Kaya-nya Kuliner di Jalan Surya Kencana Bogor Jawa Barat

October 1st, 2010 by · No Comments

Jika anda sedang berada di Kota Bogor dan bingung hendak makan dimana. Tak usah pusing, tinggal saja datang ke jalan Surya Kencana. Kawasan Pecinan kota Bogor ini benar benar di penuhi oleh para pedagang kaki lima kawakan yang tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Mari kita tilik satu persatu ada apa saja disana.

Soto Kuning Pak Bongkok, 085715329883 – Mulyadi (pedagang)


Tak heran jika soto ini bernama soto kuning. Pasalnya tak hanya kuah yang berwarna soto, melainkan daging yang diletakkan terpisah dari kuah pun berwarna kuning atau lebih jelasnya daging ini dibelur dengan kunyit. Nalarnya sih, pemberian kunyit adalah untuk menghilangkan aroma daging yang berlebih dan memberikan rasa manis alami yang khas pada daging.

Soal rasa, kuahnya memiliki rasa manis dan aroma kunyit yang tajam pastinya, cukup segar untuk siang yang mendung ini. Sedangkan untuk dagingnya agak kenyal. Kenyal karena daging yang digunakan pada soto ini adalah bagian kepala sapi. Bahkan jika anda menghendaki, disini juga disediakan aneka bagian kepala lainnya.

Secara total, soto kuning Pak Bongkok ini sudah berdiri sejak 40 tahun silam. Nama Pak Bongkok sendiri adalah nama pemberian pelanggan karena penjualnya memiliki postur tubuh bongkok. Namun, itu dulu. Jika sekarang anda datang kesana, tentu tak akan menemukan si bapak yang dipanggil Pak Bongkok ini. Karena kini dagangan Pak Bongkok sudah diserahkan pada anaknya yang bernama Mulyadi. Buka dari jam 10 pagi biasanya jam 3an sore sudah ludes.

Meski sudah berganti penjual, ternyata soto kuning ini tak pernah di tinggal pelanggan. Bahkan dari hari ke hari jumlah pelanggan semakin banyak saja. Apalagi jika hari sabtu atau minggu, bisa bisa anda datang hanya melihat saja gerobak Pak Bongkok, alias soto sudah habis. Laris sekali. Untuk kelezatan ini anda hanya perlu membayar sesuai keinginan, yaitu jika hanya memesan 1 bagian daging saja maka harganya 5.000 rupiah dan sebungkus nasi seharga 2.000 rupiah.

Combro dan Misro, 08561710679 – Solihin (pedagang)


Tak jauh dari soto kuning Pak Bongkok atau tepatnya di depan rumah bernomor 277 jl surya kencana, terdapat penjual misro dan combro kaki lima. Waaah tak disangka, enak juga. Meski harganya cukup mahal dibanding penjual combro lainnya (disini Rp. 1.500 per biji) namun dijamin anda tak akan kecewa. Buktinya pelanggan setia combro a solihin ini selalu saja ramai pembeli, bahkan jika anda datang pukul 2 siang ke atas, siap siap saja kehabisan.

Menurut saya yang membedakan adonan combro misro solihin dengan penjual lainnya adalah solihin menggunakan singkong parut kasar. Dengan tipikal adonan yang kasar inilah justru dapat tercipta suatu combro dan misro yang gurih sekali. Combro-nya berisi kacang kedelai hitam pedas dan misronya seperti biasa berisi gula jawa.

Toge Goreng Pak Wawa


Lokasinya persis di sebelah penjual combro dan misro. Sebetulnya ini bukan yang terenak namun karena lokasinya berdekatan dengan si misro, jadi saya mencicip toge goreng ini. Pak Wawa meski baru 4 tahun berdagang di daerah surya kencana sekitar 4 tahun, namun dagangannya ternyata cukup laris. Kalau lagi kangen kangen sama toge goreng dan perlu buru buru, ya cukuplah untuk melepas rindu. Seporsinya di hargai 7000 rupiah.

Toge goreng sendiri memiliki rasa segar dari bumbunya yang terbuat dari tauco, tomat, cabai dan bawang putih. Isiannya so pasti adalah tauge yang direbus kemrenyes lalu dikasih tahu. Cocok untuk sarapan atau untuk camilan jika belum kenyang makan siang.

Es Pala Pak Ujang Bogor, 085890406084 – Pak Ujang (Pedagang)


Es Pala Pak Ujang, ini juga warung minuman paling mantab di sepanjang jalanan surya kencana. Percaya gak percaya, warung pinggir jalan yang lokasinya tepat persis di perempatan surya kencaya gang aut ini sudah berdiri sejak 40 tahun silam. Hm,… dan biasanya orang menyeruput aneka minuman terutama es pala disini usai mereka menyantap laksa gang aut yang mantab suratab.

Es Pala ini sendiri banyak bisa kita jumpai di kota bogor, karena Pala memang merupakan salah satu buah yang khas di kota Bogor. Namun yang membuat Pala Pak Ujang berbeda adalah dari rasa pastinya. Di kalangan pelanggannya yang turun temurun, mereka mengenal Pak Ujang sebagai sosok yang mengutamakan kualitas. Mulai dari pemilihan buah yang tepat, yaitu memiliki kematangan yang pas untuk dijadikan sebuah minuman yang segar. Lalu pembuatan simple syrup atau gula yang sesuai takaran sehingga gula dapat memiliki warna putih yang jernih. Sampai bentuk warungnya yang bersih sehingga tidak mengundang lalat juga menjadi nilai plus untuk warung kaki lima Pak Ujang.

Harga pun sangat bersaing. Es pala yang memiliki khasiat untuk panas dalam, mengobati sakit haid hingga susah tidur ini hanya dihargai Rp. 3.000. Sedangkan aneka jus dihargai Rp. 3.000 – 5.000 tergantung macam buahnya. Uniknya disini juga ada dijual es jus buah kemang yang memang hanya tumbuh di bogor, rasanya bisa memilih asem atau manis. Slruup

Selain aneka makanan yang saya review di atas, masih banyak lagi aneka hidangan khas Bogor di Surya Kencana dan tampaknya lezaaat semua. Saya sampai ingin mencoba semua tapi keburu perut sudah sangat kenyang. Jadi lain kali saya akan ke Bogor lagi dan akan menambah hasil review ini … atau ada teman teman yang mau sumbang foto dan review soal makan di Surya Kencana??? di tunggu yach … biar temen temen yang lain bisa tahu mana makanan enak di surken…o-tsukare sama deshita …

penulis : caturguna yuyun angkadjaja. photo : dokumentasi wisataseru.com

Artikel Terkait

Categories: Kuliner Bogor · Kuliner Jawa Barat · Wisata Kuliner

0 responses so far ↓

  • There are no comments yet...Kick things off by filling out the form below.

Leave a Comment