari barang tak terpakai di rumah. Itulah mengapa, meski ia memiliki banyak alat bento, tapi ia selalu menyerukan pada semua orang, “Untuk membuat bento tak perlu menunggu punya alat. Karena semua alat bisa diganti dengan daya kreatif kita dalam memanfaatkan benda lain yang ada”. Jika ia memiliki banyak alat, itu karena memang dia hobby bukan karena barang itu memang sangat urgent untuk dimiliki.

Salah satu barang yang menurutnya memang sangat penting untuk dimiliki karena dapat mempercantik penampilan dan mempersingkat waktu pembuatan bento adalah tusukan makanan. Maka tak heran jika Bu Lia memiliki koleksi untuk tusukan jumlahnya mungkin hampir seribu sendiri.

Umumnya, semua koleksi Bu Lia langsung dibeli dari Jepang, namun beberapa ia hunting ketika sedang berlibur di Taiwan dan Hong Kong. Sementara lainnya lagi ia beli dari internet. Semua koleksi ini tersimpan rapi sekali dalam kantong kantong plastik sesuai tema dan fungsinya. Sugoi ne!!! Ini belum termasuk koleksi buku bentonya. ck ck ck ck …. banyak sekali!!!


Alat kedua yang memang penting adalah tempat meletakkan saus atau kecap. Karena jika saus diletakkan dalam plastik biasa, dapat merusak penampilan bento yang sudah di kreasi cantik. Untuk yang satu ini pula jumlah koleksi Lia mencapai ratusan jumlahnya. Mulai dari yang mahal sampai yang murah. dari yang sangat kecil hingga yang berukuran sedang.

Untuk menyalurkan hobinya nge-bento ini, Bu Lia pun tak ragu ragu kursus fotografi. Wow,… hasilnya? Jika kita masuk ke Blog Bu Lia, mata ini tak pernah bosan memandang. Hasil jepretan yang teramat bagus dengan komposisi dan warna yang sangat pas.

Mulai belajar nge-bento lengkap dengan tips tipsnya

Setelah terkagum kagum dengan koleksi Bu Lia, ia pun mulai membekali saya dengan beberapa tips bagaimana bento dapat terlihat menarik. Yaitu pertama soal warna. Baginya bento adalah masalah permainan warna dan letak. Dan setelah trial and error akhirnya ia menemukan rumusan bahwa bento yang sedap dipandang adalah yang memiliki sekitar 4 – 5 warna di dalam 1 box. Ia pun mengaku pernah membuat hanya dengan 3 warna dan terlihat bagus juga, namun jika kekuatan warna di kurangi, maka yang berbicara adalah kekuatan imajinasi dalam meletakkan / menata.

Tips kedua adalah tentang suhu. Bento adalah makanan yang diletakkan dalam kotak dan bakal kemudian kita tutup lalu baru dimakan setelah beberapa jam kemudian. Untuk itu Bu Lia menyarankan, sebaiknya hidangan bento adalah makanan yang tahan lama dalam suhu box. Pun waktu meletakkan dalam box sebaiknya makanan sudah dalam kondisi dingin suhu ruangan. Ini untuk menghindari uap yang muncul akibat panas makanan dan akan membuat hidangan jadi cepat basi.

Pun dengan keju. Keju merupakan bahan yang tidak direkomendasikan oleh Bu Lia. Karena suhu Indonesia tidak seperti Eropa yang dingin. Jadi kita keju kita letakkan dalam box sebagai hiasan maka sejam kemudian ketika kita buka box, keju tersebut sudah dalam keadaan leleh dan merusak bentuk bento.

Untuk mengganti warna kuning keju, bisa digunakan telur dadar yang dimasak dengan menggunakan maizena. Caranya, kocok telur (terserah mau pakai putih atau tidak), beri sedikit saja maizena yang sudah di campur dengan sedikit air, kocok lagi dan kemudian saring supaya buih tidak turut. Kemudian masak dengan teflon yang telah dioles (bukan dituang) sedikit saja minyak. Masak hanya dengan suhu sangat kecil dan supaya tampilan lebih licin ketika memasak tutup dengan teflon dengan sesuatu. Tak lama, telur dengan tampilan seperti keju pun sudah siap digunakan.

Penggunaan telur ini pun sangat praktis untuk pengganti bahan bahan yang kita tidak punya warnanya. Misal kita butuh membuat suatu karakter dengan warna merah dan kita belum beli bakso kepiting, maka tinggal buat saja telur dan beri perwarna makanan merah. Jadi sudah. Selain bentuknya bagus, rasa juga enak.

Tips lain yang saya selama ini heran, bagaimana cara menempelkan satu bahan makanan dengan bahan lainnya seperti hidung, telinga, tangan dan lain lain, ternyata rahasianya terletak pada spaghetti kering. Spageti dipotong kecil kecil sesuatu kebutuhan, lalu di tancapkan seolah tusuk gigi. Namun spageti ini tentunya aman untuk dimakan. Karena sifat makanan yang lembab atau mengandung air akan membuat spageti kering ini pun melembek hanya dalam waktu sekitar 30 menit. Jadi mesti tertelan, aman dan tidak membuat sakit.

Wah dan tentunya masih banyak lagi tips yang diberikan oleh Bu Lia. Terutama soal penggunaan cetakan bento yang beraneka ragam itu. Untuk tau lebih jelas dan detail, bulan November 2010 ini, jika tidak ada halangan Bu Lia bersedia meluangkan waktu bertemu dengan member wisataseru untuk bersama belajar bento. Waaaah,… siapa mauuu??? yang mau tolong kabari saya di email ya atau drop comment disini, nanti berapa peminatnya akan saya carikan tempat yang tepat untuk belajar bersama.

Makasih yaΒ  Bu Lia untuk pelajaran hari ini dan sungguh nggak sabar untuk belajar lagi di Bulan November 2010. Otsukaresama deshita

karena tidak ingin di publis, jika ingin menghubungi bu Lia bisa email ke : [email protected]

artikel dan dokumentasi foto oleh : caturguna yuyun angkadjaja




73 comments

  • Hallooo Hanny : okeeee πŸ™‚ nanti akan saya kabari πŸ™‚ akan langsung di cataaaaaatttt hehehe πŸ™‚ oya supaya lebih aman, bisakah hanny menjadi member diwisataseru, jadi jika ada info info bisa langsung bisa kami kabari πŸ™‚ janji deh cuma info penting aja yang akan kami kirim di email hehehe … makasih hanny πŸ™‚

    salam wisataseru,
    caturguna

  • hi mba, boleh minta nomer kontak bu lia?
    saya tertarik nih pengen belajar. kali aja dia buka kelas private hehehe ^_^

    tengkiuuu yaaaa

  • Haiiiii silviiiiiie makasi uda mengunjungi wisataseru hehhheeee … Maaf sblmnya krn tidak seperti artikel lain yg mencantumkan no telp, disini tdk saya cantumkan… Krn ibu lia murni ibu rumah tangga jadi takut melanggar privasinya… Tp saya sudah sampaikan sama bu lia soal komen silvie dan dia mengajak bertemu nanti saat gathering saja jadi bisa bicara lebih leluasa … Gathering bento ini jika tdk ada halangan akan dilaksanakan pada 20 november 2010 di grand indonesia … Biayanya murah kok … Belum di hitung sih tp kemungkinan besar tidak sampai 50ribu sudah termasuk snack dan makan di smoked crab plus bahan bahan untuk praktik bento ….

    Harap bisa jumpa silvie disana

  • duuhh sampe puyeng deh cari info ttg bento ini.. thanks artikelnya yang informatif banget ini yaa.. Btw bento di indo belum rame banget sih ya, jadi banyak yang sama sekali nggak tau.
    Kalo mau belajar bikin bento dimana ya?
    Trus kalo mau order buat ulang tahunan, hhmmmm bisa nggak ya?

  • Halo Sari,
    Bulan depan wisataseru ada workshop belajar bikin bento, tgl 20 nov di grand indo. Ikutan aja hehehe…

    Oya, supaya bisa tetep update, join yuk jd membernya wisataseru πŸ™‚

    Thanks

    Gbu

  • haloow hanny πŸ™‚ hahahaa iyaaa … sudah ada… kemarin waktu lagi inventaris member, aku liat hehehe maaf yaaa πŸ™‚

    kemarin terima kan ya email pemberitahuan gathering πŸ™‚ orang gathering yang tgl 16 kemarin masuk di SCTV loh πŸ™‚ itu videonya udah aku upload di wisataseru

  • nentry πŸ™‚ boleeeeh nanti seminggu atau 2 minggu lagi aku umumin di wisataseru πŸ™‚ tapi kalau nentry mau nanti namanya aku maskin ke list, soalnya tempatnya terbatas ehehehe πŸ™‚ lebih lanjut aku email ya πŸ™‚ supaya tidak terlewat jadi member ya πŸ™‚ makasih

  • jeny : hihihihiiiii ke jakarta kalau begitu hehehehe πŸ˜€ acaranya di jakarta sih heheheeee …

    atau nanti ikuti artikel selanjutnya aja tentang tips tips membento πŸ˜€

  • yenny : haiii yenny nanti di wisataseru akan dibuat pengumumannya … rencana sih tgl 20 november πŸ™‚ nanti aku email ya pastinyaaa πŸ™‚ waaah senangnyaa … sip sip sip

  • sianne widya gunardi

    Allo sis salam kenal yah
    Saya pengen ikutan donk workshop tgl 20 nop di grand indonesia
    Caranya gimana?info yah
    β€Žβ€‹β€‹Β° β€’ Β· β™₯Β·β™‘ Ο„Π½Γ€nΞΊ Ρ‡ΓΆΓΌ β™₯Β·β™‘ Β· β€’ Β°

  • Aku sudah daftar lho! 2 orang atas nama Diah Rini dan Efriyani Djuwita. Udah ga sabar nih…
    oia, mw tanya…di pengumuman blog yg baru kok ditulis trainernya Mbak Pristi? ga jadi Mbak Lia? atau Pristi=Lia??
    heheheh..pingin tw aja. Siapa aja juga boleeeee….. yg penting belajar ngebento πŸ˜€

  • RINI : iyaaaa πŸ™‚ iih senengnyaa … aku juga udah gak sabar segera tanggal 20 … heheheheeee iya gak jadi Bu Lia, karena Bu Lia ternyata ada rencana perjalanan ke Luar Negeri jadi gak bisa datang lalu dia merekomendasikan Bu Pristy sebagai penggantinya.

    Bu Pristi ini pemilik Catering Little Bento House πŸ™‚

  • setiowati : hiyaaa aku juga udah gak sabar hehehee πŸ™‚ oyaaa TEMEN temen yang sudah mendaftar, nanti tanggal 20 nov pas acara, buat yang punya gunting pribadi sama bolpen mohon dibawa aja yach πŸ™‚ soalnya saya nggak punya banyak gunting, ini penting sapa tau nanti pada mau gunting nori/ rumput laut πŸ™‚ sedangkan bolpen berguna untuk kalian membuat sketsa sebelum membento πŸ™‚ hehehe makasiiih πŸ™‚

    cu on 20 yach

  • Hi,wisata seru..
    Kpengen banget ikutan workshopnya nih, masih bs daftar ga ya?
    Tolong diinfo lbh lanjut ttg jadwal workshop (waktu,tmpt dan biaya) ke e-mail ku yah kalau msh bisa ikutan..
    Info nya β€‹β€‹Λšβ˜Ίk˚ ˚☺k banget!
    ​♣:)Ζ­Ρ›ΗŸΟ€Ζ™-Η™β™£Ζ­Ρ›ΗŸΟ€Ζ™-Η™:)♣ yah..
    GBU

  • Hi,wisata seru..
    Kpengen banget ikutan workshopnya nih, masih bs daftar ga ya?
    Tolong diinfo lbh lanjut ttg jadwal workshop (waktu,tmpt dan biaya) ke e-mail ku yah kalau msh bisa ikutan..
    Info nya ˚☺k˚ ˚☺k banget!
    ♣:)Ζ­Ρ›ΗŸΟ€Ζ™-Η™β™£Ζ­Ρ›ΗŸΟ€Ζ™-Η™:)♣ yah..
    GBU

  • stephanie πŸ™‚ hai stephanie … aduh sayang sekali kursinya sudah penuh πŸ™ tapi nanti kayaknya bakal ada yang ke dua… karena tampaknya masih banyak yang berminat … di doakan aja ya πŸ™‚ nanti kalau ada yang ke dua, masih mau nunggu mau ikut ga stepahie???? nanti saya kabari πŸ™‚

  • dessy πŸ™‚ hihiihii kalau tempat untuk kecap ya dari plastik hehehee kalau dari roti nanti ngrembes hihihiii becanda …. iya itu dari plastik dan kursus dibandung??? coba tanya sama bu pristy yach, dia salah satu trainer bento yang suka ngajar secara group : 0817 4883479

  • alo mbak ika πŸ™‚
    terima kasih atas atensi nya.

    ntar aku tanyain catur ya, alat2nya beli dimana. Kalau ada daiso, biasanya jual sih πŸ™‚

    trus untuk workshopnya, semoga di lain waktu bisa ngadain di luar jakarta, ie: surabaya, kediri, jogja, dsb πŸ™‚

    salam wisataseru!

  • hi catur,, duh aq baru liat,,tapi aq sudah pernah liat kyaraben d tv,,tertarik c, tp di domisili aq gag tau dmana bisa latihan’y..
    kalo ada acara aq pgen donk,, ><
    thanks

  • mbak… kapan lagi ada workshop mengenai pembuatan bento ini.
    udah lama tertarik ama buat bento… tapi baru baca nih di wisataseru..hiiikksss.
    salam kenal/ratna

  • bagus sekali artikelnya bu.saya di sidoarjo,mungkin kalau ada gathering di sekitar kota sidoarjo atau surabaya kasih info saya ya bu….terima kasih πŸ™‚

  • Sist, ♍Γ₯u tanya kl bento itu ada gak smacam alat untuk memotong nori kecil2 panjang ataw bulat ð̀́ï bogor yg jual… Sy suka skali buat bento untuk anak hanya butuh wktu lama buat mata saja dgn gunting biasa. Thx

  • @semuanya : waaahhh hehehe kalau gitu kapan kapan perlu ada gathering ttg bento di kota lain yach .. moga moga kapan2 bisa adain yach … amin amin amin

    @jerika : uuuummm dijakarta ada banyak jerika … di toko online juga ada banyak … kayak little bento atau e-bento shop di FB situ coba cari deh .. banyak kok

  • mbaa.,kapan ada gathering lgi di jkta??
    aku pengen banged tau dan bisa ngracik bento bwt sang suami dan anak nanti πŸ˜‰
    kabarin yah klo ada pertemuan atw kursus atw demo bento gituu…
    thanks mbaaa caturr πŸ˜‰

  • @rahma : hehehee okeee .. tapi mungkin dalam waktu dekat ini wisataseru belum bisa adain gathering … soalnya lagi pada merantau semua nih yang ngurus wisataseru hehee …

  • Hi mba,,
    Sy tertarik utk belajar ttg bento,, klo mau kursus dmn ya trus utk alat2nya bs dibeli dmana ya?trus apakah ada even lg,jika ada tolong sy di kabarin ya,, makasih sebelumnya

  • Hallo Mba…
    Saya tertarik banget belajar membuat bento.. Boleh info di mana saya bisa mengontak Bu Lia karena waktu gatheringnya ud lewat…
    Mohon info juga jika ada gathering baru lagi
    Thanks ya…

  • @lala dan hunga : iya nanti kalau ada gathering lagi akan diumumkan πŸ˜€ untuk bu lia, dia sebenernya gak mau di publish, karena dia murni hobi … oleh karena itu saya ngga masukin alamatnya disini …

  • Mab… pengeen banget ikutan belajar bikin bento. Udh 2x daftar ke kelas bento, tapi 2x juga full book. Plis, bilangin bu lia ya segera bikin kelas lagi… biar saya bisa ikutan:) Makasih mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: