Berburu Sarapan Pagi Khas Tuban Jawa Timur

Pagi di Tuban Jawa Timur datang sekitar 1 jam lebih cepat di banding Jakarta. Tentunya bukan dalam arti jamnya beda, melainkan dalam artian datangnya sinar matahari. Ya jika anda ke Tuban jam 4 pagi langitnya sudah seperti di Jakarta pada jam 5 pagi. Maka nggak heran jika di Tuban pukul 4 pagi jalanan sudah ramai orang berjalan jalan dan bersepeda, bahkan beberapa pedagang jajanan pagi kebanyakan dagangannya sudah habis pada pukul 6 pagi. Luar Biasa ya …. kuliner pagi yang patut diburu jika anda ke Tuban adalah serabi dan ketan. Ini dia lokasinya.

Serabi Selong Tuban

Waktu SD saya suka dibelikan papa serabi. Papa menyebutnya serabi selong, saya sendiri sampai sekarang nggak tau apakah arti ‘selong’ (wakakaka malas banget ya tinggal nanya papa aja aku nggak nanya, ya ya ya … biar anda penasaran dan kalau ke Tuban cari tau sendiri dah apa arti ‘selong’). Tapi saya sendiri nggak tau, serabi tersebut memang namanya serabi selong atau papa saya aja mengada ada dengan menyebutnya serabi selong.

Cukup sudah soal nama, sekarang langsung ke Rasa. Serabi selong yang ‘ngangenin’ ini terbuat dari tepung beras asli yang kemudian diguyur dengan santan murni segar. Yang membedakan serabi ini dengan serabi di kota lain, menurut saya karena serabi ini dibuat secara tradisional di pagi hari buta oleh seorang nenek yang setia berdagang serabi semenjak dulu dengan rasa yang selalu sama dan dengan bahan bahan tersegar dihari itu. Hasilnya adalah sebuah serabi gurih yang tidak pernah membuat saya bosan

Bahan yang asli tepung beras pun tidak membuat perut merasa kembung mekar, melainkan sama saja seperti makan nasi, kenyangnya enak. Karena dibakar dengan menggunakan tembikar asli tanah liat padat dengan bara dari kayu, serabi ini memiliki aroma gosong yang sangat khas. Gosong gosongan ini pula lah yang membuat saya jatuh cinta pada serabi si mbok. Ya beda tangan beda rasa kan? Jadi kalau yang ngipas bukan si mbok ini ya rasanya juga beda. Mantab betul.

Dagangannya tak pernah banyak. Maka buka pukul 4 subuh sering kali serabinya sudah habis pukul 5 atau paling lama pukul 6 pagi. Maka sangat disarankan jika benar benar ingin merasakan nikmatnya serabi si mbok ini, ya datanglah pagi pagi seperti saya, jam 4.30 pagi. Karena datang terlambat, anda mesti ngantri bahkan terancam kehabisan. Harganya sangat murah meriah, yaitu Rp. 1.000 perbiji nya.

Ketan Serundengan Tuban

Di sebelah serabi si mbok, ada penjual ketan. Namun ketan langganan saya bukan disini. Melainkan ketan serundeng di Jalan Basuki Rahmat, tepat di depan Bravo Tuban.

Ketan ini juga buka pukul 4 subuh dan sudah ludes pukul 5.30 an pagi. Dengan harga Rp. 2.000,-/ bungkus, ketan ini memiliki kelebihan dari bahan bahan yang digunakan. Ketannya sangat pulen dengan serundeng pedas yang sangat gurih. Pedasnya juga bukan melulu pedas melainkan bercampur dengan manis gula dan asin garam + gurih dari parutan kelapa segar.

Ketan ini enak sekali diminum dengan kopi panas yang juga di jual disana dengan harga 1000 rupiah pergelasnya. Lumayan, pagi pagi kenyang enak. Siap untuk memulai hari!!! Nah gimana? Jika anda berada di Tuban, sekarang sudah tau kan enaknya sarapan apa pagi ini?

Alamat Serabi Selong : Jl. Lukman Hakim Gg Ikhlas no 35 KebonSari Tuban Jatim. Sedangkan Alamat Ketan Serundeng : Jl Basuki Rahmat depan Bravo.





31 comments

  • wah nduk cah ayu aku dadi pengin mulih kampung ki,wis suwe banget aku ora nate mangan siketan kesanyanganku iku,hampir puluhun tahun ra ngambu blsa jan enak banget kali yoo…mangan ketan kuwi dikancani kopi panas……..he…..mulih ah …….

  • aq dadi pengen jg ..mergo ga mudik yo gawe dewe wae ,,mirip” sitik ketan tuban gae ngilerrr n buru” muleh…
    opo meneh rajuangan mercon de manunggal tu puedess puoll ..perlu di sambangi …,

  • @mbah bambang : iyaaah heheheee enak banget ketan dan serabinyaa 🙂 gleeek jadi ngiler juga neh hehehe

    @ratu ilana ” waaahhh resepnya gimana tuuh .. mau doong … hohooho iya rajungan tuban juga udah aku masukin ke wisataseru tuh … yang manunggal itu

  • salam kenal…satu kampung. jadi pengen cepat pulang ke tuban, pengen juga mengulang makan bakso kardi “aneka rasa” jl.pang.sudirman, putu “pasar sore”, rujak petis + nasi jagung + tahu + krupuk di sidomulyo – panggung… dll.
    saya asli sidomulyo – panggung (gang depan gereja katolik jl.pang.sudirman).
    1998 di karawang…

  • bernostalgia dengan kuliner khas Tuban… kalo mba’ nya pas di Tuban, sempatin deh buat maen ke Tuban Utara, daerah singgahan dan sekitarnya, selain pemandangan khas pegunungan kapur putih yang eksotik, kulinernya juga g kalah ajiiiiib luuww… ada rujak yang markotop di kawasan wisata Nglirip… poko’e g nyesel deehhh….

  • memang tuban kaya akan kuliner yang unik2… pokoknya gak rugi lho kalo datang ke kota tuban… di selatan tuban kota kira2 2 km jg ditemui kuliner yg gak kalah enaknya.. yaitu becek mentok n sate mentok sor sawo yg udah terkenal dimana mana itu lho.. rasanya dijamin maknyus…

  • @te em outlet : wahhh salam kenal juga
    @dadang : waaahhhh aku yo dadi kangen mulih kiii
    @spynact : wah dimana tuh???? nglirip???
    @eni : betooolll becek mentok e mantab

  • WAAHHH AKU KANGEN BANGET KARO KUTO TUBAN DULU KIRA2 THN.1967-1970 AKU
    SERING DISURUH IBU BELANJA DIPASAR KEBONSARI DIDEPAN KANTOR PEGADAIAN
    UNTUK MEMBELI NASI JAGUNG,IKAN NASI INDO SEBANGSA IKAN TERI YG DIPINDANG DIKEPELIN DAN JEROAN ATI IKAN CUCUT WAH BETAPA BAHAGIANYA AKU KALA ITU DAN AKU MASIH INGAT SAMPAI SEKARANG,TAPI PASAR SUDAH DIPINDAH DEKAT GOA AKBAR KARANGWARU KALAU TIDAK SALAH,DAN MAKANAN KULINER DULU PUSATNYA ADA DI-ALUN2 TUBAN DEKAT SAMA MESJID AGUNG
    AKU SELALU TERKENANG AKAN KOTAKU YAITU TUBAN YANG KUINGAT WALAUPUN AKU SEKARANG BERTEMPAT TINGGAL DI-KOTA TANGERANG.
    SELAMAT KOTA TUBAN YANG INDAH DAN SELALU KUKENANG SELAMANYA

  • Tadi pagi hunting srabi…….hadeeh..tutup ternyata. Akhirnya beli yg di pinggir jalan ronggolawe. Tapi ketan srundengnya…hmmmmmm mak nyus plus tambah kopi jahe…nyam..nyam. top infonya, suwun mbak bro….

  • salam kenal buat semuanya…..saya juga asli tuban (pesisir)…..jd pengen pulang ni
    serabi,ketang n rujak petis enteni aku tak mule

  • yo iki serabihe si mbokq…
    sudah berdiri sejak 1992…
    pokoke rugi kalo ketuban sampek gak nyoba serabi yang 1 ini…

  • Ttap bertahan di kota *bumi wali* dg kulinernya pedes asin gurih nya .. Yg bs menggugah adrenalin lidah kita menjulur” keluar mata kita “nrocoh” tak tertahankn. Mantabs bingiiitttt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: