Sate dan Becek Mentok Mantab di Tuban Jawa Timur

Malam malam paling enak makan sesuatu yang dibakar bakar. Um kesimpulan saya tampaknya nggak terlalu berlebihan karena jumlah pedagang sesuatu yang beraroma dibakar bakar emang paling banyak dijumpai ketika malam hari terutama ketika musim penghujan tiba. Nah omong omong soal bakar nih, tentu masuk salah satunya adalah sate. Hm,.. jika sudah sampai ke Tuban sebaiknya jangan lewatkan sate mentok.

Ketika pulang ke Tuban kemarin, mama mengajak saya makan sate ini, tak perlu banyak pertimbangan saya langsung ambil kamera dan menyatakan, ‘Siap’. Papa langsung menyiapkan mobil dan kami pun menuju MerakUrak. Merakurak ini masih bagian Kabupaten Tuban namun bukan di Kota Tuban, keluar sekitar 10 km.

Tak seperti Jakarta yang macet konyol, di Tuban jalanan lancar bak jalan Tol. Jreeeng dan dalam 15 menit pun sudah sampai di depan warung Bu Yati. Warung Penjual Sate Mentok atau biasa disebut Bebek.

Hm,… Mantab sekali saudara saudara. Daging bebek di potong besar besar seukuran sate kambing lalu dioles entah bumbu apa dan dimakan dengan bumbu kecap. Nyaaam… dagingnya empuk bukan main. Tak ada aroma bebek sama sekali, yang ada hanya rasa gurih dari lemak yang terbakar sehingga menghasilkan rasa manis alami dan dagingpun otomatis menjadi empuk.

Selain sate disini juga ada becek bebek. โ€˜Apa sih becek itu?โ€™. Ternyata becek adalah sebutan untuk โ€˜masak kari/ kareโ€™. Jadi kalau sate kambing punya gulai kambing maka sate bebek bu Yati memiliki becek bebek atau gulai bebek. Saya, Papa dan Mama pun menikmati sate dengan lahap. Nyaaam …

Nah gimana? Masih bingung mau makan malam dimana hari ini? Yuk … langsung tancap gas menuju ke alamat di bawah ini.

Lokasi : sate bebek bu yati. Jl bogorejo – merak urak – tuban – jawa timur, 0356 328494




%d bloggers like this: