Bajak Laut Seafood. Masakan Kaya Rasa Tak Pelit Bumbu

Bajak Laut!!! Um, nama yang cukup unik untuk sebuah resto. Tapi, justru karena nama yang ngejreng inilah saya jadi tertarik untuk datang. Secara kasar, kita semua pasti pernah lah ya makan seafood, jadi nggak usa dibahas lagi soal menu yang ada dan bagaimana cara mereka memilih bahan bakunya. Karena toh untuk bahan baku yang kita pesan seperti kepiting, udang dan lain lain, kita bisa memilih sendiri di pasar ikannya yang terbuka untuk pelanggan. So, yang saya bahas kali ini adalah bumbunyaaaa!!! Maka hidangan apapun saya pesan dengan bumbu yang berbeda beda. Itadakimasu!!!

Kepiting Lada Hitam


Selain pada kepiting, Bumbu lada hitam ini bisa diaplikasikan untuk jenis bahan baku. Dan rekomendasi saya, jangan pernah lewatkan bumbu ini jika anda kemari. Lada hitamnya mantab sekali. Lada hitam asli yang ditumbuk kasar sehingga minyak minyak lada-nya terasa betul melekat di lidah. Minyak dari butiran lada ini menyengat cukup tajam, namun serta merta rasa pedas itu terasa ada sedikit rasa manis yang menggoda. mantab sekali!!!

Selain saya, pelanggan yang ada di depan saya, Bapak bapak penggemar seafood ini juga mengacungkan jempol untuk kepiting lada hitamnya, “Pedesnya mantab”. Kata mereka tanpa ragu. Hm,… meski bumbu ini sangat mantab, tapi dilihat dari karakteristik rasa, bumbu ini memang paling cocok untuk dikolaborasikan dengan kepiting dibanding dengan seafood jenis lain. Bagaimana dengan anda????

Udang Bajak Laut


Bumbu bajak laut ini adalah bumbu pedas asam manis. Asam dari saus tomat dan cabai yang diracik bersama dengan manis madu yang melimpah. Rasanya nano nano royal sekali. Seperti dengan lada hitamnya yang tak pelit bumbu, begitupula dengan saus bajak lautnya ini. Benar benar begitu sampai lidah langsung terasa meresap manis asam pedasnya. Bumbu ini juga menjadi best seller untuk segala menu hidangan. Cocok bersanding dengan kepiting, udang, lobster bahkan sebagai bumbu ikan bakar. Nyaaam ….

Kepiting Soka Telur Asin


Maaf gambar kepitingnya kecil. Tapi gambar kecil bukan berarti rasa tidak dahsyat. Luar Biasa!!! Kepiting Soka Telur Asin ini sengaja saya makan hanya satu biji dan minta dibungkus lalu baru saya makan keesokan harinya tanpa saya masukkan ke mesin pendingin juga tanpa saya hangatkan menggunakan apapun. Usai dari resto saya biarkan saja kepiting dalam keadaan terbungkus dan saya letakkan di meja.

Takjub. Ketika saya makan di pagi hari, ternyata rasanya tidak berubah. Baik bumbu maupun gurihnya tepung yang membalut sang soka. Padahal bumbu telur asinnya sudah dibalur ke soka-nya sejak kemarin, tapi soka ini masih sangat renyah. Untuk rasa sendiri, telur asinnya benar benar terasa dan jumlahnya cukup melimpah. Sehingga ketika kepiting sudah habis dimakan bumbunya masih bisa dimakan dengan nasi. Nikmat sekali. Selain asyik untuk bumbu kepiting soka, saus telur asin ini mantab sekali untuk dijadikan bumbu udang. Penasaran??? Silahkan dibuktikan rasa gurih si bumbu telur asin ini.

Sedangkan foto pengunjung ini adalah pelanggan yang saya cerita diatas mereka sangat menyukai lada hitamnya. Di foto makanan yang mereka pesan terlihat sedikit, tapi ternyata itu baru permulaan. Setelah merasa enak, ternyata mereka pesan banyak sekali. Dicobain satu satu aneka macam bumbu seperti saya. Hm,.. resto ini memang masih baru dikawasan menteng, jadi banyak orang yang baru pertama kali datang seperti saya dan puas.

Ikan Bakar Pedas


Meski namanya pedas dan tampilan biji cabai ada dimana mana, ternyata saus bakar pedas ini tidak sepedas yang kita bayangkan. Yang saya rasakan justru manis pedas, bukan pedas manis. Enak sekali. Terutama karena saya menggunakan ikan kue yang memiliki daging lebih manis dibanding ikan lain jika ia dibakar. Hm,… buat penikmat seafood rasa pedas yang sedang makan bersama dengan penikmat makanan manis, mungkin bisa memesan bumbu ini. Tidak terlalu pedas tapi juga tidak terlalu manis. Rasa segar terasa sangat dominan justru. Mantaaab!!! Don’t miss it.

Yang luar biasa, … baik bumbu lada hitam, bumbu bajak laut, bumbu pedas sampai bumbu telur asinnya, semua dimakan hanya dengan nasi aja, enak sekali.

Sayur dan Minuman


Oh my God. Kangkung sambal terasinya luar biasa membius saya. Sama seperti Ikan Bakar Pedas yang tampil dengan limpahan biji cabai namun tidak terlalu pedas, begitu pula dengan kangkung sambal terasi ini. Love it. Sangat rekomendasi. Terasi-nya menggunakan terasi Medan yang tak terlalu menyengat aromanya namun aroma udangnya terasa melekat di lidah. Apalagi terasi ini diberi campuran ebi juga. Wow lengkap sudah kelezatan kangkung ini.

Untuk tauge bawang putihnya, ini merupakan best seller juga di bajak laut. Ia lebih cenderung pada rasa gurih asin bawang. Dan satu lagi yang jangan dilewatkan untuk minumannya, yaitu Kepala Muda Thailand. Beda dengan kelapa negeri ini, kelapa-nya kecil kecil namun memiliki manis alami. Sehingga tak usah diberi gula ia sudah manis.

Lain lain

Resto ini dari depan tampak biasa. Namun begitu masuk kedalam ia ternyata adalah sebuah rumah tua. Ini terlihat dari tinggi bangunan dan ubin yang digunakan. Selain itu pilar pilar dibagian taman belakang, hm … nyaman sekali. Ruangan pun terbagi atas indoor dan outdoor. Tinggal pilih saja mau dimana.

Lokasi resto : Bajak Laut Seafood. Jl. Johan No 16 Menteng Jakarta Pusat (tak jauh dari stasiun Godangdia). Telp 021 3156571. Kisaran harga untuk cumi dan sayuran : Rp. 12.000 – 27.ooo. Untuk Ikan, Kepiting dan Udang, tergantung berat bahan yang kita pilih. Kepiting = mulai dari 22ribu/ ons

Penulis : Catur Guna Yuyun Angkadjaja. Dokumentasi : www.wisataseru.com




%d bloggers like this: